Jamur Enoki Disebut-Sebut Jadi Sumber Wabah yang Bisa Menyebabkan Kematian

Jamur Enoki Disebut-Sebut Jadi Sumber Penyakit
access_time 1 tahun yang lalu

Jamur enoki disebut-sebut sebagai sumber wabah listeria

Suka makan jamur enoki? Kalo iya, lo mungkin harus mulai mengurangi konsumsi jamur tersebut nih! Pasalnya jamur enoki kini tengah dikait-kaitkan sebagai sumber wabah baru bernama listeria.

Isu ini mencuat sejak jamur enoki yang mengandung listeria menyebabkan 4 orang meninggal dan 30 orang dirawat di rumah sakit di Amerika Serikat pada 11 Maret 2020 lalu.

Kasus lain juga terjadi pada 36 orang lain di 17 negara. Enam diantaranya melibatkan wanita hamil dan dua diantaranya keguguran.

Sun Hong Food selaku produsen jamur enoki tersebut pun langsung menarik semua jamur enoki yang sudah diproduksi ke pasar. Dikutip dari laman Food and Drug Administration (FDA), konsumen yang memiliki jamur enoki dengan merek Sun Hong Foods diminta untuk tidak mengonsumsinya meski jamur terlihat segar dan tidak busuk.

Korean enoki mushrooms recalled in US

Jamue enoki produksi Sun Hong Foods (source: The Korea Herald)

Jangan makan, menyajikan, atau menjual jamur enoki yang ditarik kembali yang didistribusikan oleh Sun Hong Foods, Inc.” kata CDC di situs webnya.

Wabah listeria tersebut dikabarkan sudah berakhir pada 9 Juni lalu. Namun kasus di beberapa negara tersebut mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memusnahkan jamur enoki di Indonesia pada 24 Juni 2020 lalu.

Apa itu wabah listeria?

Listeria adalah infeksi yang disebabkan oleh kuman Listeria monocytogenes.

Buat orang sehat dengan kekebalan tubuh yang kuat, listeria mungkin hanya menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, kekakuan, mual, sakit perut dan diare.

4 Cara Memasak Jamur Enoki, dari Enoki Crispy sampai Enoki Pedas ...

Source: Merdeka

Namun untuk orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, wabah tersebut bisa berakibat fatal, bahkan berujung pada kematian.

Dampak fatal listeria juga mengancam wanita yang tengah hamil. Jika terinfeksi, listeria bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur atau infeksi yang mengancam sang bayi.

close

Jamur Enoki Disebut-Sebut Jadi Sumber Wabah yang Bisa Menyebabkan Kematian

Search
close