Ingin Membuat Ayam Goreng Renyah Seperti McDonald dan KFC? Ini Rahasianya!

access_time 2 tahun yang lalu

Mengingat kondisi yang terjadi di tengah pandemi corona ini, membuat kita jadi tidak bisa menikmati makanan junkfood lagi seperti ayam di McDonalds atau KFC. Banyak juga dari lo memang memilih untuk memesan via online, tapi bagaimana kalau lo membuat ayam sendiri supaya bisa serenyah McDonalds atau KFC?

Memasak makanan kesukaan memang bisa jadi cara membuat lo semakin betah di rumah. Terutama buat lo pecinta ayam goreng tepung yang renyah, yang sering meninggalkan kulit ayam untuk dimakan terakhir, pasti pengen mencoba membuatnya.

Cara membuatnya memang mudah, apalagi sekarang sudah ada tepung-tepung crispy instan buat memasak ayam goreng. Tapi pada kenyataannya, rasa dan kerenyahan dari tepung itu akan berbeda dengan yang ada di McDonalds atau KFC.

Sebenarnya, ada tips untuk membuat ayam goreng tepung renyah yang sama enaknya dengan yang di restoran. Renyah bagian luar, namun tetap mempertahankan juicy di bagian dagingnya. Lalu, apa rahasianya?

Rahasianya Ada Pada Saat Menggoreng

Begini Sebenarnya Proses Menggoreng Ayam Goreng KFC yang Renyah
Source: Detik Food

Rahasianya adalah menggorengnya dua kali. Menggoreng mungkin untuk sebagian orang adalah hal tersulit dalam memasak. Api yang terlalu besar, membuat tepung akan cepat gosong namun daging belum matang.

Setelah ayam dibumbui dan dibalut tepung, sebaiknya goreng ayam dalam minyak yang sudah panas dengan api sedang. Yang harus lo pastikan terlebih dahulu adalah kematangan dagingnya, walaupun tampak luar masih terlihat pucat.

Kalau sudah matang, angkat ayam dan diamkan selama satu jam. Lo juga bisa meletakannya di kulkas untuk didiamkan semalaman. Tujuannya supaya membuat daging menjadi lebih juicy dan terdistribusi ke seluruh bagian daging ayam.

Goreng Kedua Kali Dengan Api yang Lebih Panas

Rahasia Ayam Goreng Ala McDonald's | PinkKorset.comPinkKorset.com
Source: PinkKorset

Tahap terakhir, goreng lagi untuk kedua kalinya. Tapi harus lo ingat, sekarang goreng ke dalam minyak panas dengan suhu yang sedikit lebih tinggi. Durasi menggorengnya juga tidak perlu lama-lama, hanya butuh 1-2 menit saja untuk mematangkan bagian luar ayam tersebut.

Setelah kulit ayam sudah kecokelatan, angkat dan sajikan. Jangan lupa tambahkan garam supaya lebih gurih.

_

Nah, ternyata itu rahasianya membuat ayam yang renyah seperti ayam di McDonalds atau KFC. Mungkin ketika lo sudah bosan di rumah, lo bisa mencobanya sendiri di rumah.

Selamat mencoba dan tetap #dirumahaja!

close

Ingin Membuat Ayam Goreng Renyah Seperti McDonald dan KFC? Ini Rahasianya!

Search
close