🦷 4 Tips Sikat Gigi Saat Puasa, Apa Saja?

access_time 3 bulan yang lalu

Sikat gigi saat puasa merupakan salah satu hal yang paling banyak diperbincangkan ketika bulan ramadan. Ini karena ada yang menganggap menyikat gigi ketika melakukan puasa adalah makruh ataupun sebaliknya alias diperbolehkan. Para ahli yang berpendapat memperbolehkan mengatakan bahwa puasa tetap sah asalkan air dan pasta gigi tidak tertelan ke tenggorokan. 

Nah, aktivitas satu ini ternyata ada caranya tersendiri, lho. Selain supaya tidak membatalkan puasa, langkah-langkah ini dilakukan agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Oke, tak perlu berlama-lama lagi, simak ulasannya di bawah ini. 

Tetap sikat gigi dua kali sehari 

sikat gigi saat puasa
Via: Suara

Sikat gigi saat puasa tetap bisa dilakukan dua kali dalam sehari. Waktu terbaiknya adalah pas setelah makan sahur dan juga sebelum tidur. Namun, apabila kamu masih nyaman dengan membersihkan gigi ketika mandi pagi, itu tidak masalah. Akan tetapi kamu harus tetap berhati-hati agar pasta gigi atau airnya tidak sampai masuk ke dalam tenggorokan. 

Membersihkan lidah 

sikat gigi saat puasa
Via: Halodoc

Pembersihan gigi juga akan lebih lengkap apabila ditambah dengan membersihkan lidah. Kamu bisa menggunakan suatu alat khusus atau bisa juga memakai sikat gigi. Lidah dibersihkan supaya tidak ada sisa makanan yang menempel dan juga dapat membuat rongga mulut terasa lebih segar. 

Menggunakan benang gigi atau dental floss 

sikat gigi saat puasa
Via: KlikDokter

Untuk kamu yang mungkin agak ragu tentang kepastian menyikat gigi ketika bulan ramadan, bisa menggunakan cara ini. Yakni dengan menggunakan benang gigi atau yang kini hits disebut dental floss. Sesuai dengan namanya, ini merupakan sebuah benang yang dipakai untuk membersihkan bagian-bagian gigi yang sulit untuk dijangkau. Misalnya saja seperti sela-sela gigi yang rentan ditempeli sisa makanan. Namun, sebelum menggunakannya, diharapkan untuk melihat petunjuk pemakaiannya terlebih dulu. 

Memakai obat kumur 

sikat gigi saat puasa
Via: Liputan6

Selanjutnya, kamu bisa menutup ritual pembersihan gigi dengan benang menggunakan obat kumur. Ha ini sangat disarankan supaya sisa-sisa makanan yang tertinggal bisa langsung dibersihkan oleh obat kumur tersebut. Namun perlu diingat, menggunakan obat kumur harus berhati-hati agar tidak tertelan. 

Itulah beberapa tips untuk sikat gigi saat puasa. Pada intinya, membersihkan gigi dan mulut ketika berpuasa adalah wajib untuk menghindari bakteri. Namun banyak aspek yang perlu diperhatikan supaya batal puasa tidak terjadi. 

close

🦷 4 Tips Sikat Gigi Saat Puasa, Apa Saja?

Search
close