Hari AIDS Sedunia, Ini Dia Daftar Film yang Mengangkat Perjuangan Para Penderita

Hari AIDS Sedunia, Ini Dia Daftar Film yang Mengangkat Perjuangan Para Penderita
access_time 11 bulan yang lalu

Diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia, masyarakat diharap semakin aware terkait virus tersebut

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember. Peringatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terkait virus HIV/AIDS.

Pertamakali digagaskan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, petugas informasi publik untuk Program Global AIDS WHO di Jenewa, Swiss pada Agustus 1987, sangat disayangkan ternyata sampai sekarang masih banyak orang yang belum paham tentang HIV/AIDS.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang salah informasi dan berujung pada stigma tertentu yang menyudutkan para korban. Untuk mendambah wawasan dan menghindari miss informasi, kali ini USS FEED akan memberikan lo rekomendasi film seputar penderita AIDS.

Karena, berdasarkan pengalaman dengan menonton biasa seseorang akan lebih mudah untuk mengerti dan menyaring sebuah informasi.

So without further ado inilah rekomendasi film yang mengangkat tema HIV/AIDS ;

The Cure (1995)

Dirilis tahun 1995, film ini bercerita tentang kisah persahabatan Erik dan Dexter. Baru pindah ke sebuah kota, Dexter begitu senang bisa berteman dengan tetangga barunya, Dexter. Meski demikian persahabatan keduanya ditentang oleh ibu Erik, alasannya karena Dexter adalah penderita HIV AIDS.

Namun Erik justru semakin dekat dan menyadar kondisi Dexter yang terus melemah akibat virus itu, pada akhirnya mereka memulai sebuah perjalan untuk bisa menemukan seorang dokter yang mungkin bisa menyelamatkan Dexter.

*writers note : siapin tisu deh, bener ini sedih banget

Bohemian Rhapsody (2018)

Meski lebih banyak mengangkat cerita tentan perjuangan Queen sebagai sebuah band, sebenarnya film ini juga menyinggung tema AIDS. Seperti diketahui, popularitas meroket mereka membuat kehidupan pribadi sang vokalis, Freddie Mercury berubah secara drastis. Mulai dari kebiasan menggunakan obat-obatan sampai dengan perubahan orientasi seksual yang berujung pada diagnosa HIV AIDS.

Meski demikian, Freddie secara terbuka menjelaskan kondisi itu kepada rekan sebandnya dan bukan menyingkirkan sang vokalis, anggota lain malah dengan terbuka menerima kondisi Freddy.

*writers note : this movie is lit! I’ve seen it many times, yet I’m still impressed with Rami Malek acts!!

Dallas Buyers Club (2013)

Diperankan oleh Matthew McConaughey, Dallas Buyers Club terinspirasi dari kisahnya. Di mana seorang tukang listrik asal Texas bernama Ron Woodroof pada tahun 1986 didiagnosa positif HIV AIDS.

Sejak saat itu dia berjuang bersama lembaga medis dan perusahan farmasi untuk bisa mencari obat yang menyembuhkannya. Bukan hanya obat konvensional, melainkan Woodroof juga terus mencari berbagai obat alternatif.

Atas perannya yang begitu luar biasa, Matthew McConaughey berhasil memenangkan kategori Best Actors pada ajang Academy Awards tahun 2013, mengalahkan Christian Bale dan Leonardo di Caprio.

*writers note : wajib tonton, salah satu film terbaik Matthew sih ini!

Selain 3 judul di atas, masih banyak judul-judul lain yang membahas soal penyakit HIV AIDS. Sebut saja Philadelpiha (1993), An Early Frost (1985) dan And The Band Played On (1995). Nah semoga rekomendasi tadi bisa menambah wawasan Lo yah, Selamat Hari AIDS sedunia!

 
close

Hari AIDS Sedunia, Ini Dia Daftar Film yang Mengangkat Perjuangan Para Penderita

Search
close