🏋🏻‍♂️15 Cara Hidup Sehat Saat #Dirumahaja

hidup sehat
access_time 11 bulan yang lalu

Kini, adanya wabah Covid-19 membuat seluruh dunia kalang kabut. Bagaimana tidak, virus satu ini mampu menyerang siapa saja yang imunnya lemah. Oleh karenanya, semua orang berbondong-bondong untuk menerapkan hidup sehat supaya terhindar dari yang namanya Corona. 

Meskipun kalian berada #dirumahaja, tapi kalau tetap harus menjaga kesehatan. Nah, kalau kalian ingin tahu caranya seperti apa, bisa simak ulasan di bawah ini. 

Rajin Cuci Tangan 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Burst

Cara hidup sehat pertama yang wajib kalian jalani adalah tetap rajin mencuci tangan. Yap, walaupun kalian di rumah, ini harus dilakukan. Pasalnya, kita tidak pernah tahu ada kuman apa saja yang menempel di tangan. Oleh karenanya, cucilah tangan dengan menggunakan sabun.

Untuk cara cuci tangan yang benar, kalian terlebih dulu membasahi tangan dengan air seperti biasa. Lalu, tuang sabun ke tangan dan kemudian gosok telapak tangan satu ke lainnya. Apabila sudah, gosoklah punggung tangan dan sela jari secara bergantian. 

Setelah itu, gosok punggung jari ke telapak tangan dengan posisi jari saling bertautan. Selanjutnya, genggam da basuh ibu jari dengan posisi memutar. Kalau sudah, gosok ujung jari ke telapak tangan agar kuku juga terkena sabun. Kemudian, bersihkan tangan yang bersabun dengan menggunakan air mengalir. Terakhir, keringkan tangan dengan memakai tisu. 

Menjaga Pola Makan 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Flo Dahm

Langkah hidup sehat selanjutnya yaitu menjaga pola makan. Walaupun di rumah, kalian tidak boleh mengonsumsi semua makanan. Tetaplah mengonsumsi healthy food, supaya tubuh tetap sehat. Seperti memenuhi empat sehat lima sempurna. 

Kemudian, makanlah secukupnya. Jangan terlalu berlebihan atau malah kekurangan. Ini dilakukan agar asupan tubuh kalian tercukupi. Selanjutnya, hindari juga mengonsumsi junk food terlalu sering. Alasannya karena jenis makanan ini mengandung lemak jenuh yang tinggi, sehingga bisa memicu kemunculan penyakit jantung koroner. 

Tak lupa juga, seringlah konsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Agar pencernaan terhindar dari yang namanya sembelit. Contoh makanan yang mengandung banyak serat adalah brokoli, wortel, apel, dan kacang-kacangan.  

Memenuhi Asupan Cairan 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Daria Shevtsova

Di samping pola makan, kalian juga tidak boleh untuk mengabaikan kebutuhan cairan. Caranya adalah dengan minum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari. Atau pada umumnya adalah sekitar 2,7 sampai 3,7 liter setiap hari. Jadi, jangan kurang ataupun berlebihan. Apabila terlalu berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sedangkan jika kurang air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi yang diawali dengan berbagai tanda. Seperti buang air kecil yang sedikit, bibir kering, dan urine berwarna. 

Sebenarnya, boleh saja mengkonsumsi kafein. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu meminumnya. Minum kopi terbaik adalah antara jam sembilan hingga 11 pagi. Alasannya karena tidak akan mengganggu siklus alami tidur dan bangun. 

Selalu Jaga Kebersihan Rumah 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Gustavo Fring

Selain tubuh, kesehatan juga berpengaruh dari kondisi rumah. Jadi, kalian harus rutin untuk membersihkan rumah. Salah satunya adalah rajin membersihkan barang-barang dari debu dan juga kuman. Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan disinfektan ke benda-benda yang rentan dipegang. Dengan begitu, penyebaran virus yang dapat mempengaruhi kesehatan dapat diperkecil kemungkinannya.  

Selain itu, setiap ruangan yang ada di dalam rumah, dibersihkan secara rutin. Lalu, usahakan juga semua ruangan mendapatkan cahaya matahari dan udara yang cukup. Terakhir, jangan biarkan sampah menumpuk agar penyakit tidak bersarang di sana. 

