Tips BBQ ‘Idul Adha’, Dijamin Hemat dan Anti Gagal!

Tips BBQ 'Idul Adha', Dijamin Hemat dan Anti Gagal!
access_time 12 bulan yang lalu

Rayakan Idul Adha 2020 dengan pesta BBQ bersama keluarga

Perayaan Idul Adha tahun 2020 akan jatuh pada esok hari, dan mengingat saat ini Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19 ada baiknya jika merayakannya #dirumahsaja. Salah satunya adalah dengan ‘bakar-bakaran’ alias BBQ, sekalian memanfaatkan daging pembagian bukan?

Nah bagi yang berminat, USS Feed akan membagikan beberapa tips dalam menyiapkan Barbercue di rumah yang pastinya ‘hemat budget‘ dan pastinya anti gagal!


Tentukan ‘menu’ BBQ sedari awal

via Giphy

BBQ sendiri sebenarnya bisa begitu luas kalau bicara soal menu, bukan hanya daging sapi bahkan bisa juga sampai ke seafood. Nah sebaiknya, didiskusikan dengan baik daging apa yang akan diolah. Untuk menghemat budget, sebaiknya usahakan membeli bahan di pasar untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca juga : Terapkan Physical Distancing, Restoran di Jepang Gunakan Cara Aneh! Apa Itu?

Racik sendiri saos BBQ

via Giphy

Nah namanya BBQ pasti tidak lengkap tanpa saus, terutama saus BBQ. Biasanya saus ini dijual di supermarket dengan harga yang lumayan mahal, tapi jangan sedih karena sebenarnya saus ini bisa dibuat sendiri. Caranya dengan menyiapkan tomat, bawang bombay dan rempah-rempah (lada,pala) dan mencampurkannya dengan kecap manis.

Baca juga : BBQ Mountain Boys: Bertani dan BBQ di Tengah Hutan Bandung

Pilih tempat yang tepat

via Giphy

Ini salah satu yang krusial, pastikan kalau BBQ diadakan di area terbuka sehingga bau-bau bakaran tidak memenuhi seisi rumah yah,

Baca juga : Gordon Ramsay ke Sumatera Barat: Nyobain Durian, Belajar Bikin Rendang, Sampai Balapan Sapi!

Persiapkan alat panggangan yang ‘solid’

via Giphy

Kalau yang lainnya sudah berhemat, untuk alat panggang disarankan membeli yang ‘solid‘, karena sering kali orang berfikir untuk membeli yang murah dengan alasan hanya sekali pakai. Pastikan alat panggangan Lo memiliki grill yang besar di tengah, sehingga proses memasak jadi mudah dan cepat.

*ps : kalaupun terpakasa banget, bisa juga gunakan panggangan sate.

Baca juga : YouTube Channel Masak ‘Luar Negeri’ Terbaik untuk Nemenin Lo #DIRUMAHAJA!

Hemat arang dengan cara ini

via Giphy

Pastikan untuk menggunakan cairan ‘pemantik‘ arang sebelum menyalakan api, namun jika tidak memiliki bisa menggunakan secari kertas koran yang sudah diguyur minyak sayur dan meletakannya di bawah arang. Dengan cara tersebut Lo bisa menghemat arang dan membakar belasan daging hanya dengan 2-3 potong arang.

Baca juga : Ingin Membuat Ayam Goreng Renyah Seperti McDonald dan KFC? Ini Rahasianya!

Tips memasak daging BBQ

Sebagian besar orang sering kali melakukan kesalahan saat mengolah daging dengan mengoleskan minyak pada panggangan. Video di bawah ini akan menunjukan cara yang baik dalam mengolah daging versi BBQ

Hanya bermodalkan garam dan lada, dijamin daging BBQ Lo sekelas dengan sajian ala restoran nih!

Baca juga : Jamur Enoki Disebut-Sebut Jadi Sumber Wabah yang Bisa Menyebabkan Kematian

Segitu dulu untuk tips BBQnya, selamat mencoba 🙂

 

close

Tips BBQ ‘Idul Adha’, Dijamin Hemat dan Anti Gagal!

Search
close