🥩5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi yang Super Mahal

access_time 4 minggu yang lalu

Mungkin kamu semua sering mendengar tentang Wagyu A5. Ya, ini adalah daging sapi dengan kualitas terbaik yang dikabarkan harganya sangat mahal. Sebenarnya, banyak orang yang penasaran mengapa harganya mahal dan apa istimewanya daging ini. Kalau kamu termasuk yang penasaran, bisa simak fakta-faktanya di bawah ini. 

  • Fakta wagyu A5 – Alasan disebut wagyu 

wagyu A5
Via: Travel Kompas

Di Jepang ternyata terdapat sapi yang diklasifikasikan menjadi dua kategori. Pertama ada Japanese Cattle yang merupakan sapi biasa. Sapi ini terdiri dari jenis Angus dan Holstein Friesian. Sedangkan yang kedua ada adalah Wagyu yang merupakan sapi asal Jepang dari keturunan tertentu. Wagyu dibagi menjadi empat jenis yakni Aku Mukaku (Japanese Polled), Akage (Japanese Brown), Ih Nihon Tankaku (Japanese Shorthorn), dan Og Kuroge (Japanese Black)

  • Fakta wagyu A5 – sistem grade dari wagyu 

wagyu A5
Via: Travel Kompas

Daging wagyu memang selalu dinamai dengan huruf dan angka pada bagian belakangnya. Ternyata, penamaan tersebut ada artinya masing-masing, lho. Untuk kode huruf yang biasa dipakai adalah A, B, dan C. Di mana kode ini menunjukkan proporsi daging yang dapat dimakan dari satu ekor sapi. Untuk A yang paling banyak, sedangkan C adalah yang paling sedikit. 

Lalu, untuk kode angka yang biasanya digunakan adalah 1, 2, 3, 4, dan 5. Untuk angka ini merupakan kode dari kualitas daging wagyu yang dapat dilihat dari sisi tekstur, warna, dan lainnya. Jadi, angka 5 adalah nilai tertinggi serta terendah dari kriteria yang akan digunakan untuk penentu nilai akhir sebuah daging. 

  • Perawatan sapi wagyu yang istimewa 

wagyu A5
Via: Travel Kompas

Perawatan dari sapi wagyu ini sangatlah spesial. Di mana sapi betina sengaja dibebaskan untuk bermain di padang rumput sepi dan luas di kawasan Matsuzaka. Selain itu, sapi-sapi ini juga diberikan makanan berupa gabah terbaik. Nantinya, sapi tersebut disembelih ketika belum kawin. Ini karena daging sapi yang belum kawin sangat lembut dibandingkan sapi yang sudah kawin. 

  • Ciri khas dari wagyu A5 

Via: Harga Belanja

Daging Wagyu A5 ini mempunyai suatu ciri khas. Ini dilihat dari marbling atau yang biasa disebut dengan sebaran lemak pada daging. Daging ini mempunyai serat berwarna putih yang menyebar ke seluruh permukaannya. Jika dilihat dengan seksama, serat tersebut membentuk seperti pola marmer. Apabila sudah dimakan, daging ini akan terasa lembut, juicy, dan lumer di mulut. 

  • Cara memasak Wagyu A5

Via: IDN Times

Melihat istimewanya Wagyu A5, cara memasaknya pun ternyata tidak bisa sembarangan. Chef Arnold Poernomo menjelaskan bahwa yang perlu diperhatikan adalah memotong daging tersebut sebaiknya di tempat yang dingin. Ini karena lemak yang ada pada daging bisa meleleh kalau berada di tempat yang mempunyai suhu tinggi. 

Kemudian jika ingin memegang daging, jangan lupa untuk alasi tangan menggunakan tisu. Fungsinya adalah untuk menghindari panas dari subuh tubuh kita tidak terpapar langsung dengan daging yang nantinya bisa lumer. 

Sedangkan untuk memasaknya, kamu bisa letakkan daging di teflon yang sudah dipanaskan, kecilkan apinya, lalu baru dibalik. Selanjutnya, untuk waktu memanggangnya tidak perlu terlalu lama agar menghasilkan medium rare. Lalu bumbunya hanya perlu garam dan lada, karena rasa daging satu ini sudah sangat enak. 

Itulah tadi info singkat mengenai daging wagyu A5. Sangat tidak heran apabila daging ini dihargai 500 dollar AS atau sekitar Rp6 juta per 100 gramnya. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba daging super istimewa ini? 

close

🥩5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi yang Super Mahal

Search
close