ūü¶¶4 Hal Tentang Sugar Glider, Hewan Mungil dengan Harga Fantastis

sugar glider
access_time 1 bulan yang lalu

Memelihara hewan merupakan bentuk self healing yang tergolong mudah. Sebab, ketika kita sedang membutuhkan hiburan, cukup bermain dengan mereka beberapa saat dan seketika perasaan kalut pun hilang. Banyak yang memelihara binatang berupa kucing, anjing, burung, ataupun kelinci. Namun apabila kamu ingin yang berbeda, bisa mencoba yang namanya sugar glider. Hewan mungil ini sangat lincah dan menggemaskan. Kalau kamu ingin mencoba untuk memeliharanya, bisa simak berbagai informasinya di bawah ini. 

  • Fakta sugar glider¬†

Pertama-tama, mari membahas dulu mengenai berbagai macam fakta dari binatang menggemaskan ini. Yuk simak ulasannya. 

Mirip dengan tupai terbang 

sugar glider
Via: IDN Times

Hewan yang mempunyai nama latin Petaurus Breviceps ini mempunyai selaput yang memanjang di antara kaki depan dan belakang. Hal ini membuat banyak orang beranggapan kalau hewan ini adalah tupai terbang. Padahal, keduanya adalah spesies yang sangat berbeda. 

Untuk perbedaannya, sugar glider termasuk hewan marsupial, sedangkan tupai terbang merupakan binatang pengerat. Lalu, untuk fisiknya, sugar glider mempunyai garis dan corak pada bagian atas kepalanya, sedangkan tupai terbang tidak memiliki corak apapun. 

РDapat melompat hingga jarak 50 meter 

sugar glider
Via: IDN Times

Siapa sangka, hewan satu ini bisa melompat sejauh 50 meter. Kemampuannya ini biasa ia gunakan untuk mencari makanan di habitat asli atau menghindari para predator. 

– Pemberian nama yang ternyata ada asal usulnya

sugar glider
Via: Halodoc

Saat pertama kali mendengar nama hewan ini, pasti semua akan merasa bahwa namanya cukup unik. Ternyata, nama ini ada asal-usulnya, lho. Sugar berasal dari makanan yang ia suka dengan rasa manis. Contohnya saja seperti buah-buahan segar. Sedangkan nama glider berasal dari selaput yang memanjang pada bagian kaki hingga tangannya.

РMampu hidup sampai 10 tahun 

sugar glider
Via: Love and Care For Your Beloved Pet

Walaupun hewan ini sangat kecil dengan ukuran panjang 24 Р30cm, ia mampu bertahan hidup sampai 10 tahun. Akan tetapi, jika dipelihara dengan baik, ia dapat hidup hingga 15 tahun lamanya. Namun ini akan berbeda ketika ia berada di habitat aslinya, karena rentang hidupnya bisa menjadi lebih singkat. Alasannya karena terdapat gangguan dari predator alami lain. 

РMempunyai kantong seperti kanguru 

sugar glider
Via: IDN Times

Hewan ini ternyata punya kantong di bagian perut, sama seperti kanguru. Fungsinya adalah untuk membesarkan serta melindungi anak-anaknya yang masih kecil. Uniknya, kantong tersebut bisa mengecil dan membesar dengan fleksibel. 

– Masa kehamilan yang hanya berlangsung 15-17 hari

sugar glider
Via: Moonglade

Sugar glider ternyata mempunyai masa kehamilan yang terhitung singkat, yaitu 15-17 hari lamanya. Bahkan ukuran bayinya juga hanya 0,2 gram dan akan tinggal di kantong induknya selama 8 sampai 10 minggu. 

РMerupakan hewan nokturnal 

sugar glider
Via: Hallopet

Fakta lainnya adalah hewan ini merupakan binatang nokturnal atau aktif di malam hari. Di mana mereka akan tidur pada siang hari dan bangun ketika malam. Matanya yang besar mampu membantu mereka untuk melihat di malam hari. 

  • Jenis sugar glider¬†

Sugar glider ternyata mempunyai banyak sekali jenisnya. Berikut adalah ulasannya. 

РClassic grey 

sugar glider
Via: Shopee Indonesia

Pertama ada Classic grey. Jenis ini sangat banyak ditemui di pasaran dan paling populer. Ia mempunyai ciri-ciri warna abu-abu, garis punggung berwarna hitam, dan perut bawahnya berwarna putih. Harganya sendiri sekitar Rp4,5 juta hingga Rp9 juta. 

РMosaic  

sugar glider
Via: OLX

Jenis lainnya ada Mosaic. Cirinya adalah lebih banyak warna putih pada bagian tubuhnya. Selain itu, terdapat corak dan guratan berwarna abu muda di bagian punggung. Untuk polanya sedikit acak. Kalau kamu ingin membelinya, harganya mulai dari Rp5 juta sampai Rp30 juta. 

РLeucistic 

sugar glider
Via: Shopee Indonesia

Selanjutnya ada Leucistic yang punya warna putih bersih pada bagian tubuhnya. Untuk harganya tergolong mahal, karena bisa mencapai Rp16 juta. 

РAlbino  

sugar glider
Via: Bukalapak

Untuk jenis Albino agak susah untuk dicari. Karena ini merupakan kelainan pigmentasi kulit pada Sugar Glider. Sehingga warna tubuhnya menjadi putih keseluruhan. Bedanya dengan jenis Leucistic adalah dari bola matanya yang berwarna merah. Harganya sendiri dibanderol mulai dari Rp6 juta. 

