Supreme Ulang Tahun ke-26! Ini Kolaborasi Terbaik Mereka!

access_time 2 tahun yang lalu

April 1994, James Jebbia mendirikan Supreme di New York.

Selama 26 tahun terakhir, Supreme New York sering kali merilis artikel dengan tema kolaborasi. Tidak jarang kolaborasi tersebut menjadi sesuatu yang sangat dinantikan oleh para fans atau bahkan penikmat ‘street-wear’.

Bermula dari toko kecil di Lafayette Street, Manhantan, perlahan James Jebbia berhasil bekerjasama dengan brand-brand papan atas dan menciptakan sesuatu yang berbau limited, dan tidak jarang kolaborasi tersebut dituangkan pada output yang terkadang di luar nalar.

So without further redo, ini dia kolaborasi terbaik Supreme yang wajib lo ketahui sebelum brand ini meledak di Indonesia pada tahun 20017 silam ;

Supreme Taxi Driver Tees

Kaos Supreme Taxi Driver
via Upproxx

Salah satu kaos pertama yang di rilis Supreme tahun 1994 adalah Taxi Driver tee yang menampilkan screenshoot dari film Taxi Driver yang diperankan oleh Robert DeNiro.

Saat itu, kaos tersebut dengan 8 warna berbeda.

Supreme x Bape Logo Tee

Ini adalah kolaborasi terbaik Supreme dengan BAPE yang rilis di tahun 1998, dan bisa dibilang sangat sederhana karena hanya berupa Logo Box yang mengkombinasikan logo Supreme dan motif  camo yang menjadi signature BAPE. Banyak yang menilai kalau kolaborasi ini menunjukan sisi kesederhaan dari kedua brand.

FYI, BAPE ditemukan Nigo pada tahun 1993.

Supreme x Brooklyn Machine Works

Masih dari tahun yang sama, yaitu 1988. Kolaborasi ini hanya dirilis dalam jumlah yang sangat minim, yaitu 36 buah dan menjadi salah satu kolaborasi terlangka dari Supreme. Kabarnya salah satu dari pemilik sepeda tersebut adalah pelantun lagu Tears in Heaven, Mr. Eric Clapton.

Supreme x Keith Haring

Kolaborasi antara Supreme dengan Keith Haring di tahun 1998 bukan hanya soal dua entitas, melainkan menggabungkan kultur hip-hop dan kultur skater. Di mana kolaborasi tersebut menampilkan salah satu karya Keith HaringDog‘ yang merupakan salah satu yang terkenal dari gaya grafittinya.

Supreme x Gucci Sticker and Box Logo Tee

Memasuki milenium baru, tepatnya di tahun 2000 awal, Supreme bekerja sama dengan Gucci untuk merilis logo box tee dan sticker yang terinspirasi dari color palet khas Gucci. Lucunya, Gucci terkenal sebagai brand yang sangat protekfit terhadap logo mereka, namun pada kesempatan ini sepertinya mereka tidak bermasalah dengan Supreme yang saat itu sedang naik daun.

Supreme x Louis Vuitton Sticker and Box Logo Tee

Masih di tahun 200, Setelah Gucci kini Supreme menggaet Louis Vuitton. Sayangnya kolaborasi tersebut nampaknya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan Louis Vuitton dan rilisan kolaborasi tersebut ditarik dari display-display di toko selang dua minggu setelah dirilis. Hal tersebut malah menjadikan koleksi ini termaksud dalam kategori rare.

Supreme x Kaws

Salah satu karya terpouler Brian Donnelly, orang di balik KAWS adalah karakter ‘Companion‘. Di mana karakter tersebut sering sekali dipilihnya untuk ditampilkan pada karya miliknya.

Di tahun 2001, KAWS bekerjasama dengan Supreme dan merilis 150pcs kolaborasi mereka, dan saat ini salah satu dari kolaborasi tersebut bisa lo beli dengan harga 6.000 US Dollar!

Supreme x Nike Dunk Low SB

Setelah merilis shirt ‘F*ck Nike‘, secara mengejutkan Supreme memutuskan untuk melakukan kolaborasi dengan Nike di tahun 2002, and as you know the rest is history.

