Robot Mini Ini Baru Bergerak Jika Diberi Alkohol, Kok Bisa?

access_time 1 tahun yang lalu

Bukan untuk mabuk, robot ini justru butuh alkohol untuk berjalan!

Jika biasanya alkohol dikonsumsi oleh manusia, kali ini dikonsumsi oleh robot. Percaya atau tidak, ada sebuah robot yang baru bisa berjalan jika diberikan alkohol.

Robot ini berukuran mini, wujudnya seperti kumbang dan memiliki bahan bakar yaitu salah satu jenis alkohol. Jadi peneliti yang membuatnya berhasil membuat robot yang hanya berfungsi ketika diberikan metanol.

Seperti apa robot ini?

RoBeetle

Robot mini ini diberi nama RoBeetle. Saking kecilnya, robot ini hanya memiliki bobot 0,1 gram saja.

Tidak hanya bobotnya yang sangat ringan, RoBeetle ini juga tampak lebih hebat dari robot lainnya karena tidak butuh sumber energi lain. Terbukti dari tidak adanya kabel-kabel yang melilit pada robot mini tersebut.

Densitas energi dari baterai sangat kecil, maka dari itu kita membutuhkan sumber energi lain,” kata peneliti dari University of Southern California, Nestor Perez dikutip dari NewScientist.

Maka dari itu, robot ini sangat ringan dan kecil sehingga untuk menggerakannya pun tidak membutuhkan baterai.

Kemampuan RoBeetle

via ScienceRobotics

Kata para ilmuwan, meskipun bobotnya yang sangat ringan, robot mini ini mampu membawa beban yang besarnya 2,6 kali lebih berat dari tubuhnya. Bahkan 100 miligram tangki alkohol pun masih sanggup diangkatnya.

RoBeetle memang dirancang sedemikian rupa untuk memanfaatkan pembakaran uap dari bahan bakarnya. Dengan alkohol berbasis metanol, nantinya uap yang terbakar akan membuat kabel kecil di dalamnya mengembang dan berkontraksi.

Saat berkontraksi ini lah dimana kabel berfungsi sebagai otot penggerak layaknya manusia.

via Daily Mail

Sampai saat ini, belum diketahui apa tujuan pasti robot ini diproduksi. Bahkan kabarnya peneliti masih berusaha mengembangkan kemampuan robot mini tersebut untuk nantinya segera dipasarkan secara massal.

Tidak berhenti sampai situ, para peneliti juga masih berupaya menambahkan sayap yang fungsional. Sehingga robot kecil tersebut nantinya akan bisa terbang seperti kumbang pada aslinya.

_

Gimana pendapat lo tentang robot ini?

close

Robot Mini Ini Baru Bergerak Jika Diberi Alkohol, Kok Bisa?

Search
close