🌈 8 Tradisi Idul Fitri di Indonesia yang Selalu Bikin Kangen

idul fitri
access_time 2 bulan yang lalu

Perayaan Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua pemeluk Agama Islam di dunia. Selain akan mengkonsumsi berbagai makanan enak, hari besar ini ternyata dirayakan dengan suatu tradisi. Seperti di Indonesia yang mempunyai tradisi berbeda dengan negara lainnya. 

Mudik Lebaran 

idul fitri
Via: Pikiran-Rakyat

Tradisi pertama yang paling sering dilakukan adalah mudik lebaran. Yap, hal ini sudah jelas karena tujuannya supaya bisa berkumpul bersama keluarga di rumah. Masyarakat yang pulang kampung ini menggunakan transportasi yang teramat bervariasi. Seperti mobil, bus, kereta api, dan pesawat. Bahkan, ada juga yang nekat menggunakan sepeda motor karena dirasa lebih hemat dan jaraknya dekat. 

Mengkonsumsi Ketupat atau Opor Ayam 

idul fitri
Via: Mata Indonesia News

Selanjutnya adalah mengkonsumsi ketupat atau opor ayam. Hidangan satu ini sejak dulu sudah menjadi makanan khas lebaran yang harus ada di meja makan. Biasanya, sajian ini dikonsumsi ketika pagi setelah melakukan Salat Ied. 

Takbiran 

idul fitri
Via: RRI

Pada malam sebelum Hari Raya Idul Fitri, banyak orang yang melakukan takbiran. Pada umumnya yang melakukannya adalah para lelaki mulai dari anak-anak sampai dewasa. Mereka berkumpul di masjid untuk mengumandangkan takbir. Nah, di beberapa lokasi, ada juga yang mengumandangkan takbir dengan berkeliling kota. Mereka juga biasanya membawa obor dan bedug kecil sebagai pelengkap malam takbiran

Membagi Angpao di Idul Fitri

idul fitri
Via: Haibunda

Tradisi yang paling ditunggu-tunggu adalah membagikan angpao. Biasanya, orang yang sudah bekerja akan membagikan uang kepada orang tua dan kerabat yang masih anak-anak. Untuk besarannya sendiri tergantung dari masing-masing. Namun biasanya, semakin kecil usia, maka semakin besar jumlah uang yang didapatkan. 

Halal Bi Halal 

idul fitri
Via: CakraTV

Setelah bagi-bagi angpao, keluarga akan melakukan yang namanya halal bi halal. Di mana setiap anggota keluarga akan saling bersalaman. Kemudian, keluarga juga akan melakukan sungkeman kepada orang yang tertua. Momen ini bertujuan untuk saling bermaaf-maafan antara satu orang dengan lainnya. 

Ziarah Kubur 

idul fitri
Via: Portal Jogja

Kebiasaan lainnya ada ziarah kubur. Hal ini dilakukan oleh keluarga untuk mendoakan sanak saudara yang sudah meninggal dunia. Tak hanya itu, anggota keluarga juga menaburkan bunga segar di atas makam. Ketika seperti ini pula, masyarakat juga berkesempatan untuk membersihkan makam keluarganya yang sudah lama tidak dikunjungi. 

Memakai Baju Baru di Idul Fitri

idul fitri
Via: Indozone

Tradisi yang sudah mengakar sejak dulu adalah mengenakan baju baru di Hari Raya. Anak-anak biasanya yang paling bersemangat untuk memakai baju baru dan memamerkannya kepada sanak saudara. Sebenarnya, menggunakan baju baru adalah hal yang tidak wajib. Pasalnya, mengenakan baju bersih dan rapi saja sudah cukup untuk menyambut lebaran. 

Menyiapkan Kue Idul Fitri

idul fitri
Via: JD.ID

Tidak afdol rasanya kalau lebaran tanpa adanya kue. Ya, pada hari raya seperti ini, setiap rumah akan menyediakan kue lebaran yang bervariasi. Contohnya saja seperti Putri Salju, Nastar, Kastengel, dan masih banyak lagi. Kue-kue ini disajikan untuk para tamu yang datang bersilaturahmi. 

Itulah beberapa tradisi Idul Fitri yang ada di Indonesia. Semuanya selalu ada dari tahun ke tahun, sehingga terasa kurang apabila tidak dilakukan salah satunya. Menurut kamu, apa ada kebiasaan yang kurang? Langsung berikan komentar, ya. 

close

🌈 8 Tradisi Idul Fitri di Indonesia yang Selalu Bikin Kangen

Search
close