Kanguru Indonesia, Spesies yang Kurang Terkenal dan Hampir Punah! Bagaimana Rupa dan Bentuknya?

Kanguru Indonesia, Spesies yang Kurang Terkenal dan Hampir Punah! Bagaimana Rupa dan Bentuknya?
access_time 12 bulan yang lalu

Ternyata kangguru bukan hanya ada di Australia, melainkan Indonesia juga punya!

Meski kangguru selama ini populer sebagai salah satu satwa khas Australia, ternyata Indonesia juga memilki Kanguru loh!

Kangguru tersebut berasal dari Papua dan merupakan jenis kanguru pohon mantel emas atau lebih dikenal dengan sebutan Dendrolagus pulcherrimus.

Baca juga : Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik Sampai Kota Medan!

Kenapa diberi nama kanguru mantel emas? Bagimana sih rupa kanguru itu?

Kangguru asal Papua ini termasuk satwa marsupial atau mamalia yang memiliki kantung diperutnya dan makanannya adalah buah-buahan serta biji-bijian.

Ternyata kanguru bukan hanya ada di Australia, melainkan Indonesia juga punya!
via Good News From Indonesia

Bagian tubuhnya di’tutupi‘ oleh rambut halus berwarna coklat muda, ia juga memiliki ekor yang panjang dengan motif lingkaran seperti cincin dengan warna lebih cerah.

Kenapa diberi nama kanguru mantel emas? Bagimana sih rupa kanguru itu?
via GenPi.com

Pada bagian leher kangguru ini, pipi dan kakinya dihiasi warna kuning keemasan dan itulah sebanya hewa ini diber sebutan kangguru mantel emas.

Baca juga : Ikan Mas Raksasa “Gaib” Seberat 15 Kg Ditemukan di Danau Toba, Warga Setempat Kaitkan dengan Bencana

Kapan pertama kali kanguru Indonesia ini pertama kali ditemukan?

Jenis ini kangguru ini pertama kali ditemukan pada 1990 oleh Pavel German di Gunung Sapapu, Pegunungan Torricelli, Papua Nugini di ketinggian 680 – 1.700 meter diatas permukan lain.

Kemudian populasi lainnya juga ditemukan di wilayah terpencil Pegunungan Foja, Papua, Indonesia. Panjang tubuh hewan ini berkisar dari 41-77 cm dengan panjang ekor 40-80cm dan berat sekitar 7-15 kilogram. Kanguru mantel emas lebih sering menghabiskan waktu di pepohonan dan sesekali turun ke tanah untuk mencari sumber air minum.

Kapan pertama kali kanguru Indonesia ini pertama kali ditemukan?
via Facebook.com

Johan Koibur, peneliti dari Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati Universitas Papua (UNIPA) Manokwari mengatakan kalau keberadaan jenis kangguru pohon mantel emas memang masih belum banyak diketahui orang karena termasuk dalam kategori hewan langka.

Sampai sekarang pun belum banyak penelitian dan informasi lebih detail mengenai spesies ini baik secara perilaku, biologi maupun ekologinya Bahkan banyak yang menduga kalau kangguru ini sudah punah, namun hal tersebut masih harus dibuktikan dengan fakta ilmiah.

Informasi terbaru yang memastikan keberadaan kangguru pohon mantel emas adalah penemuan kembali oleh tim peneliti gabungan dalam Ekspedisi Foja di akhir 2005, di Pegunungan Foja, Distrik Membramo Tengah, Papua.

Baca juga : Kucing Kementerian Luar Negeri Inggris Ini Pensiun, Emang Apa Kerjanya?

Kanguru pohon mantel emas terancam punah karena kerusakan hutan dan perburuan

Pada tahun 2015, The International Union for Conservation of Nature (IUCN) merilis status yang menyebutkan kalau kanggur pohon mantel emas ada dalam kategori kritis (Critically Endangered/CR) karena populasinya di alam terus menurut akibat kerusakan hutan dan perburuan.

Catatan tersebut juga menyebutkan kalau populasi dari spesies tersebut menurun sebanyak 80 persen dalam 30 tahun terakhir.

Kanguru pohon mantel emas terancam punah karena kerusakan hutan dan perburuan
via Greeners.co

Seperti dikutip dari Mongabay Indonesia, Amar Ondikeleuw selaku Koordinator Masyarakat Mitra Polhut dan Ranger di Cagar Alam Cyclops, menyebutkan kalau dalam beberapa tahun terakhir hewan ini selalu dijadikan buruan dan kemudian diolah sebagai bahan makanan.

Dirinya mengaku pernah menemukan warga yang berburu kanguru dan bahkan ada juga warga lokal yang dengan bangga membawa hasil buruannya. Dirinya berharap kalau kedepannya akan lebih banyak orang yang sadar dan memperhatikan kondisi ini.

Lebih lanjutnya juga melakukan upaya penelitian dan konservasi terhadap jenis kanguru pohon mantel emas. “Yang paling penting bisa membantu kami memberikan edukasi dan penyadaran pada warga lokal agar mau bersama menjaga dan melestarikannya,” begitu jelas Amar.

Baca juga : Mie Ayam 5 Ribu? Seperti Apa Rasa dan Porsinya?!

Selain kanguru pohon mantel emas, ternyata masih ada beberapa jenis lain yang hidup di Papua

Fakta lainnya membeberkan bahwa sebenarnya selain kanguru pohon mantel emas, Papua memiliki beberapa jenis lainnya, yaitu ;

  • kanguru pohon hias (Dendrolagus goodfellowi)
  • kanguru pohon mbaiso (Dendrolagus mbaiso)
  • kanguru pohon nemena (Dendrolagus ursinus)
  • kanguru pohon kelabu (Dendrolagus inistus)
  • dan kanguru pohon doria (Dendrolagus dorianus)

Semua jenis kanguru pohon ini memiliki kekhasan masing-masing, mereka sendiri merupakan satwa endemik Papua dan mereka hidup hampir di seluruh wilayah Papua.

Source : Good News From Indonesia

Sayang banget nih kalau sampai punah, yuk sebarkan ke teman Lo, biar semakin banyak orang yang aware dengan kanguru asal Indonesia ini!


close

Kanguru Indonesia, Spesies yang Kurang Terkenal dan Hampir Punah! Bagaimana Rupa dan Bentuknya?

Search
close