Puasa Bikin Kulit Kering? Ikuti Tips Ini, Dijamin Kulit Makin Glowing!

Puasa Bikin Kulit Kering? Ikuti Tips Ini, Dijamin Kulit Makin Glowing!
access_time 6 bulan yang lalu

Kekurangan cairan bisa membuat kulit menjadi kering!

Siapapun pastinya tidak ingin kulit mereka kering, entah itu kaum pria maupun wanita. Meskipun memang tidak berbahaya sama sekali, namun kulit kering yang dibiarkan bisa saja membuat seseorang menjadi tidak nyaman.

So, tanpa berlama-lama, ini dia tips agar kulit tidak kering saat berpuasa dari dalam dan luar, bisa jadi kulit malah semakin glowing ;

Jaga kadar air dalam tubuh

Meskipun berpuasa hal tersebut sebenarnya sangat mungkin untuk dilakukan, caranya adalah dengan meminum dua gelas air saat sahur, dua gelas saat iftar dan empat gelas saat malam hari,

Jaga kadar air dalam tubuh
via Giphy

Perlu diinggat bahwa penting untung menghindari minuman dingin dan bersoda, meskipun memang jenis tersebut sangatlah menggoda. Selain minuman bersoda, hindari juga minuman berkafein tingging karena keduanya justru akan membuat semakin haus.

Para spealis kulit merkomendasikan setidaknya untuk dapat mengkonsumsi 2 liter air atau setara denga delapan gelas setiap harinya.

Konsumsi Omega-3

Salah satu tips lain yang tidak kalah penting adalah untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan omega-3. Tubuh tidak bisa dengan sendirinya memproduksi omega-3, oleh karena itu perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan omega-3, seperti kacang kedelai, chia seeds dan lainnya.

Konsumsi Omega-3
via Giphy

Jika tidak ingin repot, bisa juga mengkonsumsi minyak ikan yang sudah menjadi kapsul dan dijual bebas. Pastikan dosisnya pas dan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, minyak ikan juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Kurangi konsumsi makanan berminyak atau yang di goreng

Sama seperti tips sahur yang sudah pernah diberikan, makanan gorengan memang sering menggoda untuk langsung di santap sesaat setelah adzan Magrib berkumandang.

Kurangi konsumsi makanan berminyak atau yang di goreng
via Giphy

Tapi makanan tersebut sama halnya dengan minuman bersoda dan kafein, malah akan mempercepat proses dehidrasi dan secara otomatis cairan tubuh akan terserap lebih banyak dan berakibat kulit menjadi kering.

Jangan lupa mencuci muka, tapi jangan lebay!

Banyak orang mengira mencuci muka secara berulang dalam satu hari dapat menyegarkan dan melembapkan kulit, ternyata teori tersebut salah. Menurut salah satu alhi dermatologist, hal teserbut justru akan membuat kulit menjadi kering.

Jangan lupa mencuci muka, tapi jangan lebay!
via Giphy

Baiknya mencuci muka adalah sehari 2 kali, yaitu saat pagi hari setelah bangun dari tidur dan malam sebelum tidur, perlu diingat bahwa ada baiknya juga menghindari mandi dengan air panas setelah selesai seharian beraktifitas, karena hal tersebut juga bisa membuat kulit semakin kering

Gunakan pelembap kulit

Setelah selesai mandi, segeralah gunakan pelembab / moisturizer kulit. Jangan gunakan produk yang ‘hype‘ dan banyak dipakai orang, melainkan cari yang cocok dengan karakter kulit lo.

via Giphy

Disarankan untuk memilih produk yang ‘milk based‘ karena lebih baik dan efektif untuk melembabkan kulit, namun sebelumnya pastikan kalau tidak alergi dengan ‘milk based‘. Untuk mengetahui hal tersebut, gunakan sedikit pada bagian daun telinga dan lihat apakah kulit bereaksi atau tidak

Oleskan bibir dengan madu

via Giphy

Karena jarang minum, sering sekali bibir menjadi pecah saat seseorang berpuasa dan cara menyembuhkannya sangatlah mudah. Cukup gunakan madu natural, caranya dengan mengoleskannya ke bibir dan diamkan selama 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air.

Lakukan saat malam sebelum tidur yah.

Sunblock is your best-friend

Like it or not, begitulah faktanya. Terutama bagi orang yang saat ini masih terpaksa harus beraktifitas di luar rumah dan sering ter-ekspos oleh sinar matahari.

Sunblock is your best-friend
via Giphy

Terlalu lama dan sering terkena matahari akan membuat kulit menjadi kering dan menimbulkan banyak freckles di kulit, cara untuk terhindar dan memastikan kulit tetap lembab adalah dengan menggunakan sunblok setiap sebelum keluar rumah.

Itu tadi beberapa tips yang pastinya bisa menghindarkan lo dari kulit kering selama periode bulan puasa ini, jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih secukupnya yah.

Semangat puasanya, sudah seminggu lebih nih!

 

 

 

close

Puasa Bikin Kulit Kering? Ikuti Tips Ini, Dijamin Kulit Makin Glowing!

Search
close