Jual Daun Pisang Bikin Kaya? Kok Bisa?

access_time 1 tahun yang lalu

Selain buahnya yang banyak gizi, daun pisang sudah banyak kita kenal sebagai benda banyak manfaat. Untuk alas makan, sampai jualan.

Jadi mungkin kabar di bawah ini agak mengherankan buat kita, mengetahui kalau sehelai daun khas negara tropis yang biasanya murah banget di Indonesia, di luar negeri malah bisa membuat penjualnya kaya raya. Bagaimana tidak? Harga selembar daun pohon pisang di Indonesia bahkan tidak sampai satu dollar, tapi kenyataannya di beberapa negara bisa buat buka lapak jual buahnya sekalian.

Di Indonesia, harga daun pisang memang murah meriah tapi tidak demikian di Jepang.

Kabarnya di Jepang, daun ini bisa mencapai IDR 800 ribu rupiah. WOW! Kabar tersebut pertama kali terkuak oleh penguna Twitter dengan nama @fermendkis.

Dia memeberkan harga daun pohon  pisang yang terjual di Jepang, dirinya bahkan mengunggah foto yang menunjukan kalau di situs jual beli milik Jeff Bezos, produk hasil tanaman tersebut mencapai harga ratusan ribu rupiah.

Baca juga : Larangan Turis Asing Berkunjung ke Indonesia Sampai Akhir 2020, Apa Alasannya?

Harga daun pisang di Jepang bervariasi, paling mahal berkisar 800 ribu

Dari screen capture tersebut, terlihat kalau ada beberapa varian daun pisang yang dijual. Mulai dari satu lembar, tiga lembar dan lima lembar. Masing-masing paket daun ini banyak beredar dengan harga berbeda.

Satu lembar daunnya memiliki harga ¥1.980 -2.280 atau setara dengan IDR 280-325 ribuan. Adapun harga tersebut nampaknya menyesuaikan dengan ukuran daun yang tersedia.

Selain paket satu lembar, ada juga pake tiga lembar daun panjang yang dibanderol dengan harga ¥3.700 (IDR.520.000,-) dan paket lima lembar daun seharga ¥5.700 (IDR.805.000,-). Melihat harga yang bisa bikin kaya mendadak, netizen Indonesia pun merespon dengan cara khas ala +62

Karena jika kita bandingkan dengan Indonesia, daun pisang termasuk mudah mendapatkannya dan harga perikat yang berisi 5-10 lembar pisang paling hanya seharga IDR.5.000,-, belum lagi banyak yang bisa memetik langsung daun teresbut dari kebun mereka.

Bukan cuman di Jepang, di Australia juga menjual daun pisang dengan harga fantastis.

Ternyata tingginya harga daun pohon pisang bukan hanya terjadi di Jepang, melainkan juga di Australia. Di negara yang terkenal akan Koala-nya, daun banyak manfaat ini terjual dengan harga AUD 6,90 atau setara dengan IDR.74.000,-.

via Twitter @ikaapr

Bahkan bukan hanya daun tanaman ini saja, melainkan ada juga beberapa netizen yang kemudian mengunggah foto berbagai makanan di luar Indonesia yang harganya selangit. Padahal di Indonesia semuanya terbilang mudah kita temukan dan harganya relatif bersahabat di kantong.

Salah satunya adalah sebuah nangka yang mencapai harga ¥19.200 atau setara dengan IDR.2.700.000,- bahkan unggahan lain juga memamerkan kalau bibit buah pisang di Korea harga jualnya mencapai 230.000 WON (2,8 Juta)!

Sudah pasti kabar ini membuat banyak netizen geleng-geleng. Kadang hal yang sederhana beneran bisa mendatangkan uang sebanyak itu. Tapi jangan mudah tergiur juga ya. Tentu realitanya di pasaran tak semudah yang ada di bayangan kita.

Daun pisang sendiri merupakan komoditi yang banyak fungsi dan memang nilai jualnya masih menjanjikan. Hanya sajal kalau di dalam negeri ya jangan bayangkan keuntungannya bakal setinggi yang diberitakan.

Source : Detik.com

Baca juga : Pandemi Covid-19 Bikin Harga Hotel Jadi Super Murah, Berani Coba?

Ok, pindah ke Jepang terus tanem pohon pisang apa yah?

close

Jual Daun Pisang Bikin Kaya? Kok Bisa?

Search
close