🍒8 Tips Tanaman Buah Agar Cepat Panen, Yuk Dicoba!

tanaman buah
access_time 5 bulan yang lalu

Tanaman buah terkadang kurang diminati masyarakat lantaran dianggap lama untuk panen. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, lho. Sebab, ada trik supaya tanaman satu ini cepat berbuah. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasannya. 

Mengontrol jumlah air 

tanaman buah
Via: Pidjar

Tips pertama supaya tanaman buah cepat panen adalah mengontrol jumlah air. Sebab, setiap tanaman membutuhkan kadar air yang berbeda-beda. Seperti halnya jambu air dan mangga yang cukup disiram dua kali dalam satu minggu ketika baru ditanam. Apabila terlalu banyak air, maka hanya daunnya yang bertumbuh dengan cepat. Lalu, hindari untuk menyiram tanaman saat pagi hari karena proses fotosintesis bisa terganggu. 

Menggunakan pupuk kompos 

tanaman buah
Via: Kementerian Pertanian

Selanjutnya adalah menggunakan pupuk kompos. Bagi yang belum tahu, pupuk kompos ini terbuat dari hasil fermentasi berbagai jenis bahan organik yang telah terurai. Pupuk satu ini dapat membuat tanaman buah cepat panen lantaran dapat meningkatkan unsur hara, meningkatkan daya tahan tanaman serta daya serap air. Menariknya lagi, pupuk juga bisa memperbaiki struktur tanah. 

Mengurangi daun 

tanaman buah
Via: Ripiku

Kamu juga bisa mengurangi daun pada tanaman. Ini dilakukan supaya tanaman tidak stres, sehingga bisa merangsang pertumbuhan bunganya. Cara mengurangi daun juga tidak bisa sembarangan, pertama-tama buatlah goresan pada batang dan kemudian singkirkan daun yang sudah tua dan kering. 

Menggunakan pupuk kandang 

tanaman buah
Via: TMAGROUP

Trik berikutnya adalah dengan cara menggunakan pupuk kandang. Pupuk satu ini bisa mempercepat panen karena mengandung unsur hara yang lengkap. Contohnya saja seperti fosfor, nitrogen, magnesium, besi, kalsium, tembaga, dan belerang. Untuk penggunaannya sendiri, pupuk kandang diberikan pada tanaman sebanyak satu kali dalam sebulan. 

Memperhatikan intensitas sinar matahari 

tanaman buah
Via: Portal Jember

Setiap tanaman buah juga mempunyai kebutuhan intensitas matahari yang berbeda-beda. Seperti mangga, sirsak, dan kelengkeng yang bisa bertahan walaupun matahari bersinar cukup terik. Sedangkan jeruk, apel, ceri, dan belimbing membutuhkan sinar matahari sedang lantaran daunnya mudah layu ketika panas. Maka dari itu, ketahui dulu apakah tanaman bisa bisa menerima sinar matahari yang terlalu terik atau tidak. Jika tidak, kamu harus rajin untuk memindahkannya. 

Memakai pupuk hijau 

tanaman buah
Via: Hello Magetan

Untuk mempercepat panen, kamu bisa menggunakan pupuk hijau. Di mana pupuk ini mengandung unsur hara yang tinggi, sehingga tanaman bisa cepat berbuah. Cara menggunakannya cukup mudah, masukkan pupuk hijau ketika sedang menyiapkan tanah atau menambah tanah. 

Membersihkan area sekitar pot 

tanaman buah
Via: Orami

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah membersihkan area sekitar pot. Misalnya saja membuang daun-daun yang sudah busuk supaya tidak mengundang datangnya bakteri yang dapat menular pada tanaman. Selain itu, lakukan pemangkasan untuk daun-daun yang sudah rimbun supaya pertumbuhan bunga dan buah tidak terhambat. 

Menggunakan pupuk NPK 

tanaman buah
Via: Kompas

 Kamu dapat menggunakan pupuk NPK untuk mempercepat panen. Ini karena pupuk mengandung nitrogen, fosfor, dan kalsium yang dapat mempercepat kemunculan buah. Lalu, tiga kandungan ini juga bisa mencegah daun pada tumbuhan mudah rontok. 

Beberapa cara  di atas bisa dilakukan untuk mempercepat panen pada tanaman buah. Namun untuk pupuk, pilih salah satu saja supaya hasilnya menjadi lebih maksimal. Jangan ragu untuk bertanya kepada ahlinya supaya tidak salah dalam memilih pupuk. 

close

🍒8 Tips Tanaman Buah Agar Cepat Panen, Yuk Dicoba!

Search
close