close

🌞8 Tradisi Lebaran di Berbagai Negara, Mana yang Paling Unik?

lebaran
By Firdha Firdha
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Lebaran sudah mulai tercium nih keberadaannya. Pasalnya, Hari Raya Idul Fitri ini kemungkinan besar akan terjadi pada tanggal 24 Mei 2020. Nah, biasanya, masyarakat Islam di Indonesia akan mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti baju baru, kue lebaran, dan masih banyak lagi. 

Omong-omong soal hari raya, tak hanya Indonesia yang punya tradisi. Di negara lain pun juga memiliki tradisi yang beberapa di antaranya terbilang unik. Kira-kira apa saja tradisi yang dimaksud? Berikut adalah ulasannya. 

Pentas Seni Musik di Arab Saudi 

lebaran
Sumber: https://www.beritainspiratif.com

Tradisi unik bisa kita temukan di Arab Saudi, tepatnya Riyadh. Di negara satu ini pada hari raya selalu menyelenggarakan pentas seni dan musik. Ada beberapa macam pentas yang ditampilkan, seperti pembacaan puisi, teater, dan parade yang menghiasi jalanan Riyadh. 

Menyelenggarakan Festival Gula di Turki 

lebaran
Sumber: https://blog.reservasi.com/

Selanjutnya, ada Turki yang mengadakan Festival Gula di setiap hari kemenangan. Festival yang juga disebut dengan Seker Bayram ini merupakan tradisi pembagian hidangan manis kepada tetangga, saudara, dan juga kerabat dekat. Tradisi satu ini dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi. Tak lupa juga, masyarakat mengenakan pakaian khas bernama Bayramlik. 

Mengunjungi Makam Leluhur dengan Pakaian Khusus di China

lebaran
Sumber: https://www.provoke-online.com/

Di China juga punya tradisi lebaran yang tidak kalah unik. Masyarakat muslim yang ada di sana akan mengunjungi makam dari leluhurnya, seperti ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan. Namun, mereka harus mengenakan kostum khusus saat berziarah. Untuk pria, mengenakan jas yang khas beserta kopiah warna putih. Sedangkan untuk wanita memakai baju hangat dengan kepala yang setengah tertutupi dengan hijab. 

Ada Hidangan Wajib di India 

lebaran
Sumber: https://www.vegrecipesofindia.com/

Kalau di Indonesia ada ketupat untuk makanan wajib saat lebaran, India punya hidangan bernama Siwaiyaan. Itu merupakan makanan yang terdiri dari bihun kering manis dan dikonsumsi dengan susu. Menariknya lagi, makanan ini juga dibagikan kepada sanak saudara dan juga tetangga. 

Adu Telur di Afganistan 

lebaran
Sumber: http://www.jurnas.com/

Kemudian, di Afganistan juga ada sebuah tradisi unik bernama adu telur. Tradisi yang juga disebut dengan Tokhm-Jangi ini merupakan kompetisi saling memecahkan telur rebus. Kalau telur tersebut pecah, maka si pemain akan dianggap kalah. Tradisi ini biasanya dilaksanakan di tempat tertentu dan diikuti hampir semua kalangan. Baik yang muda atau pun tua. 

Konsumsi Ranja di Mesir 

lebaran
Sumber: https://www.beritasatu.com/

Selain India, Mesir juga memiliki makanan khas untuk lebaran. Namanya adalah Ranja. Ini adalah makanan yang berasal dari acara dan juga ikan asin. Biasanya, Ranja dimakan setelah Salat Ied dan dikonsumsi bersama keluarga atau tetangga, untuk mempererat tali silaturahmi. 

Memakan Roti Khas di Tunisia 

lebaran
Sumber: https://www.thespruceeats.com/

Masih di Afrika, tepatnya Mesir, ada roti khas yang wajib disantap pada saat Hari Raya Idul Fitri. Bernama Baklawa dan Kaak. Selain itu, lebaran di Tunisia juga dilengkapi dengan berbagai tarian dan permainan alat musik yang dapat ditonton siapa saja. Maka dari itu, Tunisia akan terlihat ramai saat perayaan Idul Fitri. 

Melaksanakan Pekan Raya di Australia 

Sumber: https://aktual.com/

Di Australia, masyarakat muslim menyelenggarakan sebuah acara yang bertajuk Pekan Raya Multikultural. Ini merupakan festival yang di dalamnya terdapat banyak sekali kios jajanan. Menariknya, di acara ini tidak hanya melibatkan masyarakat Islam, tapi juga warga yang non-muslim.  

Itulah beberapa tradisi unik lebaran di beberapa negara. Semuanya mempunyai keunikan masing-masing. Baik dari acara dan juga makanan yang disajikan. Nah, menurut kalian, mana nih tradisi yang paling menarik? 

 

close

🌞8 Tradisi Lebaran di Berbagai Negara, Mana yang Paling Unik?