Olahraga Secara Teratur  

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Elly Fairytale

Walaupun #dirumahaja, olahraga harus tetap jalan dong. Kalian bisa melakukan yoga, lompat tali, sit up, back up, dan, zuma, berlari di atas treadmill, dan masih banyak lagi. Apabila ingin yang lebih mudah, kalian juga bisa berolahraga dengan naik turun tangga. Dengan begitu, tubuh kalian akan jauh lebih sehat. Tak perlu terlalu lama, bisa 15 sampai 30 menit saja. Untuk yang 30 menit, kalian bisa membaginya, lho. Seperti 10 menit di pagi hari, 10 menit di sore hari, dan 10 menit di malam hari. 

Menurut penelitian yang berjudul “Peranan Pola Hidup Sehat Terhadap Kebugaran Jasmani”, olahraga dapat memperlancar aliran darah ke otak serta metabolisme dan regenerasi sel tubuh menjadi lebih cepat. Alhasil, bisa membuat awet muda. Selain itu, manfaat dari olahraga bisa menjaga postur tubuh agar tetap langsing. Menariknya lagi, olahraga juga dapat membuat seseorang lebih bahagia. Kemudian, aktivitas fisik satu ini juga bisa membuang bakteri di paru-paru, sehingga bisa mengurangi risiko terkena demam, flu, batuk, dan juga pilek. 

Vitamin yang Harus Tercukupi 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/cottonbro

Selain mengonsumsi makanan bergizi, kita juga wajib memenuhi asupan vitamin pada tubuh. Untuk menjaga kebugaran, kalian perlu mengkonsumsi vitamin C dan D. Vitamin C berfungsi untuk menstabilkan sistem imun. Sedangkan untuk vitamin C bermanfaat untuk menstimulus sel imun supaya bisa menghalau virus, mencegah berbagai macam penyakit, dan menguatkan tulang. Vitamin D bisa bersumber dari telur, susu, ikan keju, dan juga sinar matahari pagi. 

Selain itu, kalian juga bisa mengkonsumsi rempah-rempah. Contohnya seperti temulawak, kunir, jahe, dan bawang. Bahan-bahan ini bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Alasannya karena kandungannya diyakini bisa melawan infeksi dan juga meredakan peradangan. 

Menghentikan Segala Kebiasaan Buruk 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/fotografierende

Berada di dalam rumah, kalian juga wajib untuk menghilangkan beberapa kebiasaan buruk. Misalnya saja seperti merokok dan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan kebiasaan-kebiasaan itu mengandung zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh. Parahnya lagi, semua itu dapat memicu kemunculan penyakit mematikan pada tubuh. Untuk merokok sendiri, zat nikotin yang ada di dalamnya bisa mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respons antigen sel T (kelompok sel dalam sistem imun tubuh).  

Menghindari Stres 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/energepic.com

Nah, untuk yang satu ini sepertinya jarang mendapatkan perhatian dari banyak orang. Yaitu stres yang ternyata bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk dari hari ke hari. Ini karena saat kalian merasa stres, semua sistem yang ada di dalam tubuh akan merespon dengan cara yang berbeda-beda. Bahkan, beberapa zat gizi dan juga vitamin C akan terkuras akibat stres yang tidak dikelola dengan baik. 

Untuk mencegahnya, kalian bisa melakukan beberapa hal. Seperti menonton film, berjalan-jalan di area rumah, membaca buku atau bermain dengan hewan peliharaan. Nah, kalau ingin lebih ampuh lagi, beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih rileks daripada sebelumnya. Bisa juga dengan meditasi yang dapat meningkatkan kesehatan mental, menghindari berbagai gangguan kesehatan fisik, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Terakhir, menghindari berita-berita mengenai Corona untuk sementara waktu. Sebab, berita buruk bisa memicu stres pada pikiran. 

Cukup Tidur 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Ivan Oboleninov

Tidur adalah salah satu cara untuk melaksanakan yang namanya hidup sehat. Menurut Cheri Mah, salah satu ahli masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan mendasar agar tubuh menjadi lebih bugar. Bahkan, kalau sudah mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur tapi tidak tidur cukup, maka usaha yang dilakukan akan berakhir sia-sia. 