Kolaborasi Dunk Low SB ini seakan menjadi pembuka jalan hubungan mesra antara Supreme dan Nike.

Supreme x Nike Dunk High Pro SB

Di tahun berikutnya, 2003, lagi-lagi Supreme bekerja sama dengan Nike dan merilis Nike Dunk High Pro SB. Meskipun tidak seramai kolaborasi sebelumnya, sepatu ini bisa dibilang menjadi salah satu most have item bagi para Supremeenthusiast ataupun sneakerhead.

Supreme x Public Enemy

Loncat ke tahun 2006, Supreme x Public Enemy bisa dibilang sebagai salah satu kolaborasi ter-dope mengingat kedua brand ini menggabungkan logo mereka. Setiap artikel menampilkan sebuah grup foto, logo icon target atau kalimat ‘The Goverment’s Responsible‘.

Supreme x The North Face

 

Supreme x The North Face
via Upproxx

Fashion dipadupadankan dengan fungsi, itulah kalimat yang pas menggambarkan kolaborasi antara Supreme dengan The North Face tahun 2007 silam. Kolaborasi tersebut dirilis secara ekslusif oleh Supreme dan sekali lagi brand tersebut berhasil mengaet pasar yang lebih luas yaitu pecinta outdoor dan petualang.

Supreme x Oakley

Supreme x Oakley
via Uprroxx

Tahun 2007, Supreme merilis kolaborasi dengan brand kacamata terkenal yaitu Oakley. Bukan hanya kacamatanya melainkan dari case dan juga strap-nya.

Supreme x Joe Cool

Kaos Supreme x Joe Cool
via Upproxx

Siapa Joe Cool? Dia adalah penggiat seni yang karyanya digunakan oleh Snoop Dogg’s sebagai cover album ‘Doggystyle‘. Kolaborasinya dengan Supreme juga dikenal dengan julukan ‘Supreme Supper‘, di mana karyanya terlihat seperti lukisan terkenal milik Leonardo da Vinci.

Supreme x Budweiser

Supreme x Budweiser
via Uprroxx

Di tahun 2009, Supreme mengeluarkan kolaborasi mereka dan menggaet salah satu merek beer, Budweiser untuk artikel Spring/Summer 2009.

Supreme x The Clash

Supreme x The Clash
via Uprroxx

Tahun 2010, Supreme berkolaborasi dengan salah satu band, yaitu The Clash. ‘Playing by your own rules and making art out of any situation‘, begitulah pesan yang ingin disampaikan kedua brand melalui kolaborasi ini.

Supreme x Popeye

Supreme x Popeye
via Uprroxx

Egdy dan dope, itulah definisi yang cocok untuk setiap kolaborasinya. Di tahun yang sama, 2010, Supreme memilih salah satu karakter kartun terfavorite yang gemar memakan bayam alias Popeye. Ada 4 iterasi berbeda dari kolaborasi tersebut.

Supreme x Playboy

Siapa tak kenal logo ‘kelinci’ dari Playboy? Supreme pun memilih untuk berkolaborasi dengan brand tersebut di tahun 2011, dan tahun tersebut bukan hanya berkolaborasi dengan Playboy, melainkan Supreme juga menggaet Anti Hero dan Vans.

Supreme x Japan Red Cross Society

Supreme x Japan Red Cross Society
via Uprroxx

Tahun 2011, Jepang di hajar oleh tsunami dan Supreme memutuskan untuk membuat sebuah artikel yang hasilnya secara 100% diberikan kepada Japan Red Cross Society untuk dapat membantu para korban kembali bangkit dari keterpurukan tersebut.

Nice move Mr. Jebbia!

Supreme x Vans x Campbell’s

Supreme x Vans x The Campbell's
via Uprroxx

Kolaborasi ketiga brand yang dirilis tahun 2012 tersebut merupakan salah satu favorite dari banyak orang, bagaimana tidak ketika ketiga logo brand tersebut bersatu padu dan dituangkan pada topi, sepatu dan kemeja. Benar-benar menyenangkan!

