Jawa Barat Akan Ganti Nama Jadi Provinsi Sunda?

access_time 1 tahun yang lalu

Muncul sebuah wacana bahwa Provinsi Jawa Barat akan berganti nama menjadi Provinsi Sunda atau Tatar Sunda.

Wacana ini bermula ketika sebuah diskusi “Dialog Aspirasi Pengembalian Nama Provinsi Jawa Barat Menjadi Provinsi Sunda” di Perpustakaan Ajip Rosidi, Bandung.

RamenGvrl berhenti jadi rapper? Temukan alasannya di SINI

Provinsi Jawa Barat Jadi Provinsi Sunda

jawa barat
via Reaktor

Dikutip dari CNN Indonesia, Eni Sumarni selaku anggota DPD Jawa Barat mempersoalkan sejarah masa lalu tentang wacana Provinsi Jabar diganti Sunda.

Nama Sunda dari dulu ada di peta dunia, saya khawatir bila nama in itidak digunakan, Sunda bisa tergerus dan semakin menghilang. Kita dukung para tokoh Sunda yang ingin mengembalikan nama Sunda ke Provinsi,” katanya dalam diskusi tersebut.

Beberapa pihak seperti Ketua SC Kongres Sunda dan Wakil Ketua MPR dari tokoh Gorontalo pun mendukung wacana tersebut dan berniat akan mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo perihal perubahan nama ini.

Menurut mereka, aspirasi mengganti nama Jabar menjadi Sunda merupakan semangat baru supaya budaya daerah tidak hilang ditelan waktu.

Masker unik hasil kolaborasi anak negri, penasaran? KLIK DI SINI

Tidak Semua Jabar adalah Suku Sunda

jawa barat
via Netralnews

Secara umum, sebenarnya di Jabar tidak hanya ada suku Sunda. Terdapat juga suku bangsa Cirebon yang letaknya berbatasan dengan Jawa Tengah.

Begitu juga masih mencakup wilayah Bekasi dan Depok di mana banyak juga terdapat suku bangsa Betawi di dalamnya.

Namun menurut data Badan Pusat Statistik 2010, suku Sunda sendiri mencakup 15,5 persen dari jumlah penduduk, sementara suku lainnya hanya 0,79 persen.

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu saja? Coba gaya hidup INI

_

Warga Jabar gimana nih tanggapannya?

close

Jawa Barat Akan Ganti Nama Jadi Provinsi Sunda?

Search
close