РBlack Beauty  

sugar glider
Via: Tokopedia

Kemudian ada Black Beauty yang warnanya cenderung lebih gelap dari jenis lainnya. Warna dasarnya adalah perpaduan hitam dan putih yang membuatnya tampak lebih indah. Harganya cukup bervariasi, ada yang Rp5 juta bahkan Rp10 juta. 

РFace Black Beauty 

sugar glider
Via: Petsvills

Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, jenis ini juga mempunyai tubuh dominan warna hitam. Selain itu, lingkar matanya kecil dan area hidungnya menonjol. Tak heran jika jenis ini bisa dihargai sampai Rp12 juta. 

РCaramel 

sugar glider
Via: Youtube

Ada juga yang berjenis Caramel. Ciri khasnya adalah warna tubuhnya yang caramel, sehingga sangat indah apabila dilihat. Jenis yang dapat ditemukan di Merauke ini biasanya dipatok dengan harga mulai dari Rp5 juta. 

РCremeino  

sugar glider
Via: The Pet Glider

Kemudian ada Cremeino dengan warna krim dan unsur kemerah-merahan. Garis punggungnya berwarna merah dan coklat, serta mata berwarna merah delima. Untuk mendapatkannya, kamu wajib menyiapkan dana sekitar Rp20 juta. 

РWhite Face  

sugar glider
Via: OLX

Kalau jenis ini hampir sama dengan Classic Grey. Bedanya ada pada bagian wajahnya yang bulunya putih dan tidak ada lingkaran hitam di bagian matanya. Untuk harganya cukup bervariasi, bisa dimulai dari Rp1 juta. 

  • Makanan untuk Sugar Glider¬†

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sugar glider suka makanan yang manis. Nah, ada beberapa makanan yang direkomendasikan bagi kamu yang punya hewan ini. Selain mudah didapat, harganya juga cukup terjangkau. 

РPepaya 

sugar glider
Via: Lifestyle Kompas

Pertama, ada pepaya yang bisa melancarkan proses pencernaan hewan nokturnal satu ini. Cara menyajikannya cukup potong buah pepaya menjadi ukuran kecil dan letakkan pada tempat makanannya. 

РPisang 

sugar glider
Via: Aladokter

Buah pisang juga baik untuk kesehatan sugar glider. Kamu cukup memotong pisangnya menjadi kecil-kecil, lalu berikan pada hewan peliharaanmu. 

РApel 

sugar glider
Via: Jovee

Buah apel juga sangat direkomendasikan untuk hewan marsupial satu ini. Selain rasanya sangat segar, buah ini baik untuk menstimulasi giginya karena teksturnya yang agak keras. 

РSemangka 

sugar glider
Via: CNNIndonesia

Selanjutnya adalah buah semangka yang mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan dan memperlancar pencernaan. 

РUbi jalar 

sugar glider
Via: Bola

Ada juga ubi jalar yang baik untuk kesehatan dari sugar glider. Ini karena ubi jalar mempunyai karbohidrat yang tinggi di dalamnya. 

РKubis 

sugar glider
Via: CNNIndonesia

Selain itu, ada kubis yang juga bisa menjadi makanan dari sugar glider. Di dalamnya terdapat beberapa vitamin yang dapat menjaga kesehatan hewan kecil ini. 

  • Cara memelihara¬†

Untuk yang ingin memelihara sugar glider, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Contohnya seperti di bawah ini. 

РMengenali perilaku dan karakteristiknya 

sugar glider
Via: OLX

Binatang kecil ini memang merupakan hewan yang sangat menyenangkan dan ceria. Namun jangan lupa, jika binatang ini suka hidup berkoloni. Maka dari itu, lebih baik untuk memelihara secara berpasangan agar tidak kesepian. 

РMemilih kandang dengan benar 

sugar glider
Via: Info Binatang

Untuk kandang, ukuran minimumnya adalah tinggi 36 inch dan lebar 24 inch bagi sepasang hewan ini. Kemudian, hindari kandang yang terbuat dari baja galvanis, lantaran bisa berkarat yang dapat mengakibatkan hewan terserang infeksi kandung kemih. Jadi, kamu bisa menggunakan kandang dari jaring dengan jeruji horizontal agar bisa dipakai memanjat. 

РMenyiapkan baki di bawah kandang 

sugar glider
Via: Dictio Community

Jangan lupa untuk menyiapkan baki berukuran besar di bagian bawah kandang. Fungsinya adalah untuk menampung sisa makanan dan kotoran, sehingga mudah dibersihkan. 

РMemberikan makanan dan minuman sehat 

sugar glider
Via: Haipedia

Kemudian berikan makanan dan minuman yang sehat untuk hewan ini. Pastikan bahwa makanan dan minuman tidak mengandung zat pewarna, pengawet, dan pemanis buatan. 

Demikianlah berbagai informasi mengenai sugar glider. Mulai dari fakta menariknya sampai dengan cara memeliharanya. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memeliharanya, harus benar-benar dirawat, ya. Jangan sampai kamu menelantarkan hewan mungil satu ini. 

close

ūü¶¶4 Hal Tentang Sugar Glider, Hewan Mungil dengan Harga Fantastis

Search
close