Tips Nonton Film Horor Buat Lo yang Penakut!

access_time 1 tahun yang lalu

Menonton film horor memang akan menakutkan dan memacu adrenalin. Walaupun begitu, orang-orang yang suka nonton film horor terbilang sangat banyak. Terutama di Indonesia, para sutradara sudah melihat pasar para penonton penikmat horor sangat banyak, maka banyak pula film horor yang diproduksi.

Jalan cerita yang penuh misteri dan teka-teki, tidak jarang pula membuat kita lelah saat menontonnya. Tahun 2020 ini juga banyak film horor yang akan datang. Mulai dari The Invisible Man, KKN di Desa Penari, Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Candyman, hingga Conjuring 3 akan hadir menyapa lo semua pecinta horor.

Tapi, tidak semua orang juga suka film horor. Anehnya, yang suka nonton film ber-genre horror nggak cuma yang pemberani, banyak juga yang penakut malah lebih semangat ngajak nonton film hantu. Lalu, gimana caranya ingin nonton film horor buat lo yang penakut? Simak tips di bawah ini.

Nonton Tanpa Suara

6 Tips Saat Nonton Film Horor Bagi Kamu yang Penakut
Source: IDN Times

Film horor memang diperkuat dengan elemen audio yang semakin memacu adrenalin. Mungkin tips ini hanya bisa dilakukan saat lo nonton di tempat selain bioskop, terutama saat lo sedang nonton sendirian.

Lo bisa coba cara nonton film horor tanpa suara. Kalau dikatakan di atas bahwa film horor diperkuat dengan elemen audio yang menyeramkan, kalian bisa menghilangkan satu elemen tersebut.

Sebab, film horor biasanya akan menyajikan efek suara yang membuat jantung semakin berdebar dan bahkan bisa membuat kita kaget ketakutan. Jadi, dengan nonton film horor tanpa mendengarkan suara, kalian bisa sedikit menikmati film tersebut tanpa harus kaget.

Tapi sebisa mungkin jangan dimatikan suaranya, setidaknya kecilkan saja volumenya supaya lo tetap bisa mendengar suaranya. Jangan lupa juga nyalakan subtitle biar lo tetap paham jalan cerita filmnya.

Pejamkan Mata Waktu Hantu Muncul

Image result for tutup mata
Source: Detik

Biasanya, film horor suka memunculkan unsur jumpscare di dalamnya. Nah, yang seperti ini lah yang membuat banyak orang takut nonton film horor.

Bagi beberapa orang yang sudah sering nonton film horor, pasti sudah bisa menebak kapan tanda-tanda akan muncul jumpscare. Tapi semakin ke sini, sutradara film semakin pintar menyematkan efek jumpscare yang tidak terduga. Tentunya hal ini sangat dihindari bagi mereka yang merasa penakut.

Lo bisa memejamkan mata saat melihat hantu dalam film tersebut, atau bersiap-siap menutup mata jika sudah ada tanda-tanda akan muncul hantu.

Hal ini bisa dilakukan bagi mereka yang penakut karena terkadang wajah hantu yang seram bisa saja terbayang-bayang setelah selesai menonton. Parahnya, bisa membuat kita jadi susah tidur.

Alihkan Mata ke Ujung Layar

Image result for mengalihkan mata
Source: Kurio

Kalau cara yang ini, mirip dengan tips yang kedua. Kalau gengsi untuk merem saat hantunya muncul, lo bisa alihkan mata ke ujung layar.

Hal ini bisa dilakukan karena biasanya ujung layar adalah objek kosong dan tidak seluruh mata menatap ke tengah layar. Cara lain, lo juga bisa mencari objek yang lain dan letaknya jauh dari muka hantunya.

Dengan begitu, adegan seram dalam film tidak akan masuk ke area pandang lo sama sekali. Setidaknya lo bisa kelihatan berani tidak menutup mata saat hantu muncul, padahal matanya menuju ke arah yang berbeda.

Menyibukkan Diri

Image result for makan popcorn di bioskop
Source: TIMES

Teman nonton paling nikmat adalah popcorn dan snack-snack kecil. Sambil sibuk mengunyah makanan, pikiranmu tidak akan terlalu fokus ke jalan cerita filmnya.

Lo bisa mulai makan cemilan-cemilan ini ketika sudah mulai merasa tegang dengan audio dan visual yang ada di film horor itu.

Cari Spoiler Filmnya

Image result for spoiler film
Source: Infia

Terkadang, orang tidak suka kalau di-spoiler-in film yang mau kita tonton. Tapi mungkin dengan mengetahui jalan cerita dan ending filmnya seperti apa, bisa membantu mengurangi rasa takut dan penasaran akan film horor yang sedang mereka tonton.

Coba lo browsing sebanyak-banyaknya tentang film yang mau lo tonton. Semakin banyak lo tahu tentang plot dan jalan cerita film itu, maka akan semakin tenang saat nonton. Akan tetapi jangan berlakukan tips ini di setiap film yang akan lo tonton. Kalau sudah tahu jalan ceritanya, nanti lo tidak akan menemukan keseruan dalam filmnya.

Tips ini bisa dilakukan saat lo sedang kepepet sebagai satu-satunya jalan untuk tetap tenang saat menonton film horor.

Itulah beberapa tips yang bisa lo praktekin kalau takut nonton film horor. Semoga lo tidak jadi penakut lagi ya!

close

Tips Nonton Film Horor Buat Lo yang Penakut!

Search
close