👨‍👩‍👧‍👦9 Cara Silaturahmi Meskipun Berada di Rumah Aja, Mana Pilihanmu?

silaturahmi
access_time 1 tahun yang lalu

Adanya pandemi Corona ini membuat ramadan pada tahun 2020 banyak berbeda. Seperti melakukan kegiatan apa saja hanya di dalam rumah. Sedihnya lagi, lebaran nanti kemungkinan besar umat Islam juga harus merayakan di rumah. Sehingga, mau tidak mau kita wajib untuk silaturahmi dari rumah. Baik kepada tetangga dan saudara. 

Namun, kalian tidak perlu bersedih hati. Pasalnya, ada beberapa cara silaturahmi yang dapat dilakukan, meski dari rumah. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya di bawah ini. 

Mengirim Parcel ke Kerabat Dekat 

silaturahmi
Sumber: https://www.fimela.com/

Cara silaturahmi pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengirim parcel ke kerabat dekat. Isi dari parsel bisa bermacam-macam dan tidak harus kue lebaran. Bisa juga parfum, pakaian, dan masih banyak lagi. Sudah ada banyak toko online yang menyediakan penawaran hampers untuk Hari Raya Idul Fitri. Oh iya, jangan lupa juga saat mengirim parcel, tambahkan juga catatan kecil untuk ucapan lebaran

Mengirimkan Ucapan Lewat Chat atau Media Sosial 

silaturahmi
Sumber: https://lifestyle.okezone.com/

Tips selanjutnya adalah mengirimkan ucapan lewat chat atau media sosial. Ucapannya terserah dari kalian. Apabila saat puasa seperti ini, bisa mengucapkan semangat berpuasa atau semacamnya. Sedangkan jika pada saat lebaran, bisa mengirimkan ucapan hari raya dengam kata-kata puitis. 

Melakukan Video Call 

silaturahmi
Sumber: pexels.com/Ivan Samkov

Akhir-akhir ini masyarakat sedang gemar sekali melakukan video call. Baik bersama teman kantor, kerabat dekat, dan juga saudara. Dengan cara seperti ini, kalian bisa mengobati rasa rindu bersama orang yang sedang dirindukan. Karena kalian bisa melihat wajah si kerabat, meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan. Seperti Whatsapp, Line, Google Hangouts, dan Zoom

Buka Bersama Secara Online  

silaturahmi
Sumber: https://siar.com/

Untuk saat ini, kegiatan buka puasa bersama alias bukber tidak bisa dilaksanakan. Karena Virus Corona yang sedang rawan menyebar lewat kontak fisik. Namun, kalian jangan khawatir, karena aktivitas tahunan satu ini masih dapat dilakukan. Yaitu dilaksanakan secara online.

Kalian cukup melakukan video call group, lalu makan di tempat masing-masing. Nah, sama saj dengan buka bersama kan? Bedanya hanya pada caranya. Menariknya, dengan cara ini, kita juga tidak akan sibuk dengan smartphone masing-masing. Alhasil, kita tetap intens untuk berkomunikasi bersama kawan-kawan dari awal sampai akhir. 

Melakukan Tadarus Secara Online  

silaturahmi
Sumber: https://www.liputan6.com/

Walaupun berada #dirumahaja, kalian masih bisa tadarus dengan teman-teman. Caranya apalagi kalau bukan dengan video call group. Dengan begitu, kalian tetap bisa melakukan kegiatan untuk menambah pahala ini meskipun tidak bertemu secara langsung dengan teman-teman. 

Menonton Film Bersama-sama 

silaturahmi
Sumber: https://www.ayosemarang.com/

Kata siapa kalian tidak bisa nonton bareng kawan-kawan saat berada di rumah? Kalian tetap bisa melakukannya, kok. Caranya ya tetap dengan melakukan conference call, lalu tonton filmnya dari laptop atau PC masing-masing. Kalian dan teman-teman tetap bisa tertawa, menangis, dan juga kaget secara bersamaan. 

Melakukan Karaoke dengan Teman-teman 

silaturahmi
Sumber: https://www.vice.com/

Selain menonton film, kalian juga tetap bisa karaoke bersama teman-teman. Supaya bisa beramai-ramai, gunakanlah aplikasi bernama Watch2Gether. Kalian bisa mengunjungi situsnya atau mengunduh aplikasinya. Kalau sudah, tap “Create Your Room” untuk membuat ruang karaoke. Kemudian, undang teman-teman untuk bergabung dengan membagikan tautan room yang telah dibuat. 

Ngabuburit Sambil Main Game Online 

silaturahmi
Sumber: https://lifepal.co.id/

Kemudian, kalian bisa bermain game online bersama kawan-kawan. Yap, permainan secara daring tetap dapat dilakukan meskipun kalian dan teman-teman berjauhan. Aktivitas ini dapat dilakukan saat menunggu jam buka puasa atau ngabuburit

Berbagi Info Positif di Media Sosial 

Sumber: https://hellosehat.com/

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk tetap menjalin silaturahmi. Adalah berbagi info positif di media sosial. Bisa berupa kabar baik atau kata-kata positif. Cara ini nantinya akan memancing komentar positif dari banyak orang. Baik dari teman, saudara, atau orang yang tidak kamu kenal.  

Itulah beberapa cara silaturahmi dari rumah yang bisa dilakukan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak saling bertegur sapa karena berada di rumah saja. Teknologi sudah banyak membantu kalian untuk bertemu kawan-kawan walaupun secara daring. 

 

close

👨‍👩‍👧‍👦9 Cara Silaturahmi Meskipun Berada di Rumah Aja, Mana Pilihanmu?

Search
close