Sajian Lebaran Khas Nusantara, Dari Ketupat Semur Daging Sampai Kella Pate!

Sajian 'Lebaran' Khas Nusantara, Dari Ketupat Semur Daging Sampai Kella Pate!
access_time 1 tahun yang lalu

 Selamat hari Lebaran!

Akhirnya setelah sebulan penuh berpuasa menahan haus, lapar dan hawa nafsu lainnya, Hari Kemenangan telah tiba. Seperti kebiasaan umumnya, setelah selesai sholat pastinya saling silaturahmi antar keluarga dan pastinya tidak lupa sajian khas yang selalu tersedia di balik tudung saji.

Meskipun Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelum karena pandemi Covid-19, soal makanan khas Lebaran sepertinya tidak akan berubah dan tetap ada.

Pada edisi sebelumnya sudah dibagikan berbagai macam makanan khas Lebaran dari berbagai manca negara, kali ini USS Feeds akan memperkenalkan beberapa hidangan khas di momen hari Raya asal Indonesia. Bukan hanya semur daging, ternyata masih ada banyak hidangan lain yang tidak kalah menggiurkan.

Yuk, dimulai!

Gulai Nangka, menu andalan daerah Medan

Saat lebaran tiba, masyarakat daerah Medan sudah pasti menyantap gulai nangka, semakin menggiurkan karena biasa ada tambahan daging iga sapi dan di santap bersama dengan ketupat.

Cara membuat gulai nangka tidak jauh berbeda dengan cara membuat gulai pada umumunya. Hanya saja jangan lupa menambahkan nangka karena namanya saja gulai nangka, tanpa nangka maka hanya jadi gulai *lah iya*

Bebek Gulai Kurma (Aceh)

via indozone.id / cookpad

Rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, biji pala dan kapulaga bercampur menjadi satu menjadi hidangan khas yang sangat popular di Kota Serambi Mekkah, Aceh. 

Bebek gulai kurma ini merupakan kuliner khas Lebaran dari tanah Rencong, potongan bebek ‘bermandikan’ dengan kegurihan kuah santan sudah pasti akan selalu ada setiap Hari Kemenangan.

Mirip gulai tetapi bukan gulai, itulah Ayam Bumbu Anam khas Palembang

via indozone.id / cookpad

Palembang tidak mau kalah, daerah tersebut juga memiliki hidangan khas yang menjadi sajian wajib di setiap Hari Raya Raya Idul Fitri dan sama dengan gulai nangka, hidangan ini biasa di santap bersama ketupat.

Secara sekilas, hidangan tersebut mirip dan terlihat seperti gulai tapi yang membedakan ayam bumbu anam dengan gulai adalah kuahnya lebih kental dan ‘berlemak’

*tapi yang lemak-lemak memang lebih enak*

Kella Pate khas Madura

via indozone.id / cookpad

Daerah yang terkenal dengan hidangan satenya ternyata memililiki hidangan lain yang juga tidak kalah populer, terlebih saat hari Lebaran tiba.

Adalah Kella Pate, sajian khas Madura berbahan dasar potongan ikan tenggiri yang kemudian digoreng dan dimasak dengan kuah santan. Hindangan ini begitu kental dengan rasa rempah-rempah seperti jintan, kencur, bawang, kemiri, terasi, cabai dan belimbing wuluh.

Lemang, beras ketan yang digulung daun pisang

via indozone.id / instagram @lemang_che_ton

Jambi ternyata juga memiliki hidanga khas yang kerap menjadi suguhan khas saat Idul Fitri, makanan tersebut adalah lemang.

Terbuat dari beras ketan, dan kemudian digulung dengan selembar daun pisang dan dimasukan ke dalam bambu panjang untuk di bakar sampai matang

Itu dia beberapa makanan khas dari berbagai macam daerah di Indonesia, selain makanan di atas masih ada soto banjar khas Banjarmasin, ayam woku untuk daerah Manado, ayam gapepe (Makassar), rendang bagi penduduk Padang dan semur daging untuk warga Jakarta.

Dari banyaknya hidangan, mana yang sudah pernah di coba atau adakah yang ingin di coba? 

 

 

close

Sajian Lebaran Khas Nusantara, Dari Ketupat Semur Daging Sampai Kella Pate!

Search
close