Bandcamp Sumbangkan 100% Pendapatannya Selama 24 Jam untuk Para Musisi

Source: mashviral.com
access_time 2 tahun yang lalu

Semoga Spotify, Apple Music dan lainnya nyusul juga

Dengan pemberlakukan social distancing dan self quarantine, musisi tentu jadi salah satu lini profesi yang paling terdampak.

Gimana nggak? Semua gig, festival musik dan konser terpaksa ditunda atau dibatalkan. Pihak kepolisian sampe merilis maklumat dengan ancaman hukum untuk menekan aktivitas luar rumah.

Menjawab keresahan tersebut, Bandcamp, layanan music publishing, pun berinisiatif untuk memberikan 100% keuntungannya selama 24 jam untuk pada musisi.

Langkah ini pun terbilang sukses. Berlangsung pada Jumat (20/3) lalu, kampanye ini berhasil membuat hampir 800.000 items terjual.

“Angka tersebut lima belas kali lipat lebih besar dari penjualan normal kami di hari Jumat, dan pada puncaknya, para penggemar membeli hingga 11 items per detik,” jelas Bandcamp.

Jumlah penjualan tersebut berujung dengan nominal penjualan total yang mencapai USD4,3 juta (atau sekitar Rp71 miliar). Angka penjualan tersebut pun mencatat rekor sebagai penjualan tertinggi Bandcamp sepanjang sejarah.

Kita semua belum mengetahui dampak jangka panjang dari Covid-19, tapi kita semua tau bagwa kita semua butuh musik – untuk menghibur dan menginspirasi, untuk mengobati dan memberikan kita harapan,” jelas Bandcamp dalam pernyataan resminya.

Kami akan terus bekerja untuk membuat Bandcam sebagai tempat terbaik buat para musisi dan penggemar untuk bekerja sama dan mendukung satu sama lain di setiap masa-masa sulit mendatang. Terima kasih dan semoga kamu selalu sehat!

Dengan adanya respon positif yang mengalir deras, langkah senada juga diharapkan untuk dilakukan di layanan-layanan streaming musik digital seperti Spotify dan Apple Music.

Hubungan kerja sama antara musisi dan penggemar tentunya juga terjadi di Indonesia.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu Najwa Shihab menggelar penggalangan dana bersama sejumlah nama-nama besar di Industri musik Indonesia bertajuk #diRumahAja.

Penggalangan dana tersebut dilakukan lewat konser daring, dimana para musisi perform dari lokasi mereka masing-masing.

close

Bandcamp Sumbangkan 100% Pendapatannya Selama 24 Jam untuk Para Musisi

Search
close