🏫 5 Universitas Terbaik di Dunia, Mana Favoritmu?

universitas terbaik
access_time 8 bulan yang lalu

Di tahun 2021 ini, sudah dirilis mengenai universitas terbaik yang ada di dunia. Kini, USSFeed bakal membahas deretan kampus terbaik menurut Times Higher Education. Kira-kira Indonesia masuk tidak ya? 

University of Oxford 

universitas terbaik
Via: SUN Education

Universitas terbaik yang berada di peringkat pertama adalah University of Oxford. Kampus yang berada di kawasan Wellington Square, Oxford satu ini memang terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik. Salah satu hal yang paling terkenal adalah sainsnya yang menduduki peringkat satu di dunia dalam bidang medis. Selain itu, kampus ini juga menduduki peringkat enam dunia di bidang teknik, ilmu kehidupan, ilmu sosial, seni dan humaniora. 

Di sisi lain, kampus yang berlokasi di Inggris ini punya UKM bergengsi, lho. Di antaranya adalah Oxford Student Union, Oxford University Sport, Club & Societies, Oxford Union, Common Rooms, Media, dan University Club for Graduates. Kalau kamu ingin mengetahui mengenai detailnya, bisa akses laman resmi dari Oxford University. 

Stanford University 

universitas terbaik
Via: World Scholarship Forum

Di peringkat kedua, ada Stanford University yang berlokasi di California. Peringkat dua ini didasarkan pada dua hal, yaitu meningkatkan tingkat pencapaian bangsa menuju pembentukan tenaga kerja berbasis pengetahuan untuk abad ke-21 dan penggunaan kemampuan sosial untuk mengembangkan masyarakat. Jadi tak heran mengapa kampus ini jadi terbaik kedua di dunia. 

Kampus ini punya banyak bidang ilmu yang ditawarkan. Antara lain Humaniora & Sains, Ilmu Kebumian, Kedokteran, Hukum, Pendidikan, Teknik, dan Pascasarjana Bisnis. Sedangkan jurusannya, ada sekitar 90 program studi yang tercipta. Seperti Aeronautics and Astronautics, Community Health and Prevention Research, Democracy, Development, and the Rule of Law, Feminist, Gender, and Sexuality Studies dan masih banyak lagi. 

Harvard University 

universitas terbaik
Via: KalderaNews

Pada urutan ketiga, ada Harvard University. Perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat satu ini mempunyai 9 fakultas terkenal, yakni Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health dan Kennedy School of Government.

Selain itu, Harvard University juga terkenal dengan perpustakaannya yang paling besar di dunia. Dengan 174.000 judul serial yang diperkirakan sekitar 400 juta item naskah, 10 juta foto, 56 juta halaman web diarsipkan serta 5.4 terabyte yang lahir dalam bentuk digital-arsip dan naskah.

California Institute of Technology 

Via: Caltech

Selanjutnya, di urutan keempat ada California Institute of Technology. Kampus yang biasa dikenal dengan sebutan Caltech ini terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. Walaupun hanya di posisi empat, ada banyak sekali prestasi yang didapat. Di antaranya adalah telah memenangkan total 33 penghargaan Nobel, dengan Linus Pauling menjadi satu-satunya individu di dalam sejarah yang memenangkan 2 hadiah Nobel tak terbagi, dan 70 telah memenangkan United States National Medal of Science or Technology. Ada 112 anggota fakultas yang telah terpilih ke National Academies. 

Massachusetts Institute of Technology 

Via: Scholarship Position

Kemudian, ada Massachusetts Institute of Technology. Ada banyak faktor mengapa perguruan tinggi ini bisa masuk ke dalam 5 besar universitas terbaik di dunia. Pertama, sangat terdepan dalam teknologi. Bill Clinton pun pernah menyebutkan bahwa MIT memiliki program transfer teknologi terbaik di Amerika Serikat. Seluruh lulusan MIT kebanyakan langsung bisa mendirikan perusahaannya sendiri.

Lalu yang kedua adalah sangat menjunjung tinggi kesetaraan, yang mana MIT memberlakukan blind policy dalam proses pendaftaran. Dengan demikian, para pendaftar akan dipertimbangkan dari prestasi mereka. Apabila terdapat calon mahasiswa ini memiliki kesulitan keuangan, ada mekanisme bantuan yang diberikan. 

Itulah beberapa universitas terbaik yang ada di dunia. Namun, ranking ini adalah menurut  Times Higher Education. Jadi, bisa berubah di pihak lainnya. Nah, kamu kira-kira mau masuk ke perguruan tinggi yang mana nih?

Baca juga: Gagal SBMPTN Bukan Akhir Segalanya, Berikut Ini Daftar PTS Yang Sudah Menunggumu

close

🏫 5 Universitas Terbaik di Dunia, Mana Favoritmu?

Search
close