📖10 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadan, Kalian Pasti Bisa

al quran
access_time 1 tahun yang lalu

Di Bulan Ramadan seperti ini, umat Islam sudah pasti sedang berusaha untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Oleh karenanya, mereka rela melakukan apa saja yang agar pahala diri terus bertambah di bulan yang penuh berkah ini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan membaca Al Quran. 

Nah, banyak orang yang ingin mengkhatamkan kitab Agama Islam ini di Bulan Ramadan. Namun sayangnya, banyak yang belum tahu bagaimana caranya. Maka dari itu, kini USSFeed akan membahas tips dan trik untuk mengkhatamkan Al Quran dalam satu bulan. Bagi yang ingin tahu, bisa simak ulasan di bawah ini, ya. 

Membaca Al Quran Sebanyak-banyaknya di Awal Ramadan 

al quran
Sumber: unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan membaca surat sebanyak-banyaknya di awal Ramadan. Ini karena, sudah pasti semua orang yang beragama Islam sedang semangat-semangatnya membaca kitab ini. Kalian bisa membagi bacaannya sesuai dengan selera. Bisa membaca di setiap waktu salat atau hanya di beberapa waktu salat. Dengan begitu, kemungkinan besar kalian bisa mengkhatamkan kitab ini tepat saat Bulan Ramadan telah habis. 

Mengatur Target untuk Khatam Berapa Kali 

al quran
Sumber: pexels.com/Abdullah Ghatasheh

Kemudian, cara kedua adalah mengatur target untuk khatam Al Quran berapa kali di bulan puasa ini. Kalian bisa khatam mulai dari satu kali sampai dengan enam kali dalam satu bulan penuh. Untuk mengetahui bagaimana caranya, kalian bisa lihat tabel berikut ini. 

Target/bulan Jumlah juz/hari  Maghrib Isya Subuh Dhuhur Ashar
Khatam 1x 1 juz/hari 2 lembar 2 lembar 2 lembar 2 lembar 2 lembar
Khatam 2x 2 juz/hari 3 lembar 3 lembar 3 lembar 3 lembar 3 lembar
Khatam 3x 3 juz/hari 6 lembar 6 lembar 6 lembar 6 lembar 6 lembar
Khatam 4x 4 juz/hari 8 lembar 8 lembar 8 lembar 8 lembar 8 lembar
Khatam 5x 5 juz/hari 10 lembar 10 lembar 10 lembar 10 lembar 10 lembar
Khatam 6x 6 juz/hari 12 lembar 12 lembar 12 lembar 12 lembar 12 lembar

Jadi, kalian bisa memilih sesuai dengan kemampuan kalian. Jika kalian merasa kemampuan membaca belum sempurna, bisa pasang target yang paling rendah. Namun, kalian tak perlu memaksakan kok. Apabila masih butuh banyak belajar dalam membaca, kalian bisa tidak memasang target terlebih dulu. Pasalnya, utamakan belajar untuk lancar daripada harus mengejar khatam apabila belum terlalu mampu. 

Khusus Para Wanita Wajib Membuat Jadwal 

al quran
Sumber: https://www.ruangmuslimah.co/

Bagi kalian para wanita, diharapkan untuk membuat jadwal terlebih dulu sebelum memulai membaca kitab. Alasannya karena pasti para wanita mendapat jadwal menstruasi, sehingga bisa mengurangi jatah untuk mengaji. Oleh karenanya, sebisa mungkin menyisakan waktu untuk membaca beberapa lembar per hari untuk mengganti baca Al Quran ketika kalian sedang mengalami haid. 

Membaca Kitab Antara Adzan dan Iqamah 

al quran
Sumber: https://www.ayobandung.com/

Membaca kitab suci Al Quran ternyata tak hanya bisa dilakukan setelah salat, lho. Namun juga bisa dilakukan sebelum salat. Yaitu antara adzan dan iqamah. Ketika membaca kitab pada waktu ini, ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan. Salah satunya dapat membantu kalian untuk melaksanakan salat tepat waktu. Alhasil, kalian bisa membaca Al Quran setelah salat lebih banyak lagi. 

Membawa Al Quran Kecil untuk Dibawa Ke Mana-mana 

al quran
Sumber: unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Apabila kalian mempunyai waktu yang padat setiap harinya, seperti harus bekerja, tak perlu risau. Kalian bisa menyiasatinya dengan membawa Al Quran kecil yang muat di saku. Dengan membawa kitab mini ini, kalian dapat membaca di manapun dan kapanpun saat sedang senggang. Bisa saat istirahat kerja atau di kendaraan umum. Cara seperti ini sangat ampuh untuk membuat kalian lebih cepat mengkhatamkan Al Quran dan terhindar dari melakukan perbuatan yang percuma. 

