Mesik Tik Jadi “Alat” Seniman Ini Untuk Menggambar, Seperti Apa Hasilnya?

Mesik Tik Jadi "Alat" Seniman Ini Untuk Menggambar, Seperti Apa Hasilnya?
access_time 10 bulan yang lalu

Terinspirasi dari Paul Smith, seniman muda ini menggunakan mesin tik

James Cook, 23 tahun, seorang mahasiswa jurusan arsitektur terjun ke dunia seni lima tahun lalu. Dirinya memutuskan untuk menggambar, namun tidak dengan menggunakan kuas melainkan mesin tik.

Ia mengaku kalau dirinya terinspirasi dari Paul Smith yang merupakan seniman mesik tik terkenal. Kala itu, Smith memilih menggunakan mesin tik karena memang tidak bisa menggunakan pensil atau kuas untuk menggambar. Alasannya karena kelumpuhan otak yang parah.

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu saja? Coba gaya hidup INI

Begini cerita Cook menjadi seniman ‘mesin tik’

Terinspirasi oleh cerita Smith, Cook menjadi tertarik dengan seni mesin tik. Tidak lama setelah itu dia juga memutuskan untuk mencobanya. Sejak saat itu, dia membeli mesin tik pertamanya. Mesin tik tersebut ia beli dari pasangan lansinya yang menjualnya pada tumpukan barang antik. 

Saya memulai sekitar lima tahun lalu, saya masih kuliah saat itu dan saya mengambil seni. Saya kemudian menemukan pria bernama Paul Smith. Dia menderita kelumpuhan otak,” kata Cook seperti dilansir dari Oddity Central, Senin (7 September 2020).

Kemampuan Smith yang mampu menghasilkan potret dan gambar menakjubkan dengan mesin tik menginspirasinya. Cook kemudian mengikuti jejaknya, dan setelah membeli mesin tik pertama, dia terus mengumpulkan mesin tik lainnya. Sampai saat ini sudah ada sekitar 20 mesin tik.

Suntuk di rumah aja? Nih coba playlist INI

Ini hasil karya Cook dengan mesin tik

Meski hanya memiliki opsi dua warna yaitu hitam dan merah, bakat Cook untuk menciptakan karya seni dengan mesin tik sangatlah menakjubkan. Dia berhasil mengubah fungsi alat tulis itu menjadi sebuah media artistik. 

Cook telah membuat potret secara detail dengan karakter selebritas dan film ikonik, hingga lanskap yang rumit. Bahkan kini ia bisa menggambar hampir apapun menggunakan mesin tik. “Ini cukup padat karya, tapi saya menikmatinya. Itu menggunakan teknologi usang untuk menciptakan sesuatu yang bagus. Saya biasanya memulai di tengah-tengah makalah dan mencari jalan keluar,” lanjutnya.

Lebih lanjutnya, Cook mengaku suka menggunakan karakter dan huruf tertentu untuk membuat karya seni tertentu. Sebut saja titik berhenti penuh, garis bawah dan garis miring ke depan yang digunakan untuk garis lurus, tanda kurung, os dan nol bagus untuk kurva. Sementara simbol @ menurutnya sangat ideal untuk dipakai sebagai bayangan.

Meski demikian Cook juga menggunakan huruf pada karyanya untuk menciptakan kedalaman. Biasanya dua atau tiga karakter di atas satu sama lain. Saat ini, dia sudah banyak melakukan pekerjaan ‘berbayar‘ dan rata-rata satu karya dibanderol di harga 130-200 US Dollar atau setara IDR. 1,9 sampai IDR. 2,9 juta/karya.

RamenGvrl berhenti jadi rapper? Temukan alasannya di SINI

Source : Lifestyle.okezone

Gokil, keren banget karyanya! Kebayang tuh ribetnya pake mesin tik, nulis aja susah apa lagi gambar?!

close

Mesik Tik Jadi “Alat” Seniman Ini Untuk Menggambar, Seperti Apa Hasilnya?

Search
close