✨ 6 Bentuk Sedekah di Bulan Ramadan

sedekah di bulan ramadan
access_time 3 bulan yang lalu

Bulan puasa adalah kesempatan umat Islam untuk memperbanyak pahala. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sedekah di bulan ramadan. Namun, banyak yang menganggap kalau sedekah selalu berhubungan dengan materi. Padahal, ada bentuk lain dari sedekah yang bisa dilakukan. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya. 

Mengajarkan Al Quran 

sedekah di bulan ramadan
Via: Cantik Tempo

Sedekah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengajarkan al quran. Kamu bisa mengajarkannya kepada orang-orang terdekat. Misalnya saja seperti keluarga sendiri atau tetangga. Dengan kamu melakukan seperti ini, sama saja memberikan ilmu kepada orang lain. Kerennya lagi, sedekahmu ini akan dianggap sebagai amal yang terus mengalir sepanjang masa karena ilmunya akan terus terpakai. 

Menyediakan hidangan untuk berbuka 

sedekah di bulan ramadan
Via: Tribun Jogja

Selanjutnya adalah dengan menyediakan hidangan untuk berbuka puasa. Sedekah dengan cara ini ternyata bisa mendapatkan pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala bagi yang berpuasa. Mungkin hal ini terlihat mudah, tapi sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan karena masih banyak orang yang keberatan mengeluarkan tenaganya guna menyiapkan hidangan buka puasa

Menyediakan hidangan untuk sahur 

sedekah di bulan ramadan
Via: Lifestyle Bisnis

Selain berbuka, kamu juga bisa menyiapkan hidangan untuk sahur. Kamu dapat menyiapkan untuk tetangga maupun saudara. Nah, kalau ingin mendapatkan pahala yang lebih banyak, bisa membagikan makanan sahur kepada orang yang kurang mampu. Cara yang biasa dilakukan untuk menjangkau orang kurang mampu adalah dengan melaksanakan sahur on the road

Membangunkan sahur 

sedekah di bulan ramadan
Via: Good News From Indonesia

Bentuk sedekah lainnya yaitu membangunkan sahur. Yap, membangunkan orang lain sahur termasuk ke dalam sedekah bentuk tenaga. Karena dengan ini, kamu bisa membuat orang lain tidak telat sahur, sehingga puasanya dapat berjalan lancar seharian. Kalau kamu keberatan untuk berkeliling sebagai geng patrol, kamu cukup membangunkan kerabat dengan chat atau telepon. 

Membagikan informasi yang bermanfaat 

sedekah di bulan ramadan
Via: 60dtk

Cara lainnya adalah dengan membagikan informasi yang bermanfaat. Dibantu dengan adanya teknologi saat ini, akan mempermudah kamu untuk membagikan informasi. Seperti halnya konten instagram orang lain, yang bisa langsung kamu share di instagram story. Atau bisa juga dengan artikel-artikel di website yang dapat kamu bagikan ke kerabat melalui aplikasi chat

Memberikan paket hari raya untuk orang yang kurang mampu 

sedekah di bulan ramadan
Via: Upperline

Sedekah di bulan ramadan lainnya bisa dilakukan dengan cara memberikan paket hari raya untuk orang yang kurang mampu. Paket hari raya tersebut bisa berupa sembako atau kue lebaran. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan. Cara ini selain bisa menambah pahala, juga dapat menyenangkan hati orang yang diberi paket hari raya. 

Itulah beberapa bentuk sedekah di bulan ramadan. Kamu yang melakukan salah satunya, akan mendapatkan beragam keutamaan, seperti bisa menghapus dosa, pahala berlipat ganda, dan hati menjadi bahagia. Bagaimana, sudah siap untuk bersedekah mulai hari ini? 

 

close

✨ 6 Bentuk Sedekah di Bulan Ramadan

Search
close