Apabila kalian kurang tidur bisa meningkatkan masalah kesehatan kronis. Contohnya seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Jika merasa sulit tidur, coba untuk tidak memainkan ponsel. Karena efek cahaya biru yang dihasilkan oleh ponsel dapat mengganggu kualitas tidur. Gantilah kebiasaan tersebut dengan meregangkan otot atau mendengarkan musik yang mellow

Untuk waktunya, ada patokannya sendiri nih. Menurut National Sleep Foundation, tidur ideal bagi orang dewasa adalah sekitar tujuh sampai sembilan jam per malamnya. Sedangkan untuk remaja, idealnya sembilan sampai 10 jam. Lalu, kalau untuk tidur siang adalah sekitar 30 menit.  Hayo, sudahkah kalian tidur cukup malam tadi? 

Tetap Bersosialisasi dengan Teman-teman 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Andrea Piacquadio

Berada di rumah bukan menjadi penghalang untuk bertemu teman-teman. Kalian bisa tetap menjalani komunikasi bertatap muka walaupun jaraknya berjauhan. Kalian dapat memanfaatkan aplikasi Google Hangouts, Skype atau Zoom yang sedang hits akhir-akhir ini. Dengan bersosialisasi seperti ini, kalian bisa lebih bahagia. Kalau perasaan sudah bahagia, kesehatan tubuh dan mental tak perlu diragukan lagi. 

Berjalan dengan Telanjang Kaki di Bebatuan 

hidup sehat
Sumber: https://www.kompasiana.com/

Bagi kalian yang punya bebatuan yang menjadi hiasan taman atau halaman rumah, ada hal ang dapat dilakukan. Berupa berjalan di atas bebatuan tersebut dengan telanjang kaki. Mungkin akan terasa sedikit sakit, tapi itu berguna untuk mengurangi stres pada kaki dan sendi kalian. Nantinya, tubuh kalian akan terasa lebih segar ketika rutin berjalan dengan telanjang kaki seperti ini. Anggap saja, ini adalah terapi tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. 

Memperbaiki Waktu Makan 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/cottonbro

Selain jenis makanan, waktu untuk makan juga perlu diperhatikan, lho. Sebisa mungkin samakan dengan saat kalian bekerja. Seperti sarapan dan makan siang. Untuk makan malam, paling lambat adalah jam 9 malam. Kemudian, luangkan waktu untuk mengkonsumsi camilan selang 10 sampai 15 menit setelah makan utama. Lalu, usahakan porsi camilan secukupnya saja. 

Berjemur Saat Pagi Hari  

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat berada di rumah seperti ini, saatnya kalian berjemur di bawah sinar matahari. Berjemurlah pada jam 11.00, karena sinar matahari di jam tersebut menghasilkan vitamin D yang baik untuk tubuh. Selain itu, berjemur juga kini dipercaya sebagai penghalau virus seperti Corona. Kemudian, bisa memperkuat kesehatan tulang, mengurangi depresi ringan, meningkatkan kualitas tidur, dan dapat memulihkan penyakit kulit ringan. Untuk waktu berjemurnya sendiri antara 10 sampai 20 menit sesuai dengan kebutuhan.

Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Andrea Piacquadio

Selanjutnya, kalian jangan sampai menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Usahakan untuk mencuci tangan terlebih dulu sebelum memegangnya. Ini dikarenakan hampir semua virus dan bakteri dapat menyebar dengan cepat melalui mata, hidung, dan mulut. Sehingga bisa dibayangkan bagaimana kalau kalian tidak mencuci tangan ketika menyentuh wajah. Sudah bisa dipastikan akan ada banyak bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuhmu. 

Tetap Berada di Rumah Setelah Pulang dari Luar Kota atau Luar Negeri 

hidup sehat
Sumber: pexels.com/Julia M Cameron

Untuk kalian yang baru saja bepergian dari luar kota atau luar negeri, silakan untuk mengisolasi diri di rumah. Ini demi menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan orang-orang yang berada di luar sana. Pasalnya, Covid -19 baru terlihat dampaknya sekitar dua sampai 14 hari setelah terkontaminasi. Jadi, sebaiknya, kalian melakukan karantina mandiri selama 14 hari lamanya. 

Sebenarnya, hidup sehat itu sangat mudah untuk dilakukan. Asalkan dilakukan secara rutin, niscaya kesehatan tidak akan terganggu. Jadi, apakah kalian sudah menerapkannya di kehidupan sehari-hari? 

close

🏋🏻‍♂️15 Cara Hidup Sehat Saat #Dirumahaja

Search
close