ūüõĶVespa Matic, Kendaraan Hits untuk Sunmori

vespa matic
access_time 2 minggu yang lalu

Vespa matic kini mulai digandrungi oleh para pecinta motor. Bahkan bukan hanya lelaki, tapi para wanita juga turut menyukai kendaraan roda dua ini. Dikarenakan warnanya yang bervariasi dan desainnya juga cukup trendi. Nah, kali ini artikel akan membahas mengenai kendaraan ini secara detail. Yuk kita simak ulasannya bareng-bareng. 

  • Fakta unik vespa matic¬†

Kendaraan yang lagi trending satu ini punya beberapa fakta unik, lho. Berikut adalah fakta yang dimaksud. 

Terinspirasi dari pesawat 

vespa matic
Via: Liputan6

Siapa sangka jika transportasi yang lagi digandrungi ini ternyata terinspirasi dari pesawat. Penciptanya adalah Rinaldo Piaggio yang merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang transportasi. Rinaldo ingin sekali membuat kendaraan yang nyaman dipakai di darat, layaknya pesawat yang ada di udara. Pada awal pembuatannya, vespa yang ia ciptakan terlihat aneh. Namun, ia tidak berputus asa dan akhirnya terciptalah vespa matic dengan desain menarik tanpa berisik. 

Cerita awal muncul di Indonesia 

vespa matic
Via: GridOto

Ada cerita di balik kemunculan transportasi ini di Indonesia. Dulu, pasukan perdamaian Indonesia mendapatkan hadiah sebuah vespa dari Kongo. Dari sini, banyak masyarakat yang mencari tahu asal dari kendaraan ini dan mulailah Vespa dibeli oleh beberapa pecinta motor. 

Warnanya yang sangat menarik 

vespa matic
Via: blibli

Pabrikan motor asal Italia yang menciptakan vespa pada awalnya memang membuat kendaraan ini dengan warna yang cenderung gelap. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, akhirnya pabrikan motor ini membuat gebrakan dengan warna bervariasi pada body motor. Alhasil, kini kendaraan tersebut disukai oleh siapapun, baik kalangan milenial maupun dewasa. 

  • Jenis vespa matic populer di Indonesia¬†

Di Indonesia, sekarang ada banyak sekali vespa matic yang populer dan laris terjual. Ini adalah jenis-jenis yang dimaksud. 

LX 125  I-Get

vespa matic
Via: GridOto

Pertama ada model LX 125  I-Get yang banyak diminati karena desainnya yang simple dan milenial banget. Skuter matik ini mempunyai mesin berkapasitas 124,5 cc, torsi 10,2 Nm @6000 rpm, dan tenaga yang mencapai 10,1 hp @7600 rpm. Kemudian, menggunakan CVT dengan pembakaran sistem injeksi. Harganya sendiri dibanderol sekitar Rp38 juta. 

S 125 I-Get 

vespa matic
Via: Tempo Otomotif

Selanjutnya ada S 125 I-Get yang juga banyak disukai dengan ciri khas lampu depan berbentuk kotak. Mesin yang digunakan adalah berkapasitas 124,5 cc, 1 silinder, 4 tak. Tenaganya mencapai 10,1 hp @7.600 rpm dan torsi 10,2 Nm @6.000 rpm. Kamu yang tertarik untuk mempunyai skuter matik ini, bisa siapkan dana sekitar Rp39,5 juta. 

Primavera 

vespa matic
Via: Semisena

Ada juga Primavera dengan menggunakan mesin 154,8 cc, 1 silinder, 4 tak. Untuk tenaganya sendiri yaitu mencapai 11,6 hp @7.500 rpm dan torsi maksimal 12 Nm @5.000 rpm. Harga dari vespa ini adalah sekitar Rp44,8 juta. 

Primavera S 

vespa matic
Via: Bukalapak

Untuk Primavera S harganya sedikit lebih mahal dari Primavera biasa, yaitu sekitar Rp47,3 juta. Selain harga, bedanya juga terdapat pada desainnya di bagian cat, jok dan warna pelek. Lalu terdapat fitur suspensi belakang yang bisa diatur dalam 4 pengaturan. Sedangkan mesinnya sama saja dengan Primavera biasa. 

Primavera Sean Wotherspoon 

vespa matic
Via: Motorplus

Primavera juga punya tipe lain yaitu Sean Wotherspoon. Pembeda dari Primavera sebelumnya adalah warna body yang cukup ngejreng, pelek, dan joknya terbuat dari bahan kain. Kalau masalah harga, skuter matik dibanderol sekitar Rp85 juta. 

Primavera (RED) 

vespa matic
Via: Otosia

Primavera tipe satu ini dijual terbatas karena merupakan hasil kerjasama dengan (RED) -organisasi non profit yang bergerak untuk mendukung para penderita HIV/AIDS. Sesuai dengan namanya, vespa ini dibuat serba merah yang juga memberi arti berani berjuang. Primavera (RED) dibanderol dengan harga Rp53,6 juta. 