Supreme x Rawlings

Kolaborasi yang dilakukan oleh Supreme, tidak melulu soal fashion. Salah satunya adalah ketika di tahun 2012 brand tersebut merilis kolaborasi yang output-nya adalah sarung tangan baseball.

Supreme x Commes des Garcons

Supreme CDG 2013  Supreme x Commes des Garcons

Hanya Comme des Garcons yang bisa ‘mengacak-ngacak’ logo brand besutan James Jebbia, kolaborasi dengan pattern yang menarik dipadupadankan dengan logo Supreme yang di mirror tersebut rilis di tahun 2013.

Supreme x Clark

Supreme x Clark's
via Uprroxx

Clarks yang di kenal sebagai brand leather shoes, akhirnya bekerja sama dengan Supreme di tahun 2013.  Supreme kemudian menyulap Clarks yang identik dengan sepatu formal menjadi sesuatu yang fresh dan masuk ke pasar streetwear. Berbahan premium nubuck suede kolaborasi ini menampilkan pattern peta pada bagian upper-nya.

Supreme x Rolex Submariner

Di tahun 2013, Supreme berkolaborasi dengan brand jam tangan papan atas yaitu Rolex. Jam tersebut menampilkan tulisan ‘Fuck Em’ pada bagian depan dan pada bagian belakang terdapat ukiran logo box, sayangnya jam tersebut tidak pernah dirilis secara publik. Hanya sedikit orang yang punya koleksi ini, sebut saja F&F (Friends and Family). Di tahun 2015, Stadium Goods terlihat menjual jam tersebut seharga 50.000 US Dollar, namun kemudian hilang dari website.

Supreme x Jean-Michel Basquiat

Supreme x Jean Michel-Basquiat
via Uprroxx

Jean-Michel Basquiat bisa dibilang tokoh yang popular yang sering mengirimkan pesan sosial lewat sebuah seni dan hampir semua brand setidaknya pernah berusaha bekerja sama dengannya. Tahun 2013 giliran Supreme menciptakan sesuatu bersamanya.

Supreme x Nike Air Force 1 High

Supreme x Nike Air Force 1 High
via Uprroxx

Sebelum ditahun berikutnya Supreme merilis kolaborasi Jordan, di tahun 2014, mereka bekerja sama dengan Nike untuk merilis Air Force 1 berbahan leather dengan logo yang di embos. Sepatu ini menjadi salah satu collector item dan uniknya tidak rilis di toko Supreme yang ada di New York.

Supreme x Nike Air Jordan 5

Supreme x Nike Air Jordan 5
via Uprroxx
Tahun 2015, Supreme berkolaborasi kembali dengan Nike. Kali ini mereka menggunakan siluet Air Jordan 5 dan memberikan 3 pilihan warna bagi para fans. Banyak yang menyebut kalau rilisan ini adalah GOAT + GOAT, dan merupakan salah satu yang sulit untuk ditemukan.

Never ending story of colaboration

Bicara soal kolaborasi Supreme dengan brand lain seperti sebuah pembicaraan yang tidak berujung, setelah kolaborasi epic dengan Nike lewat Air Jordan V, Supreme terus membordarir para fans dengan jadwal rilis mingguan yang tidak pernah berhenti.

Supreme x Fender Stratocaster
via Klekt
Supreme x Honda CRF 250R Dirt Bike
via Klekt
Supreme x Stern Pinball Machine (2018)
via Klekt

Mulai dari kartu Metro, mini bike sampai dengan dirt bike, gitar Fender dan mesin pinball dan seterusnya, Supreme seakan tidak pernah berhenti berinovasi dalam setiap kolaborasi mereka. Meskipun sering diluar nalar, nyatana kolaborasi mereka tidak pernah gagal dan selalu menjadi incaran semua orang, termaksud kolaborasi dengan Oreo.

Well i’m never a fan of Supreme, tapi soal kreatifitas rasanya brand ini bisa dibilang berhasil memecahkan batasan dari sebuah kolaborasi ataupun output dari sebuah karya.

Baca juga: Yuk Intip Kolaborasi Supreme X Nike Berikutnya

 

close

Supreme Ulang Tahun ke-26! Ini Kolaborasi Terbaik Mereka!

Search
close