⭐️6 Cara Ngabuburit Ketika Pandemi, Semuanya Seru

ngabuburit
access_time 1 tahun yang lalu

Ngabuburit merupakan suatu kegiatan yang tak pernah hilang dari masyarakat Indonesia. Aktivitas ini dilakukan mulai dari anak kecil hingga dewasa. Mereka melakukan ini, lantaran bisa mencegah bosan ketika menunggu berbuka puasa.

Sayangnya, untuk tahun ini, ngabuburit tidak seseru pada tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, adanya virus Corona yang menyebabkan semua orang diharuskan berada di rumah. Namun, kalian tidak perlu khawatir. Dikarenakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menunggu buka puasa, meskipun berada #dirumahaja. Berikut adalah ulasannya. 

Melakukan Pemotretan Virtual 

ngabuburit
Sumber: instagram/hayseedvisual_

Untuk kalian yang suka fotografi, ada cara ngabuburit seru nih. Adalah pemotretan virtual. Sesuai dengan namanya, pemotretan ini dilakukan lewat video call. Jadi, antara model dan fotografer tidak perlu bertemu secara langsung. Kalian si fotografer bisa mengarahkan model untuk bergaya sesuai dengan keinginan. Kalau sudah, tinggal ambil fotonya. Setelah itu, editlah sesuka hati dengan memberikan efek agar foto terlihat lebih artistik. 

Namun, ini tidak hanya bisa dilakukan oleh fotografer handal. Kalian yang masih pemula, juga bisa kok untuk mencobanya. Sudah banyak contoh di instagram yang mencoba pemotretan dengan gaya baru satu ini. 

Mendekorasi Kamar 

ngabuburit
Sumber: brit.co

Supaya waktu kalian lebih bermanfaat, ngabuburit dapat dilakukan dengan mendekorasi kamar. Yap, kalian bisa merapikan sekaligus membuat ruang pribadimu sesuai dengan keinginan supaya lebih nyaman. Kalian dapat menambahkan beberapa aksesoris di dinding atau mengubah total desain kamar. Ada banyak inspirasi yang bisa kalian lihat, seperti di twitter. Dijamin deh, waktu menunggu berbukamu tidak akan sia-sia dan berbuah manis karena melihat ruang privasimu lebih fresh

Berolahraga Ringan 

ngabuburit
Sumber: pexels.com/Li Sun

Selain itu, kalian juga bisa melakukan olahraga ringan. Bisa dengan yoga, treadmill ringan, zumba, atau angkat beban. Dengan olahraga seperti ini, kalian tidak perlu repot untuk pergi keluar rumah. Selain itu, aktivitas ini akan membuat tubuh kalian menjadi lebih sehat. Untuk yang ingin olahraga zumba, bisa banget untuk melihat tutorialnya di youtube. Jadi, tak ada alasan untuk tidak berolahraga karena tak ada waktu. 

Ngabuburit dengan Berkebun 

ngabuburit
Sumber: pexels.com/Andrea Piacquadio

Kalian juga bisa menghabiskan waktu dengan berkebun. Bisa menanam sayur atau tanaman hias yang nantinya diletakkan di pekarangan rumah. Supaya lebih seru, kalian dapat mengajak anggota keluarga. Namun, setelah selesai berkebun, berjanjilah untuk tetap konsisten dalam merawat sayur atau tumbuhan yang sudah kalian tanam. 

Mengikuti Kajian Virtual 

ngabuburit
Sumber: youtube.com/Najwa Shihab

Meskipun di dalam rumah, kalian masih bisa melakukan kajian. Caranya adalah dengan mengikuti kajian virtual yang sudah banyak di media sosial maupun sarana berbagi video. Untuk kalian yang tertarik, bisa simak channel-channel kajian virtual berikut ini. 

  • @yukngajiid

Pertama, ada akun instagram dengan akun @yukngajiid. Ini merupakan akun yang aktif untuk memberikan dakwah secara online. Biasanya, mereka akan live di akun instagram atau youtube. 

  • Shihab & Shibab 

Kemudian, ada Shihab & Shihab yang bisa menjadi tontonan kalian selama bulan ramadan. Di akun ini diisi oleh ayah dan anak, yakni Quraish Shihab serta Najwa Shihab. Kajian ini dapat kalian saksikan di akun youtube Najwa Shihab

  • @kajianislamchannel

Selanjutnya, ada @kajianislamchannel yang juga jadi rekomendasi. Akun ini menyediakan beberapa konten islami, berupa hukum-hukum islam, nasehat, dan kisah nabi yang inspiratif. 

  • @dakwahvisual.co 

Ada juga @dakwahvisual.co yang sangat menarik perhatian. Di mana akun instagram ini menyajikan dakwah dengan menampilkan beragam ilustrasi yang menyenangkan. Serunya lagi, semua ilustrasi tersebut cukup relate dengan kehidupan sehari-hari. 

  • @quranreview 

Akun instagram @quranreview juga banyak disukai. Ini karena di dalamnya menyediakan pembahasan ayat-ayat Al Quran yang berkaitan dengan kondisi saat ini. Menariknya lagi, pembahasannya menggunakan kata-kata yang ringan, sehingga mudah dimengerti oleh semua kalangan. 

Mengikuti Kursus Online 

ngabuburit
Sumber: https://skillacademy.com/

Selain kajian, kalian juga bisa menghabiskan waktu dan hal berfaedah, seperti mengikuti kursus online. Ada banyak situs yang dapat kalian coba dan sesuaikan dengan keminatan. Berikut adalah beberapa situs yang bisa dipilih. 

  • Skill Academy 

Situs pertama yang bisa dicoba adalah Skill Academy. Ini merupakan inovasi dari Ruangguru yang di dalamnya terdapat banyak sekali program. Seperti kelas bisnis sampai dengan hobi yang materinya disampaikan oleh ahli. 

  • Duolingo 

Untuk kalian yang ingin belajar bahasa asing, bisa mencoba yang namanya duolingo. Situs ini menyajikan puluhan jenis bahasa asing yang dapat kalian pilih sesuka hati. Menariknya lagi, kalian tidak akan dipungut biaya sepeserpun untuk mengaksesnya. 

  • Canva 

Mungkin kalian hanya tahu kalau Canva merupakan situs untuk mendesain dan menyediakan template menarik. Namun, sebenarnya, situs ini juga menyediakan artikel yang di dalamnya membahas tentang tips, fakta, dan juga tutorial mengenai desain grafis. 

Itulah beberapa cara ngabuburit yang bisa dilakukan saat pandemi seperti ini. Semuanya sangat mudah untuk dilakukan di dalam rumah. Jadi, kalian ingin mencoba yang mana nih? 

 

close

⭐️6 Cara Ngabuburit Ketika Pandemi, Semuanya Seru

Search
close