🤷🏽‍♀️Purging Adalah Proses Adaptasi Kulit, Benar Begitu?

purging adalah
access_time 3 minggu yang lalu

Purging adalah suatu permasalahan pada wajah yang terkadang bikin para wanita bingung. Sebab ciri-ciri dari kondisi ini sama dengan breakout yang diakibatkan oleh ketidakcocokan sebuah produk. Nah, bagi kamu yang masih bingung dengan purging ataupun breakout, bisa simak ulasan berikut ini. 

Pengertian purging adalah 

purging adalah
Via: Popmama

Pertama-tama, kita bahas dulu mengenai pengertian dari purging. Jadi, purging adalah salah satu kondisi di mana wajah sedang menyesuaikan produk yang baru saja digunakan. Kondisi ini bisa berupa gatal atau jerawat pada bagian wajah tertentu. Hal ini sangat wajar terjadi pada semua orang, baik normal hingga sensitif. Pada umumnya, purging ini terjadi ketika wajah dalam kondisi tersumbat dan berminyak. 

Ciri dari purging adalah 

Ada beberapa ciri dari purging yang perlu kamu tahu. Di antaranya adalah berikut ini. 

Kemerahan 

purging adalah
Via: Pakar Bisnis

Ciri pertama adalah wajah kamu mengalami kemerahan. Kamu tak perlu khawatir dengan hal ini. Sebab kemerahan adalah salah satu tanda purging yang masih tergolong ringan.

Mengelupas 

purging adalah
Via: KlikDokter

Kemudian yang kedua adalah kulit mengelupas tipis. Hal ini dapat terjadi di beberapa bagian, bisa dahi, pipi, hidung, maupun dagu. Pengelupasan ini sebagai bukti bahwa produk skincare yang kamu gunakan sedang bekerja. 

Gatal 

purging adalah
Via; SehatQ

Tanda-tanda lainnya yaitu mengalami gatal pada wajah. Tanda ini dapat disebabkan wajah sedang bereaksi terhadap racun yang ada di wajah. Biasanya, rasa gatal yang dirasakan tidak terlalu parah, kok. 

Adanya jerawat 

purging adalah
Via: Liputan6

Untuk tanda yang satu ini memang paling tidak disukai oleh semua orang. Alasannya karena kemunculan jerawat ini dapat mengganggu penampilan. Namun, kamu tak perlu risau lantaran jerawat ini adalah hasil reaksi wajah yang sedang tersumbat minyak atau kotoran. Biasanya, reaksi ini akan muncul setelah kamu menggunakan skincare yang berfungsi untuk meregenerasi kulit. 

Perbedaan breakout dan purging adalah 

Melihat ciri di atas, mungkin hampir sama dengan breakout. Namun sebenarnya ada perbedaannya, lho. Contohnya seperti di bawah ini. 

Tempat terjadinya breakout dan purging  

purging adalah
Via: SehatQ

Lokasi breakout dan purging sangat berbeda, ya. Untuk breakout biasanya muncul pada bagian wajah yang tidak pernah berjerawat. Sedangkan purging terletak di bagian yang sering muncul jerawat. 

Durasi purging dan breakout  

Via: Eva Mulia

Untuk purging pada umumnya tidak terlalu lama, mungkin hanya satu minggu. Sementara breakout bisa terjadi sampai satu bulan lamanya. 

Produk yang digunakan 

Via: KlikDokter

Purging dan breakout bisa terjadi karena kandungan produk yang digunakan. Jika breakout, biasanya terjadi lantaran menggunakan moisturizer, sunscreen, dan produk yang dapat menyumbat pori-pori lainnya. Sedangkan purging dapat diakibatkan oleh produk yang mengandung bahan aktif, seperti beta hidroksi, asam alfa, retinol, dan asam salisilat

Cara mengatasi purging  

Jika kamu mengalami kondisi ini, jangan khawatir. Ada beberapa cara mengatasi purging yang bisa kamu lakukan. Ini adalah tips-tipsnya. 

Tetap memakai skincare  

Via: Suara

Tips pertama adalah tetap menggunakan skincare secara rutin. Namun untuk lebih amannya, kamu bisa pakai dua atau tiga kali seminggu supaya wajah dapat menyesuaikan dengan produk. 

Memakai moisturizer dan sunscreen 

Via: Dream

Cara mengatasi purging lainnya adalah menggunakan moisturizer dan sunscreen setelah memakai produk tersebut. Fungsi pelembap adalah supaya lebih menenangkan kulit agar tak terjadi iritasi. Sementara sunscreen bermanfaat untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari serta membuat skincare dapat bekerja lebih maksimal. 

Tidak menggunakan make up yang terlalu tebal 

Via: Grid ID

Kemudian, selama purging usahakan untuk tidak menggunakan make up yang terlalu tebal. Alasannya karena bisa membuat purging sembuh lebih lama. 

Jadi, sudah tahu kan segala hal mengenai purging? Mulai dari purging adalah sampai dengan cara mengatasinya. Kesimpulannya, untuk meminimalisir purging, akan lebih baik mencari tahu terlebih dulu tentang kandungan pada skincare yang hendak digunakan. 

Baca juga: Fungal Acne, Masalah Kulit yang Hampir Sama dengan Jerawat

close

🤷🏽‍♀️Purging Adalah Proses Adaptasi Kulit, Benar Begitu?

Search
close