👩‍💼10 Cara Memanjangkan Rambut Tanpa Buang Uang

By
access_time 4 bulan yang lalu

Cara memanjangkan rambut banyak diminati kaum hawa, karena bisa membuat tampilan kita lebih feminin dan cantik.

Rambut panjang juga multitasking. Di mana ia bisa menjadi indah meski tergerai begitu saja, atau menggunakan beberapa variasi ikat, gelung, cepol, hingga styling. Bila pertumbuhan helai rambutmu terbilang lama, barangkali bisa mencoba 12 cara ini.

Cara memanjangkan rambut dengan keramas

cara memanjangkan rambut
Sumber: Allure

Hanya keramas, tanpa sering menggunakan kondisioner, vitamin rambut dan lainnya, bisa membuat rambutmu lebih cepat panjang secara alami. Intensitas keramas antara 2-3 hari sekali, sudah cukup untuk membuat rambut cepat tumbuh.

Cuci rambut dengan air suhu normal

Bila kamu mengalami rambut rontok saat keramas, tapi tanpa melihat gejala kebotakan, maka tak perlu khawatir karena itu adalah siklus alami rambut. Saat basah, helainya memang lebih rentan. Kita bisa menggunakan air suam kuku atau air suhu normal untuk menguranginya. Cara ini juga mempercepat pertumbuhan rambut,

Rutin trimming rambut

Trimming adalah aktivitas untuk memangkas ujung rambut. Bagian yang dipotong bisa sekitar 2-3 cm atau bahkan lebih jika memang sangat panjang. Tindakan ini juga dapat merevitalisasi pertumbuhan rambut, sehingga batangnya akan senantiasa sehat berkilau. Cara ini juga mencegah rambut bercabang. Melakukan trimming bisa 3 atau 6 bulan sekali, tergantung seberapa cepat pertumbuhannya.

Pijat kepala

cara memanjangkan rambut
Sumber: Devacurl

Memijat kepala bisa membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga rambut juga cepat panjang. Lakukan pemijatan secara rutin di area kepala, wajah, leher dan bahu untuk hasil maksimal. Karena area tersebut berkesinambungan mencapai relaksasi serta kesehatan area sekitarnya. Misalnya pertumbuhan rambut, mencegah stroke wajah, membuat wajah lebih awet muda dan sebagainya.

Cara memanjangkan rambut dengan menyisir

Meski banyak orang mulai meninggalkan sisir mereka karena ingin tampilan yang natural messy, tapi sebenarnya menyisir masih sangat bermanfaat. Tindakan ini bisa membantu rambut tumbuh dengan baik. Karena selain gerakan menarik rambut, saat itu pula terjadi transfer minyak alami kulit kepala yang menjaga pertumbuhan rambut secara alami.

Memberikan kesempatan pada rambut untuk terurai

cara memanjangkan rambut
Sumber: Times of India

Rambut panjang itu salah satu PRnya adalah ingin sekali kita ikat, agar tidak gerah, praktis dan sebagainya. Dalam rangka mempercepat pertumbuhannya, sisakan lebih banyak waktu untuk terurai. Misalnya saat tidur, sejenak setelah memasak atau aktivitas lainnya, setelah mengeringkan rambut dan sebagainya. Tujuannya menjaga batang rambut tetap prima dalam pertumbuhannya.

Memberikan kesempatan pada rambut untuk non styling

Selain mengikat, styling adalah salah satu tantangan rambut. Catokan, perming, curling dan bahkan hairdryer bisa membuatnya babak belur. Jika kamu termasuk yang sering sekali melakukannya, berikan kesempatan rambutmu untuk rehat. Misalnya 2 hari dalam seminggu, biarkan ia tampil dengan bentuk aslinya.

Menggunakan vitamin rambut secukupnya

Banyak yang berpikir kalau vitamin rambut sangat bagus. Benar, tapi di beberapa orang, hal ini dampaknya variatif. Kamu bisa menggunakan vitamin rambut 2 atau 3 kali seminggu. Patokannya adalah selama ia tidak lepek, maka kita bisa membuat intensitasnya lebih sering. Tapi, rambut sebenarnya menyukai kealamiannya sehingga bisa tumbuh lebih cepat. Jadi, tidak harus bergantung pada produk vitamin rambut ya. Gunakan hanya untuk menjaga agar pertumbuhan rambutmu tidak kering dan kaku.

Cara memanjangkan rambut dengan konsumsi nabati baik

Selain dari luar, pertumbuhan rambut juga bisa kita usahakan dari dalam. Konsumsi makanan yang sehat seperti kedelai, kacang hijau, makanan sumber zat besi seperti bayam, pisang, bahkan ubi-ubian bisa membantu meski tidak mendominasi. Tapi zat gizi di dalamnya membantu proses keseluruhan tubuh untuk perkembangan di dalamnya. Seperti kelancaran sirkulasi darah, revitalisasi sel-sel dan nantinya bisa berdampak pada rambut.

Olahraga

Sumber: Zumba

Buat kalian yang ingin punya rambut panjang, dengan meningkatkan aktivitas fisik juga bisa lho. Olahraga kardio seperti lari dan senam dan mengimbangi dengan olahraga yang lebih meditatif. Apa kaitannya dengan rambut? Jadi olahraga bisa membuat tubuh kita memperoleh hormon endorphin sehingga terjadi keseimbangan fisik dan mental. Ini juga memperbaiki kualitas pertumbuhan kuku, rambut dan kesehatan kulit.

Itulah beberapa cara yang nggak harus menguras kantong, tapi bisa membuat rambut lebih cepat panjang. Sebenarnya, semakin alami cara perawatan kita dan mengurangi treatment tambahan, sudah bisa merangsang pertumbuhannya. Perawatan lain bisa ditambahkan untuk menambah kelembaban agar batang rambut tidak kering dan tetap berkilau. Selamat mencoba.

close

👩‍💼10 Cara Memanjangkan Rambut Tanpa Buang Uang

Search
close