Fakta Unik, Ini Alasan ‘Umur Korea’ Dihitung Lebih Tua Setahun!

access_time 3 minggu yang lalu

Korea Selatan punya acuan sendiri untuk menghitung ‘umur korea’ seseorang

Penghitungan umur di Korea emang menjadi sorotan karena berbeda dari negara-negara lainnya. Usia seseorang bakal terhitung satu tahun lebih tua dibandingkan penghitungan nasional.

Untuk penggemar drama korea, mungkin sekali dua kali pernah melihat adegan yang menyebut “Umur Koreaku….”. Hal ini pun menjadi pertanyaan buat penonton non-korea sendiri kenapa harus menyebut ‘umur Korea’nya?

Misalnya saja Jennie Blackpink. Ia lahir pada 16 Januari 1996, yang berarti saat ini umurnya udah 25 tahun kalau mengacu pada penghitungan internasional.

Tapi, kalau mengacu sesuai aturan korea, umur Jennie terhitung jadi 26 tahun. Padahal kalau mengikuti standar internasional, umur ke-1 Jennie jatuh pada 16 Januari 1997.

Kenapa berbeda dari negara lain?

Hal ini karena penghitungan tersebut berdasarkan karena warga Korea menganggap kalau umur seseorang terhitung sejak masih dalam kandungan. Padahal, usia kehamilan rata-rata cuma sekitar 9 bulan.

Asal muasal penghitungan umur ala Korea ini belum begitu diketahui secara pasti darimana asalnya. Tapi ada yang bilang kalau penghitungan ini diambil dari tradisi kuno.

Melansir dari The Guardian, ada yang bilang kalau penghitungan usia korea merujuk pada sistem numerik Asia Kuno yang gak mengenal dan memiliki konsep nol. Makanya semua angka langsung berawal dari angka 1.

Selain itu, ada pendapat lain yang mengatakan hal ini karena orang Korea kuno menempatkan tahun kelahirannya dalam siklus kalender 60 tahun China.

Pas kalender reguler gak ada, mereka disebut cenderung mengabaikan hari kelahirannya dan menambah usia satu tahun penuh pada hari pertama kalender lunar.

Setiap 1 Januari orang korea ditanyakan bertambah umur

Hal tersebut pun berdampak pada kehidupan masyarakat Korea setelahnya. Penambahan usia buat orang Korea juga kompak jatuh pada 1 Januari setiap tahunnya.

Jadi setiap 1 Januari, orang-orang korea udah menyatakan umurnya bertambah. Meski begitu, biasanya mereka tetap merayakan perayaan ulang tahun sesuai tanggal lahirnya.

 

close

Fakta Unik, Ini Alasan ‘Umur Korea’ Dihitung Lebih Tua Setahun!

Search
close