Dior Terlihat Pakai Kain Bali di Paris Fashion Week!

Dior - Kain Endek Bali
access_time 10 bulan yang lalu

Kain Endek Bali terlihat menyelimuti beberapa busana koleksi terbaru Dior.

Sebuah kebanggaan ketika melihat rumah mode sekelas Dior menggunakan kain Bali dalam salah satu koleksinya. Hal ini terlihat pada gelaran Paris Fashion Week yang berhasil digelar pada 29 September 2020 kemarin.

Pada malam tersebut, Dior hadir dengan nuansa magis dengan set runway yang temaram dan estetik.

Seperti apa tampilan kain Bali yang digunakan Dior?

Kain Endek Bali pada Dior

Dior - Kain Endek Bali
via AFP

Pada malam gelaran Paris Fashion Week 2020, Dior menunjukkan koleksi Spring/Summer 2021 mereka. Membawa nuansa yang berbeda, kini Dior membawa kesan etnik sebagai bagian dari koleksinya.

Uniknya, Dior menggunakan kain Endek asal Bali sebagai bagian dari koleksinya. Menurut Christian Dior, kain Endek ini merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas Endek Bali.

Dior - Kain Endek Bali
via AFP

Ini sebagai kontribusi positif terhadap dunia fashion internasional. Semoga ini menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali di tengah tantangan Covid-19,” tutur Duta Besar Republik Indonesia di Paris yang ikut menyaksikan Paris Fashion Week 2020 dikutip dari CNN Indonesia.

Sekitar 86 koleksi yang ditampilkan Dior, ada sembilan koleksi yang memakai kain Endek ini. Bahkan kain ini digunakan untuk memberikan kesan tone earth pada koleksi tasnya.

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu aja? Cobain gaya hidup ini.

Kenapa Christian Dior Pakai Kain Endek Bali?

Dior - Kain Endek Bali
via ANTARA FOTO

Dikutip dari CNN Indonesia, Christian Dior terinspirasi menggunakan kain Endek Bali karena ia ingin mengangkat nilai dari kebudayaan. Tidak hanya itu, ia juga ingin mengangkat sisi craftmanship Indonesia, terutama para penenun perempuan.

Kemudian inspirasi ini diwujudkan oleh sang desainer, Maria Grazia Chiuri yang memang sering mengangkat tema interseksionalitas sampai feminisme. Ia pun menilai tema yang diangkat senada dengan nilai dalam selembar kain Endek.

Dior - Kain Endek Bali
via AFP

Berdasarkan riset yang dilakukan tim Dior, kain Endek Bali merupakan nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan karya yang ingin diangkat Christian Dior.

Melihat hal ini, Pemerintah Provinsi Bali pun mendukung penggunaan kain Endek Bali dalam koleksi mereka. Namun pihak pemprov mengingatkan kain Endek yang digunakan harus asli yang diproduksi dari Bali.

_

Keren banget! Untuk go-international ternyata bisa dari hasil karya kain juga loh!

Gimana tanggapan Lo?

Suntuk di rumah aja? Coba dengerin playlist ini.
close

Dior Terlihat Pakai Kain Bali di Paris Fashion Week!

Search
close