ūüíč9 Cara Atasi Bibir Kering Saat Puasa, Sangat Mudah Diaplikasikan

access_time 1 tahun yang lalu

Berpuasa memang membuat kondisi tubuh agak berbeda dengan biasanya. Seperti kulit yang kering dan juga bibir kering. Ini karena tubuh kita kekurangan asupan cairan daripada hari-hari biasanya. Terkadang, hal ini yang membuat para perempuan kebingungan sendiri. 

Namun, pembaca USSFeed kini tak perlu lagi bingung akan hal satu ini. Pasalnya, ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya. Oke, tak perlu berlama-lama lagi, kita simak ulasannya di bawah ini. 

Memperbanyak Konsumsi Air Putih dengan Cara Tersendiri 

bibir kering
Sumber: pexels.com/Daria Shevtsova

Supaya bibir tidak kering bahkan sampai pecah-pecah, kalian wajib untuk mengkonsumsi air putih di waktu-waktu tertentu. Bukan hanya pada saat sahur dan buka puasa, tapi ada caranya tersendiri. Yaitu minum satu gelas saat bangun sahur dan satu gelas setelah makan sahur. Lalu, dilanjut dengan minum satu gelas air putih saat adzan maghrib dan satu gelas setelah salat maghrib.

Kemudian, minum lagi satu gelas setelah buka puasa dan satu gelas sebelum salat isya. Terakhir, habiskan satu gelas setelah tarawih dan satu gelas sebelum tidur. Dengan begini, kebutuhan minum delapan gelas setiap hari akan tercukupi. 

Mengurangi Makan Pedas dan Asin 

bibir kering
Sumber: unsplash.com/Jerome Jome

Tips selanjutnya supaya bibir tidak kering adalah mengurangi konsumsi makanan yang memiliki rasa pedas atau asin. Ini dikarenakan dua rasa tersebut dapat membuat Anda merasakan haus yang berlebih. Oleh karenanya, bisa mengakibatkan bibir kering. Hal ini diperuntukkan saat kalian mengkonsumsi makanan pada saat sahur. 

Hindari Menjilat Bibir 

bibir kering
Sumber: https://faktualnews.co/

Kemudian, hindari membasahi bibir dengan air liur. Mungkin, banyak orang yang mengira kalau menjilat bibir bisa membuat bibir lebih terlihat segar. Namun, nyatanya, menjilat bibir dapat mengurangi minyak alami yang dihasilkan oleh bibir. Nah, hal tersebut dapat membuatnya akan menjadi kering dan bahkan pecah-pecah apabila dilakukan terlalu sering. 

Hindari Mengkonsumsi Kopi atau Teh Saat Buka dan Sahur 

bibir kering
Sumber: pexels.com/Chevanon Photography

Selain makanan pedas atau asin, kalian juga sebaiknya menghindari konsumsi kopi atau teh saat buka dan sahur. Alasannya karena minuman yang mengandung kafein ini dapat mengakibatkan kelembapan kulit menjadi berkurang. Maka dari itu, sebaiknya kalian bisa membatasinya konsumsinya sebanyak satu cangkir setiap hari. Apabila ingin yang lebih sehat, bisa mencoba teh chamomile atau teh hijau. 

Mengoleskan Madu di Bibir Pada Saat Sahur 

bibir kering
Sumber: pexels.com/Pixabay

Tips lain yang lebih praktis adalah mengoleskan madu pada bibir. Ini karena madu sudah terkenal bagus untuk perawatan kulit atau bibir. Namun, pengolesan madu dilakukan ketika sahur. Selain supaya kelembapan tetap terjaga seharian, agar kalian tidak batal puasa lantaran mengoleskan madu pada bibir saat siang hari. 

Memperbanyak Mengkonsumsi Buah dan Sayur 

bibir kering
Sumber: pexels.com/Oleg Magni

Untuk menghindari bibir kering, kalian juga bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Usahakan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin c. untuk buah ada jambu biji, pepaya, kiwi, stroberi, dan mangga. Sedangkan untuk sayur, ada brokoli, kembang kol, dan paprika hijau. Dengan begitu, bibir tidak akan kering selama melakukan puasa. 

Mengoleskan Mentimun Pada Bibir 

bibir kering
Sumber: pexels.com/Angele J

Selain madu, ada mentimun yang juga dapat dioleskan pada bibir. Mengapa mentimun? Karena mentimun sangat kaya akan kandungan vitamin C dan E yang dapat membantu mencegah bibir kering. Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan parutan mentimun secara merata di permukaan bibir dan diamkan selama 10 menit. Kegiatan ini bisa kalian lakukan ketika sebelum tidur dan saat sahur. 

Hindari Mengelupas Kulit Bibir 

bibir kering
Sumber: pexels.com/Shiny Diamond

Selanjutnya, kalian disarankan untuk tidak mengelupas kulit bibir. Hal tersebut dapat mengakibatkan rasa sakit dan bibir berdarah. Nah, kalau di bulan puasa seperti ini, hal-hal tersebut tidak bisa diatasi secara cepat. Alasannya karena tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh untuk pemulihannya. 

Menggunakan Pelembap Bibir 

Sumber: pexels.com/Burst

Kalian juga bisa memakai pelembap bibir, lho. Ada banyak merk yang bisa kalian pilih sesuai selera. Untuk kalian yang ingin tetap tampil cantik ketika puasa, bisa gunakan pelembap bibir dengan merk berikut ini. 

  • Nivea Original Care Lip Balm¬†

Untuk brand satu ini mempunyai kelebihan, di mana bisa menjaga bibir selama 12 jam. Selain itu, lip balm ini juga bisa memberikan tekstur lembut karena mengandung shea butter dan panthenol. 

  • Pure Paw Paw Ointment¬†

Merk ini mempunyai kandungan buah carica papaya yang di dalamnya terdapat vitamin C. Menariknya lagi, produk ini juga mempunyai beberapa varian, seperti watermelon, stroberi, anggur, dan passion fruit. 

  • Vaseline Lip Therapy¬†

Merk ini sedang hits di beberapa tahun terakhir. Karena produk satu ini mampu melembapkan bibir secara maksimal dan lebih lama. Kemudian, memiliki petroleum jelly murni yang dapat digunakan sebagai pelembap selain area bibir. 

  • For Skin Sake Buttered Organic Lip Balm¬†

Produk For Skin Sake Buttered Organic Lip Balm ini memiliki tekstur yang buttery, sehingga terasa ringan di bibir. Kelebihan lainnya, lip balm juga mengandung SPF 15 yang dapat melindungi dari sinar UV. 

  • Lip Ice Repair & Treatment Lip¬†

Untuk kalian yang mengalami masalah pada bibir, bisa menggunakan produk ini. Lip gel satu ini mempunyai kelebihan untuk merawat bibir pecah-pecah, perih, dan sun burn. 

Itulah tadi cara-cara untuk mengatasi bibir kering ketika berpuasa. Semuanya sangat mudah untuk dilakukan, sehingga dapat dipilih sesuai selera. Oke, selamat mencoba, ya. 

Baca juga: 9 Lip Serum Lokal untuk Sehatkan Bibirmu!

close

ūüíč9 Cara Atasi Bibir Kering Saat Puasa, Sangat Mudah Diaplikasikan

Search
close