Menginstal Al Quran Digital Pada Smartphone  

al quran
Sumber: https://m.kiblat.net/

Kalau kalian tidak ingin ribet, bisa banget untuk menginstal aplikasi Al Quran digital pada smartphone. Ada banyak aplikasi yang dapat kalian pilih. Sampai saat ini, ada sepuluh aplikasi yang sering di-download oleh para pengguna smartphone. Di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Al Quran Indonesia 

Aplikasi satu ini mempunyai beberapa kelebihan. Pertama, terdapat terjemahan yang hadir dengan Bahasa Indonesia. Kemudian yang kedua, tersedia dua tema, berupa dark dan light. Lalu yang ketiga, dilengkapi dengan fitur pause, play, dan, stop. Terakhir, kalian bisa membagikan ayat Al Quran ini langsung ke media sosial. 

  • MyQuran 

Aplikasi ini menyediakan fitur untuk mencari surat di Al Quran, sehingga saat memudahkan para pembaca. Menariknya lagi, aplikasi ini juga menghadirkan doa yang sering digunakan dalam keseharian. Tak hanya itu, ada juga Asmaul Husna di aplikasi satu ini. 

  • Al Quran Al Hadi 

Selanjutnya, ada Al Quran Al Hadi. Pada aplikasi ini, terdapat fitur pencarian surat Al Quran yang sangat unik. Di mana pencarian dibagi menjadi tiga kategori. Seperti berdasarkan tema, berdasarkan kata Arab, dan berdasarkan terjemah. 

  • Al Quran Bahasa Indonesia MP3

Untuk aplikasi satu ini, tidak hanya untuk membaca Al Quran. Namun juga berfungsi untuk mendengarkan ayat-ayat Al Quran. Selain itu, aplikasi ini juga menghadirkan terjemahan dengan berbagai macam bahasa. Kemudian, para pengguna juga bisa men-download satu persatu surat yang ada di aplikasi. 

  • Al Quran (Tafsir & by Word)

Ada juga Al Quran (Tafsir & by Word) yang bisa menjadi rekomendasi. Di mana aplikasi satu ini menyuguhkan tafsiran per kata. Kemudian, kalian juga bisa mendengarkan Qori dari aplikasi lewat fitur audio yang ada. Selanjutnya, ada tajwid yang dicetak warna warni untuk memudahkan para pembaca. Menariknya lagi, terdapat fitur note untuk menyisipkan catatan. 

Mengajak Teman-teman untuk Tadarus Bersama 

al quran
Sumber: pexels.com/Pok Rie

Supaya lebih semangat lagi untuk mengkhatamkan kitab suci Al Quran, kalian bisa mengajak teman-teman. Kalau perlu adakan kompetisi, siapa yang bisa mengkhatamkan Al Quran lebih dulu, akan mendapat reward yang berupa pahala berlimpah. Namun, jangan lupa juga untuk saling mengingatkan apabila ada di antara kalian yang sudah merasa malas untuk mengaji. 

Tetap Konsisten 

al quran
Sumber: https://darunnajah.com/

Untuk menyelesaikan membaca kitab suci satu ini dalam satu bulan, ada hal yang tak boleh kalian lupakan. Adalah dengan tetap konsisten membaca setiap harinya. Ini harus ada sejak kalian mulai membacanya pada awal Ramadan. Karena, jika tidak ada niat untuk tetap konsisten, ditakutkan akan merasa malas membaca di kemudian hari. Tanamkan juga dalam diri, bahwa membaca Al Quran tak hanya untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya, tapi juga berfungsi untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Apabila kalian masih merasa kesulitan untuk membaca Al Quran setiap hari, ada cara yang dapat dilakukan. Berupa memasang pengingat pada ponsel kalian, seperti alarm. Jadi, kalau sudah waktunya, kalian bisa langsung membaca Al Quran secara tepat waktu. Dijamin deh, dengan cara ini, kalian bisa rutin untuk mengaji setiap harinya. 

Jangan Sering Melihat Jam 

al quran
Sumber: unsplash.com/Samantha Gades

Tips lain yang bisa dilakukan adalah hindari melihat jam terlalu sering. Dikarenakan waktu akan terasa lambat ketika dilihat secara terus menerus. Nah, kalau sudah begitu, kalian akan merasa malas untuk melanjutkan dan akan berakhir menjadi menunda. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, jauhkan diri dari jam selama mengaji. Lalu nikmati dan resapi setiap ayat yang kalian baca. 

Membaca Setelah Salat Sunah 

al quran
Sumber: https://prelo.co.id/

Tips lainnya yang dapat dijalankan adalah membaca Al Quran setelah salat sunah. Misalnya saja seperti Salat Dhuha dan Tarawih. Apabila ini dilakukan setiap hari, kemungkinan besar khatam Al Quran akan menjadi lebih cepat dari yang seharusnya. Tak perlu banyak-banyak, setelah salat sunah, kalian bisa membaca sebanyak dua lembar saja. 

Demikianlah beberapa cara untuk mengkhatamkan Al Quran pada saat Bulan Ramadan ini. Semuanya sangat mudah untuk dilakukan, tapi untuk konsistennya agak sulit apabila tidak ada niat dari dalam diri. Maka dari itu, tanamkan niat yang besar di dalam hati untuk bisa menyelesaikan membaca kitab satu ini tepat satu bulan. Selamat mencoba, ya.  

close

📖10 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadan, Kalian Pasti Bisa

Search
close