ūüėĀ Zona Nyaman dan Semua Fakta di Baliknya

access_time 3 minggu yang lalu

Zona nyaman merupakan hal yang sangat disukai oleh semua orang. Apalagi jika di zona tersebut, seseorang bisa menemukan kebahagiaannya. Contohnya saja seperti bekerja sesuai hobi dan digaji cukup besar. Namun, di balik itu semua ternyata ada beberapa fakta mengenai kenyamanan ini, lho. Mulai dari yang takut keluar dari zona nyaman hingga alasan mengapa harus keluar dari area ini. Untuk lebih lengkapnya, bisa simak ulasan berikut. 

  • Alasan tidak ingin keluar dari zona nyaman¬†

Beberapa orang banyak sekali yang tidak ingin keluar dari area nyamannya. Alasannya mungkin adalah salah satu di bawah ini. 

Tidak siap dengan adanya suatu perubahan 

zona nyaman
Via: ABC Kotaraya

Alasan yang pertama adalah tidak adanya kesiapan dalam menghadapi suatu perubahan. Ini karena tidak ada kepastian apakah perubahan ini akan menjadi lebih baik atau tidak untuk dirinya. Dari sini, biasanya akan muncul pikiran ‚Äúmungkin aku tidak akan bahagia‚ÄĚ atau pemikiran lainnya yang membuat dirinya merasa galau.¬†

РTakut mengambil risiko 

zona nyaman
Via: Kumparan

Tak jauh dari adanya perubahan, alasan lainnya adalah takut mengambil risiko. Ini bisa terjadi lantaran ia merasa pesimis, takut, dan juga meragukan kemampuan diri sendiri. 

РTerjebak dengan konsep bersyukur 

zona nyaman
Via: Viva

Selanjutnya adalah sangat terjebak dengan adanya konsep bersyukur. Di mana ia sudah merasa cukup dengan apa yang ada dan tidak membutuhkan lagi tambahan pembelajaran lainnya. 

  • Alasan perlu keluar dari zona nyaman¬†

Sebenarnya, ada sejumlah alasan mengapa kamu perlu keluar dari zona aman. Contohnya seperti di bawah ini. 

РBelajar hal baru 

zona nyaman
Via: SehatQ

Alasan pertama adalah kamu dapat belajar hal baru. Hal ini tentu akan menguntungkan kamu karena bisa membuat skill bertambah. Selain itu, hal baru ini juga kemungkinan akan berguna ketika kamu sedang mencari pekerjaan di bidang tertentu. 

РBelajar untuk menghadapi rencana yang dapat berubah kapan saja 

zona nyaman
Via: Klik Asuransiku

Memilih keluar dari area aman memang sangat penting untuk membuat diri sendiri menjadi lebih siap. Dalam artian lebih siap untuk menghadapi rencana ke depannya yang dapat berubah kapan saja. Dengan begini, kamu akan lebih mudah untuk beradaptasi. 

РMencoba menemukan tujuan hidup 

zona nyaman
Via: Whathefun!

Di dalam area yang membuat nyaman, kamu akan terus menerus menemukan hal yang itu-itu saja. Namun, dengan belajar hal yang baru, kamu bisa menemukan berbagai hal menarik. Contohnya saja seperti teman baru, pengalaman yang belum pernah ada sebelumnya, dan masih banyak lagi. Dari sini, kamu akan mulai menerka-nerka apa tujuan hidup yang bakal kamu jalani. 

  • Fase-fase keluar dari area aman¬†

Ada beberapa fase yang akan dilalui ketika kamu ingin keluar dari area aman. Apakah kamu sedang berada di fase-fase ini? 

РComfort zone 

Via: Kompasiana

Fase pertama adalah comfort zone. Adalah area aman seseorang, di mana ia sudah sangat nyaman dengan apa yang didapat selama ini. Maka jangan heran apabila banyak orang lebih suka diam di dalam zona ini dan enggan untuk keluar. 

РFear zone 

Via: IDN Times

Sesuai dengan namanya, ini adalah area ketakutan. Di mana seseorang akan merasa takut dengan yang ia hadapi sekarang. Sering kali orang-orang yang menghadapi fase ini mengalami galau, antara ingin terus melangkah ke depan atau kembali ke tempat aman. 

РLearning zone  

Via: Warp VR

Pada fase ini, seseorang akan mulai menerima kenyataan bahwa ada banyak hal baru yang harus dihadapi. Bahkan, ada juga yang sudah mulai bisa mengendalikan emosi tanpa ada rasa takut ataupun bimbang. 

РGrowth zone  

Via: Cantik Tempo

Ini merupakan fase terakhir di mana seseorang telah berhasil keluar dari area aman kamu. Ia sudah menerima keadaan dengan baik, belajar banyak hal, dan menemukan kondisi yang lebih baik dari sebelumnya. 

  • Cara keluar dari zona nyaman¬†

Kamu ingin keluar dari zona teraman? Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

РMencoba evaluasi diri sendiri 

Via: Bola

Kamu bisa memulainya dengan evaluasi diri sendiri. Di sini, kamu akan mencari tahu alasan mengenai mengapa kamu tidak ingin keluar dari area aman. Kalau sudah, pikirkan apa kelemahan dari alasan kamu selama ini. Misalnya saja seperti tidak bisa berkembang atau semacamnya. 

РMengubah kebiasaan 

Via: Liputan6

Jika evaluasi sudah dijalankan, kamu bisa mulai dengan mengubah kebiasaan. Tak perlu buru-buru, lakukan hal ini secara perlahan. Hal ini dilakukan supaya membangun komitmen kamu dari hari ke hari. Apabila sudah terbiasa, boleh untuk memperbanyak perubahannya. Nantinya, kamu akan mulai melihat sedikit demi sedikit gerbang menuju sukses. 

РBerusaha berada di lingkungan yang mendukung 

Via: Honolulu Clean Cities

Keluarlah dari zona nyaman tidak hanya membutuhkan usaha dari diri sendiri. Namun juga dari orang lain berupa dukungan. Hal ini sangat penting supaya kamu bisa menjadi lebih semangat dalam melakukan perubahan. 

Itulah info singkat mengenai zona nyaman. Mulai dari alasan tidak ingin keluar sampai dengan cara keluar dari area aman tersebut. Bagaimana, kamu ingin keluar dari area aman atau tetap stay nih? 

close

ūüėĀ Zona Nyaman dan Semua Fakta di Baliknya

Search
close