Sprint 

vespa matic
Via: Otosia

Skuter matik versi Sprint juga banyak dicari di Indonesia. Dengan harga Rp47,6 juta, kendaraan ini mempunyai mesin kapasitas 154,8 cc, 1 silinder, 4 tak. Tenaganya mencapai 11,6 hp @7.500 rpm dan torsi maksimal 12 Nm @5.000 rpm. Kemudian, fitur andalannya adalah tersedianya USB port, lampu LED, instrumen cluster sporty, dan kunci immobilizer. 

Sprint S

vespa matic
Via: cermati

Untuk versi Sprint S, pembedanya adalah  jok, warna, striping, warna pelek, dan warna kisi-kisi di bagian dasi depan yang berwarna merah. Untuk mesin yang dipakai sama dengan Sprint versi standar. Kalau kamu tertarik untuk memilikinya, bisa siapkan uang sekitar Rp50,1 juta. 

  • Kelebihan memiliki vespa matic¬†

Jika kamu mempunyai skuter matik ini, ada beberapa kelebihan yang bakal didapatkan. Contohnya seperti di bawah ini. 

Menunjang selap selip di jalan 

vespa matic
Via: IDN Times

Pertama adalah menunjang selap selip di jalanan. Ini karena dimensinya cukup kecil yang akan sangat bermanfaat ketika berada di kawasan macet. Maka dari itu, tak heran jika kendaraan ini banyak dipakai oleh orang-orang yang hidup di daerah perkotaan dengan kemacetan tinggi. 

Nyaman saat dikendarai 

vespa matic
Via: Kumparan

Kemudian adalah vespa yang sangat nyaman ketika dikendarai. Ini tetap berlaku ketika berkendara dalam waktu yang lama serta perjalanan jauh. Contohnya seperti touring atau sunmori. 

Ramah untuk semua pengguna 

vespa matic
Via: Motorplus

Kamu pasti sudah tahu kalau skuter matik ini sangat ramah untuk semua pengguna. Di mana siapa saja bisa dengan mudah mempelajarinya. 

  • Kelemahan dari vespa ini¬†

Selain kelebihan, ada juga kekurangannya. Kira-kira apa saja ya? 

Gejala gregel 

ViaL Kompas Otomotif

Hal yang sering dialami oleh para pemilik adalah gejala gregel. Gejala ini muncul lantaran terdapat slip antara kampas kopling dan mangkok di area CVT. biasanya ini terjadi karena kotor atau komponen kampasnya sudah aus. Solusinya adalah sering-sering membersihkan area CVT. 

Tali rem mudah macet 

Via: GridOto

Kekurangan lainnya adalah tali rem yang sangat mudah macet. Hal ini bisa terjadi karena diameter kabelnya yang cepat karatan. Oleh karenanya, para pemilik vespa wajib melakukan pengecekan secara berkala. 

Karet bushing rusak 

Via: GridOto

Selanjutnya adalah karet bushing mengalami kerusakan. Penyebab kerusakan yaitu seringnya kendaraan yang melewati jalan tidak rata, sehingga membuat engine mounting cepat aus. Supaya hal ini tidak terjadi, rutinlah untuk mengganti karetnya. 

  • Cara merawat¬†

Kamu yang sudah memutuskan untuk membeli kendaraan trendi satu ini, wajib tahu cara merawatnya. Yuk simak sama-sama. 

Menggunakan bahan bakar yang tepat 

Via: Motorplus Online

Hal yang perlu diketahui adalah memakai bahan bakar yang tepat. Di mana kamu bisa menggunakan Pertamax yang memiliki RON 92, Pertamax Turbo RON 98, atau Shell Power RON 95. Tujuan penggunaan bahan bakar yang tinggi adalah agar proses pembakarannya yang maksimal sehingga tidak meninggalkan kotoran pada selang bensin. 

Mencabut aki ketika vespa tidak digunakan dalam waktu lama 

Via: Kompas Otomotif

Kamu yang tergolong jarang menggunakan vespa atau hanya memakainya dalam hitungan hari dalam satu bulan sebaiknya mencabut akinya. Hal ini dilakukan supaya bisa menghemat aki. 

Mengganti oli secara rutin 

Via: GridOto

Selanjutnya adalah mengganti oli secara rutin. Kamu bisa menggantinya setiap tiga atau empat bulan sekali. 

Memanaskan vespa setiap hari 

Via: Kompas Otomotif

Walaupun kamu tidak mengendarainya setiap hari, usahakan untuk tetap panaskan vespa setiap hari minimal 5 menit. Fungsi pemanasan adalah supaya mesin terlumasi dengan baik, sehingga performa mesin akan tetap maksimal. 

Itulah sekilas info mengenai vespa matic yang kini sedang digandrungi. Mulai dari fakta sampai dengan cara merawatnya. Bagaimana, kamu tertarik untuk memilikinya? 

close

ūüõĶVespa Matic, Kendaraan Hits untuk Sunmori

Search
close