Warga Kamboja Coba Usir Virus Corona Pakai Orang-Orangan Sawah, Emang Bisa?

access_time 2 bulan yang lalu

Warga Kamboja percaya kalau ‘orang-orangan sawah’ bisa usir virus corona.

Kalau mendengar kata ‘orang-orangan sawah‘, pasti Lo tahunya untuk menjaga sawah mereka dari serangan burung. Tapi berbeda dengan warga di Kamboja, orang-orangan sawah justru dijadikan alat untuk mengusir virus corona.

Katanya, orang-orangan sawah mereka gunakan karena diyakini bisa menakut-nakutin hal negatif.

Emang ngaruh ya?

Pakai ‘Ting Mong’ untuk Usir Virus Corona

Ting Mong
via Phnom Penh Post

Mereka menyebut orang-orangan sawah itu dengan sebutan ‘Ting Mong‘. Ketika semua orang berusaha swab test dan menunggu kehadiran vaksin, warga Kamboja di sini lebih percaya dengan Ting Mong.

Ting Mong ini awalnya digunakan untuk menangkal energi negatif yang ada. Namun sejak pandemi ini berlangsung, persebaran Ting Mong di daerah pinggiran kota Phnom Penh ini mulai ramai.

Ting Mong
via Vice Asia

Padahal, Kamboja sendiri terbilang angka penyebarannya cukup rendah jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya. Tapi mereka lebih memilih untuk memperbanyak Ting Mong supaya lebih aman.

Dikutip dari Vice, terdapat kurang lebih 300 Ting Mong yang tersebar di kawasan ini. Ukurannya pun beragam dan mereka buat dengan bentuk yang bervariasi.

Suntuk di rumah aja? Nih coba playlist INI

Ting Mong

Ting Mong
via KFG Travels

Ting Mong sendiri sering ditemukan di daerah pedesaan, dimana mayoritas penduduknya masih menganut paham animisme. Mereka percaya kalau Ting Mong bisa mengusir penyakit dan energi negatif.

Bahkan, warga Kamboja setempat juga berlomba-lomba membuat Ting Mong dengan bentuk yang lebih kreatif. Makanya sangat banyak Ting Mong bertebaran di desa tersebut dan sudah jadi pemandangan sehari-hari.

Ting Mong juga sudah seperti budaya mereka di sana. Bahkan, ukuran yang mereka buat lebih besar daripara orang-orangan sawah pada umumnya. Menurut mereka, semakin besar ukurannya, semakin menakutkan juga Ting Mong tersebut.

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu saja? Coba gaya hidup INI

_

Gimana tanggapan Lo?

close

Warga Kamboja Coba Usir Virus Corona Pakai Orang-Orangan Sawah, Emang Bisa?

Search
close