Billboard Music Awards 2021: The Weeknd Memimpin dengan 16 Nominasi, Apa Aja?

BBMAs
access_time 5 bulan yang lalu

Billboard Music Awards 2021, atau singkatnya BBMAs, jadi salah satu perhelatan besar tahunan bagi industri musik, khususnya Hollywood. Tahun ini, BBMAs akan tayang live hari Minggu, tanggal 23 Mei 2021.

Tahun lalu, acara ini harus tertunda hingga bulan Oktober karena adanya pandemi. Karena itu juga, perhelatan ini berjalan secara virtual untuk pertama kalinya. Selain itu, ada pula biggest winner Post Malone dengan 16 nominasi, dan 9 kemenangan.

Tahun ini, The Weeknd pimpin Billboard Music Awards dengan 16 nominasi

The Weeknd pimpin Billboard Music Awards dengan 16 nominasinya
via Getty Images

Setelah ‘kejadian gak enak’-nya di Grammys, ternyata ‘spotlight‘ bakal tetap ‘blinding‘ buat si penyanyi asal Kanada, The Weeknd.

Mengutip Billboard, pelantun ‘Blinding Lights’ ini mendapatkan 16 nominasi dalam acara Billboard Music Awards tahun ini. Nominasi tersebut mencakup ‘piala besar’ dalam ajang BBMAs, yaitu Top Artist. Selain itu, ada Top Male Artist, Top Hot 100 Artist, Top Streaming Song Artist, Top Song Sales Artist, Top Radio Song Artist, Top R&B Artist, dan Top R&B Male Artist.

The Weeknd juga menggaet beberapa nominasi dengan kategori album, yaitu Top 200 Album, Top R&B Album.  Lalu, di kategori lagu, ia masuk nominasi Top Hot 100 Song, Top Streaming Song, Top Selling Song, Top R&B Song, Top Radio Song, dan Top Latin Song.

The Weeknd Eating GIF
via Tenor

Ia bakal jadi lawan yang berat, berkat kesuksesan albumnya ‘After Hours’, dan single-nya yang record-breaking, ‘Blinding Lights’. Ya, lagu itu berhasil duduk anteng di 10 besar Billboard Hot 100 selama lebih dari setahun!

Kalau sampai penyanyi dengan nama asli ‘Abel Tesfaye’ ini berhasil menang setidaknya 13 dari 16 nods-nya itu, ia bisa salip rekor Drake yang menang 13 nominasi dalam waktu semalam.

Artis dengan nominasi terbanyak lainnya

The Weeknd; DaBaby; Gabby Barrett; Megan Thee Stallion pimpin nominasi Billboard Music Awards
The Weeknd, DaBaby, Gabby Barrett, Megan Thee Stallion

Sementara The Weeknd memiliki 16 nominasi di tangannya, DaBaby mengikuti dengan 11 nominasinya, termasuk Top Hot 100 Artist, Top Rap Album, dan Top Hot 100 Song.

Lalu, ada pula Pop Smoke dengan 10 nominasinya, mengutip People. Selain itu, Gabby Barret dan Megan Thee Stallion adalah dua perempuan yang memimpin dengn sembilan dan tujuh nominasi.

Lain dengan Grammy yang pemilihannya berdasarkan sekelompok orang di industri musik, Billboard Music Awards lebih mengarah pada kontes popularitas. Tapi, bukan juga seperti MTV Video Music Awards, di mana para fans melakukan vote online.

Tapi, kayak yang Billboard nyatakan:

Para finalis dan pemenang berdasarkan interaksi penggemar dengan musik, termasuk album dan penjualan lagu secara digital, streaming, pemutaran radio, dan engagement sosial. Billboard melacaknya dengan rekan datanya, termasuk MRC Data.

Baca juga:

close

Billboard Music Awards 2021: The Weeknd Memimpin dengan 16 Nominasi, Apa Aja?

Search
close