๐Ÿ˜ฐ7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Ampuh Saat Sedang Nyeri

By
access_time 4 bulan yang lalu

Kalau sudah nyeri,kita cenderung mencari cara mengatasi sakit gigi yang paling memungkinkan sebelum bisa ke dokter.

Sakit gigi memang bisa terjadi kapan saja dan saat sedang kambuh, rasa sakitnya bisa hilang dan timbul untuk beberapa waktu. Dalam kondisi begini, tentu saja rasanya menyiksa banget. Mau pergi ke dokter pun, biasanya belum bisa penanganan apa-apa selain meredakan rasa sakitnya terlebih dahulu.

Penyebab sakit gigi

Sumber: Halodoc

Ada beberapa macam sakit gigi, yang paling umum adalah gigi berlubang dan gigi bungsu. Gigi berlubang bisa terjadi karena pembentukan lubang kecil karena kuman, akibat pembersihan saat sikat gigi yang kurang optimal dan konsisten.

Sementara, sakit gigi akibat gigi bungsu biasanya terjadi karena gigi tumbuh mendesak crown di sebelahnya. Bahkan, beberapa gigi bungsu juga mengalami lubang yang biasanya ini bisa menambah nyeri gigi. Kedua jenis sakit gigi ini normal dan banyak yang mengalami, jadi bila keluhannya berlanjut, jangan ragu menghubungi dokter gigi.

Nah, bila sakit gigi menyerang kita tiba-tiba atau tanpa terduga, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk meredakannya. Mulai dari cara alami, cara yang paling mudah, hingga cara yang cukup cepat dan efektif dalam menghilangkan rasa nyeri tersebut.

Kumur air garam

Sumber: CNN

Air garam memiliki kemampuan untuk menekan inflamasi, membunuh bakteri dan mengurangi peradangan gusi saat nyeri gigi melanda. Sebagai salah satu cara alami, berkumur dengan air garam bisa dengan segera atau secara bertahap meredakan sakit gigi. Gunakan air hangat untuk melarutkan garam secukupnya, kemudian berkumurlah agar rongga mulut terasa lebih nyaman.

Cara mengatasi sakit gigi dengan obat kumur

Sumber: Tokopedia

Selain air garam, kita juga bisa menggunakan obat kumur. Lebih sering rekomendasinya menggunakan obat kumur yang mild seperti yang mengandung Povidone Iodine untuk mencegah iritasi dan sensitivitas pada mulut. Berkumur dengan cairan ini tetap perlu mengikuti aturan pakai, biasanya maksimal hanya 2-3 kali saja.

Mengompres bagian yang bengkak

Sumber: Cermati

Jika sakit gigi menyebabkan gusi dan pipi bengkak, bisa kita kompres menggunakan kompres dingin. Suhu dingin diyakini bisa membuat nyeri mereda, karena saraf gigi merasakan kebas. Cara ini juga bisa membuat pembengkakan berkurang dan menambahkan sedikit rasa nyaman.

Cara mengatasi sakit gigi dengan minyak cengkeh

Sumber: Hellosehat

Minyak cengkeh jadi andalan dokter saat perawatan gigi berlubang dan sejenisnya. Karena cengkeh mengandung eugenol, kemampuannya seperti anestesi yang bisa menghilangkan rasa sakit namun dengan lebih alami. Minyak cengkeh bisa kita beli di apotik dengan harga yang cukup terjangkau. Gunakan bola kapas kecil yang sudah kita tetesi minyak cengkeh, kemudian letakkan pada bagian gigi yang sakit.

Cara mengatasi sakit gigi dengan bawang putih

Sumber: Klikdokter

Bahan yang satu ini memang cukup menjadi holy grail dalam perdapuran dan pengobatan herbal. Begitu banyak manfaatnya bagi masakan serta kesehatan. Bawang putih termasuk bahan alami yang memiliki kemampuan anti bakteri. haluskan bawang putih dan beri sedikit saja garam, bisa menjadi obat oles untuk gigi yang sedang nyeri.

Mengunyah daun jambu biji

Sumber: Grid

Mungkin tidak kepikiran bahwa daun jambu bisa dikunyah, bukan cuma buahnya saja. Ada kandungan analgesic yang bisa membantu meredakan nyeri pada gigi yang sakit. Caranya bisa dengan langsung mengunyah daun jambu biji bersih. Tapi, jika kurang yakin bisa dengan cara merebus tumbukan daun jambu biji secukupnya, dan berkumur dengan airnya bila suhu rebusan sudah cukup nyaman di mulut.

Menggunakan pereda rasa nyeri

Sumber: SehatQ

Cara paling akhir dan paling cepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan obat pereda rasa nyeri. Biasanya pilihan orang-orang adalah paracetamol, ibuprofen, hingga asam mefenamat. Penggunaan obat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter secara online bila darurat, atau dengan konsultasi langsung.

Biasanya dokter bisa memberikan arahan mengenai dosis dan interval minum obat yang tepat. Namun, umumnya dokter menganjurkan untuk konsultasi lanjutan bila sakit gigi yang kita alami hilang timbul dan berlanjut dalam waktu yang cukup lama.

Beberapa cara mengatasi sakit gigi di atas memang terbukti dapat mengurangi rasa nyeri. Meski demikian, jangan tunda bila kamu merasa butuh penanganan lebih lanjut. Salah satu cirinya adalah nyeri gigi berulang dalam beberapa minggu atau bulan sekali.

Gigi adalah salah satu karunia yang membuat makan terasa luar biasa nikmatnya. Nah, untuk menjaga hal itu, rutin bersihkan dengan menyikat gigi dua kali sehari, dan tambahkan berkumur dengan mouthwash bila diperlukan.

close

๐Ÿ˜ฐ7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Ampuh Saat Sedang Nyeri

Search
close