Matahari Ternyata Punya Kembaran, Siapa Namanya?

access_time 11 bulan yang lalu

Matahari punya kembaran yang telah lama hilang, apakah masuk akal?

Jika katanya manusia punya tujuh kembaran di seluruh dunia, Matahari juga ternyata punya kembaran. Kabarnya, beberapa ahli juga masih mencari kemungkinan kembaran dari Matahari yang telah lama hilang.

Dikutip dari The Astrophysical Journal Letters, para ilmuwan dari Harvard University menunjukkan bahwa Matahari dulunya pernah memiliki pendamping.

Kira-kira, siapa ya nama kembarannya Matahari?

Awan Oort

via Grid.ID

Ilmuwan mengatakan keberadaan pendamping Matahari yang telah lama hilang dapat menjelaskan pembentukan awan Oort dalam pengamatan beberapa waktu terakhir.

Awan Oort sendiri merupakan wilayah terjauh di tata surya. Objek terdekat di awan Oort sekalipun dianggap beberapa kali lebih jauh dari Matahari.

Jika biasanya orbit planet-planet yang mengitari Matahari berada di piringan datar sekitarnya, berbeda dengan awan Oort. Kembaran Matahari ini katanya berbentuk seperti cangkang bola raksasa yang mengelilingi tata surya.

Lebih spesifiknya, awan Oort bentuknya seperti gelembung besar yang punya dinding tebal. Dinding ini terbuat dari potongan-potongan es dari puing-puing angkasa seukuran gunung. Bahkan awan Oort isinya bisa miliaran sampai triliunan objek langit.

Matahari Punya Kembaran Itu Masuk Akal

via Liputan6.com

Dikutip dari CNN Indonesia, menurut Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rhorom Priyatikanto mengatakan bahwa Matahari punya kembaran itu masih masuk akal.

Logikanya memang tepat bahwa kita mengharapkan Matahari punya kembaran sebagaimana banyak bintang yang lain. Sekitar 50 persen bintang punya kembaran dekat,” kata Rhorom.

Seperti yang kita tahu, Matahari sendiri juga tercipta dari jutaan gugusan bintang. Jika ia punya kembaran, mungkin saja ukuran dan suhunya tidak jauh berbeda.

_

Siapa yang udah pernah liat kembaran Matahari?

close

Matahari Ternyata Punya Kembaran, Siapa Namanya?

Search
close