✨ 8 Penyebab Batal Puasa Selain Makan dan Minum

batal puasa
access_time 3 bulan yang lalu

Penyebab batal puasa ternyata ada banyak sekali. Bahkan, hal sepele pun bisa membuat ritual berpuasa kita menjadi tidak sah. Bagi kamu yang penasaran apa saja penyebab dari puasa yang bisa terhenti, berikut adalah ulasan lengkapnya. 

Muntah 

batal puasa
Via: Ciputra Hospital

Hal pertama yang bisa membuat puasa menjadi tidak sah adalah muntah. Yap, ini dikarenakan puasa memang mempunyai aturan di mana siapa saja tidak boleh mengeluarkan atau memasukkan sesuatu ke dalam tubuh. Namun ini berlaku untuk yang disengaja, ya. Apabila muntahnya tidak disengaja, itu tidak akan membatalkan puasa.  

Berhubungan intim ketika puasa 

batal puasa
Via: Orami

Faktor selanjutnya adalah pasangan suami istri yang melakukan hubungan intim di antara matahari terbit hingga terbenam. Karena pada hakikatnya, puasa adalah menahan diri dari nafsu meskipun bersama dengan yang halal. Maka dari itu, keduanya yang terlanjur melakukannya wajib mengganti puasa di luar Bulan Ramadan. Selain itu, pasangan ini juga harus membayar kafarat di antara tiga pilihan, yaitu memberi makan 60 orang miskin, puasa dua bulan berturut-turut, atau memerdekakan seorang budak. 

Merokok 

batal puasa
Via: KlikDokter

Kemudian ada merokok. Mungkin banyak yang tidak tahu kalau hal ini dapat menyebabkan puasa menjadi tidak sah. Sebab, merokok dianggap tidak memasukkan sesuatu ke dalam tubuh. Padahal, asap yang ada pada rokok sudah masuk ke dalam lambung. Selain itu, rokok juga bisa memberikan rasa pada lidah

Mengobati sakit kemaluan dan dubur 

batal puasa
Via: AloDokter

Penyebab lainnya adalah memberikan pengobatan melalui kemaluan dan dubur. Ini disebabkan hal tersebut sudah termasuk ke dalam memasukkan sesuatu ke dalam tubuh. Hal ini juga berlaku untuk orang yang sakit, tapi tetap melakukan puasa. 

Bekam 

batal puasa
Via: Orami

Siapa sangka kalau bekam ternyata dapat membuat puasa kamu menjadi tidak sah saat itu juga. Penyebabnya adalah melakukan puasa tidak boleh mengeluarkan sesuatu dari dalam tubuh. Nah, bekam merupakan suatu pengobatan yang mengeluarkan darah kotor pada tubuh. Jadi, bagi yang sudah terbiasa melakukan bekam, diharap berhenti dulu selama puasa, ya. 

Berenang

batal puasa
Via: FPIK Unpad

Berenang ternyata dapat membatalkan puasa, lho. Meskipun fungsinya adalah untuk menjaga stamina di Bulan Ramadan, tapi sebaiknya olahraga ini dihindari terlebih dulu. Sebab, berenang bisa menyebabkan air bisa masuk ke dalam tubuh melalui lubang mana saja. 

Epilepsi 

batal puasa
Via: Cantik Tempo

Faktor penyebab batal puasa lainnya adalah epilepsi. Penyakit satu ini dianggap bisa membatalkan puasa, karena dapat membuat seseorang kehilangan kesadaran. Namun, epilepsi dapat membatalkan apabila ia kambuh sepanjang hari, mulai terbit fajar hingga terbenam. Kalau misalnya, hanya berlangsung beberapa jam, itu tidak akan membatalkan puasa. Maka dari itu, bagi siapa saja yang mempunyai riwayat penyakit ini diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dulu ke dokter supaya puasanya bisa lancar. 

Berniat buka puasa di tengah hari 

batal puasa
Via: Kompas

Ada lagi yang mungkin banyak dari kamu belum mengetahuinya. Adalah berniat buka puasa antara waktu matahari terbit sampai terbenam. Ini tetap berlaku walaupun belum menelan apapun. Mengapa begitu? Karena niat merupakan rukun puasa. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga niat puasa selama Bulan Ramadan. 

Itulah beberapa penyebab batal puasa yang harus kamu hindari ketika Bulan Ramadan. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mengerti tentang alasan puasa menjadi tidak sah. 

close

✨ 8 Penyebab Batal Puasa Selain Makan dan Minum

Search
close