500 Ribu Hiu Diprediksi Akan Mati untuk Produksi Massal Vaksin Corona, Apakah Benar?

Ikan Hiu
access_time 4 bulan yang lalu

Satu orang dapat vaksin corona, 250 ribu ikan hiu rela mati.

Kehadiran vaksin corona memang sudah sangat dinanti-nantikan semua orang di seluruh dunia. Beberapa vaksin pun kini sudah masuk ke tahap uji klinis dan diestimasikan bisa diedarkan secara massal pada tahun 2021 mendatang.

Tapi siapa sangka kalau produksi massal vaksin corona itu ternyata bisa mengancam makhluk hidup laut, terutama ikan hiu. Bahkan diprediksi akan ada 500 ribu ekor ikan hiu yang akan mati demi vaksin ini.

Apakah benar?

Ikan Hiu Akan Mati untuk Vaksin Corona

ikan Hiu
via Kompas

Dikutip dari Express, ikan hiu mengandung minyak alami yang disebut dengan squalene. Minyak ini pun telah digunakan pada vaksin flu sejak tahun 1997 silam dan terbukti ampuh.

Minyak ikan hiu ini nantinya juga akan digunakan pada vaksin virus corona untuk meningkatkan efektivitasnya. Salah satu produsen yang menggunakannya adalah GlaxoSmithKline (GSK).

GlaxoSmithKline
via GlaxoSmithKline

Dalam proses produksinya, GSK berencana akan menggunakan satu miliar dosis squalene untuk mengembangkan vaksin. Bahkan mereka mengklaim bahwa dengan jumlah dosis tersebut berpotensi mengakhiri pandemi virus corona.

Untuk bisa mendapatkan dosis sebanyak itu, GSK butuh sekitar tiga ribu ikan hiu. Namun jika mengambil langkah ini, tingkat resiko ikan hiu punah akan semakin tinggi.

Respon Kelompok Ahli Konservasi

Shark Allies
via Sport Diver

Sebuah kelompok ahli konservasi, Shark Allies mengatakan jika setiap orang di dunia dapat satu dosis vaksin, itu sama aja dengan 250 ribu ekor ikan hiu harus mati.

Kami tidak dalam bentuk apapun mencoba menghalangi atau memperlambat pengembangan vaksin Covid-19 atau pengobatan penting lainnya yang dibutuhkan untuk melindungi manusia dari penyakit,” kata pihak Shar Allies.

Pihak Shark Allies juga menambahkan bahwa sebenarnya ada alternatif lain untuk mendapatkan minyak squalene yang lebih ramah lingkungan, seperti squalene sintetis dari tumbuhan dan tebu. Namun efektivitasnya belum cukup dibuktikan.

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu aja? Cobain gaya hidup ini.

_

Aduh, masa untuk menyelamatkan satu makhluk hidup harus ada makhluk hidup lainnya yang mati? Semoga mereka menemukan jalan tengahnya ya.

Gimana tanggapan Lo?

Suntuk di rumah aja? Coba dengerin playlist ini.
close

500 Ribu Hiu Diprediksi Akan Mati untuk Produksi Massal Vaksin Corona, Apakah Benar?

Search
close