ūüĆą12 Tradisi Ulang Tahun di Berbagai Negara, Sudah Tahu?

access_time 1 tahun yang lalu

Perayaan ulang tahun memang menjadi hal yang istimewa bagi hampir semua orang. Oleh karenanya, peristiwa tersebut dirayakan secara menarik dengan tema-tema unik. Itu semua dilakukan supaya hari itu tidak terlupakan seumur hidup. 

Omong-omong soal perayaan ulang tahun, ternyata setiap negara punya caranya sendiri-sendiri, lho. Bahkan, beberapa di antaranya tergolong unik. Kalau kalian ingin tahu lebih lanjut, simak ulasannya di bawah ini. 

Menyantap sup bersama keluarga di Korea Selatan 

ulang tahun
Via: About Korea

Perayaan ulang tahun di Korea Selatan ada hidangan yang disajikan bernama Sup Rumput Laut (Miyeokguk). Di mana sup satu ini dibuatkan oleh kerabat terdekatnya. Kemudian, makanan tersebut disantap bersama keluarga dan kerabatnya yang lain. Biasanya, hidangan ini diiringi dengan kata-kata ae-o-na-jwo-so go-ma-wo-yo yang artinya terima kasih sudah lahir di dunia ini. 

Memukul boneka yang berisi permen di Meksiko 

ulang tahun
Via: 123RF

Selanjutnya di Meksiko ada perayaan dengan memukul boneka. Nah, boneka yang digunakan tidak sembarangan, terbuat dari kardus dan dihias dengan kertas warna-warni. Apabila dipukul berkali-kali, boneka tersebut akan mengeluarkan banyak permen dan tentu saja bakal diperebutkan. Nama boneka itu adalah pinata yang juga banyak dihadirkan pada beragam acara selebrasi lainnya. 

Diberikan kunci kertas di Afrika Selatan 

ulang tahun
Via: Grid ID

Beda lagi di Afrika Selatan. Khusus untuk yang berusia 21 tahun, orang tua akan memberikan sebuah kunci yang terbuat dari kertas. Ini merupakan lambang bahwa di umur ini, anak mereka siap untuk membuka kunci masa depan. Tidak lain dan tidak bukan yang artinya anak mereka sudah menginjak dewasa. 

Hancurkan kue di Amerika Serikat 

ulang tahun
Via: Pinterest

Kalau di Amerika Serikat, orang yang ulang tahun akan diberikan sebuah kue. Namun, kue tersebut harus dihancurkan dan dibuat berantakan. Oleh karenanya, kue tersebut diberi nama Smash Cake. Biasanya, kue ini diberikan untuk anak yang baru berulang tahun pertama. Tapi, ternyata banyak juga orang dewasa yang ikut merayakan dengan Smash Cake.

Menyapu rumah di Jerman 

ulang tahun
Via: TribunManado Travel

Di Jerman ada perayaan yang tidak kalah unik. Yaitu bagi siapa saja yang berusia 30 tahun dan masih melajang, ia harus menyapu dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Ini menandakan bahwa orang yang berulang tahun tersebut sudah pantas untuk menjalani pernikahan. 

Mengibarkan bendera negara di Denmark 

ulang tahun
Via: Infia

Berikutnya ada Denmark yang juga punya tradisi unik. Di mana anggota keluarga yang berulang tahun wajib mengibarkan bendera nasional di depan rumah. Sebagai pemberitahuan bahwa ada yang ulang tahun hari ini di rumahnya. 

Menjewer telinga di Italia 

ulang tahun
Via: Kompasiana

Kalau kalian berada di Italia, sepertinya harus tahan emosi. Pasalnya, setiap yang berulang tahun harus bersedia dijewer telinganya oleh orang-orang terdekat. Bahkan, jumlah jewerannya harus sesuai dengan umur. Apabila kalian berulang tahun ke 20, berarti telinga harus ditarik sebanyak 20 kali. 

Disiram tepung di Brazil 

Via: Tempo

Untuk Negara Brazil hampir sama seperti di Indonesia. Yakni disiram tepung oleh kerabat-kerabat terdekatnya, bedanya terdapat ‚Äėbumbu‚Äô tambahan. Selain itu, ada juga telur yang membuat badan menjadi lebih lengket.¬†

Berdansa di Argentina 

Via: Tuti Nonka’s

Bagi yang berulang tahun ke 15 khususnya perempuan, Argentina punya cara unik sendiri untuk merayakannya. Mereka diberikan kesempatan untuk berdansa waltz. Ia bisa melakukannya dengan sang ayah atau lelaki sebayanya. 

Hidung diolesi mentega di Kanada 

Via: Boombastis

Kanada juga punya tradisi ulang tahun bagi anak perempuan. Hidung mereka akan diolesi dengan mentega. Hal tersebut dipercaya bisa menangkal hal sial kepada yang berulang tahun. Memang agak tidak masuk akal, tapi tradisi ini masih banyak dilakukan oleh masyarakat Kanada. 

Memangkas rambut di India 

Via: Liputan6

Kalau di India, tradisinya berupa memangkas rambut. Ini dilakukan sebagai tanda bahwa orang yang berulang tahun seperti baru dilahirkan. Arti lainnya adalah untuk menghindari pengaruh roh jahat. Untuk anak-anak, mereka biasanya menggunakan baju warna warni dan membagikan coklat ke teman-teman sekelas. 

Diangkat di kursi di Israel 

Via: Jadi Berita

Berikutnya ada tradisi ulang tahun di Israel. Orang yang sedang ulang tahun harus duduk di kursi. Kemudian, kerabat terdekatnya mengangkat dan menurunkan orang yang ulang tahun sejumlah usianya saat ini. 

Selain di atas, ada banyak perayaan ulang tahun yang unik di negara lainnya. Dari sini kita bisa melihat bahwa ulang tahun merupakan peristiwa penting yang patut untuk dirayakan. Nah, di tahun ini, kalian merayakan ulang tahun tidak? 

close

ūüĆą12 Tradisi Ulang Tahun di Berbagai Negara, Sudah Tahu?

Search
close