close

YouTube Akan Turunkan Kualitas Videonya Selama Sebulan

Source: Businessinsider.sg
By Kevin Andreas
access_time 4 hari yang lalu Comments

Untuk jaga kualitas di tengah tingginya traffic

Pemberlakuan self quarantine tentu bikin orang-orang nyari hiburan tanpa harus keluar rumah. Nggak heran, pengguna YouTube pun mengalami pelonjakan pengunjung.

Untuk menjaga performa layanan, YouTube-pun memutuskan untuk menurunkan kualitas videonya selama sebulan kedepan.

Video YouTube yang sebelumnya secara default di-streaming dalam kualitas high definition (720p ke atas), secara otomatis akan diturunkan menjadi standard definition (480p).

Meski demikian, lo tetap bisa mengubah kembali resolusi ini lewat menu pengaturan.

Di YouTube, kenaikan jumlah pengguna terjadi selama beberapa minggu terakhir, khususnya pada malam hari.

Nggak cuma untuk menjaga performa, langkah ini juga diambil sebagai respon permintaan Kepala Industri wilayah Uni Eropa, Thierry Breton, yang meminta penyedia layanan video streaming untuk turut mengurangi beban infrastruktur internet di kawasan Eropa.

Kami terus bekerja sama dengan pemerintah dan operator jaringan di seluruh dunia untuk meminimalisir tekanan pada sistem selama situasi yang terjadi saat ini,” kata juru bicara Google, dilansir dari Business Insider, Kamis (26/3/2020).

Bukan cuma YouTube

Kenaikan tajam traffic tentunya nggak cuma terjadi di YouTube. Layanan streaming Netflix juga mengalami yang sama.

Kawasan Eropa yang paling terdampak pandemi Corona seperti Italia dan Perancis tercatat sebagai negara dengan aktivitas pengguna Netflix yang tinggi.

Hal ini pun mendorong Netflix untuk menurunkan kualitas streaming-nya demi menjaga kualitas performa dan mengurangi konsumsi data pengguna sebesar 25 persen.

Layanan digital music streaming, juga mengalami pelonjakan traffic. Beberapa lagu bertema ‘penyakit’ dan ‘karantina’ banyak didengar selama masa self quarantine.

Beberapa contohnya adalah “Down With the Sickness” dari Disturbed, “Quarantined” dari At the Drive In dan “It’s the End of the World As We Know It” dari R.E.M.

Apa yang lo lakukan untuk menghindari gabut selama self quarantine? Tell us in the comments below!

close

YouTube Akan Turunkan Kualitas Videonya Selama Sebulan