🤷‍♀️Fungal Acne, Masalah Kulit yang Hampir Sama dengan Jerawat

fungal acne
access_time 2 hari yang lalu

Fungal acne kerap terjadi pada para wanita sampai saat ini. Hal ini tentu membuat para perempuan merasa insecure lantaran bisa membuat penampilan terganggu. Parahnya lagi, benjolan-benjolan kecil pada wajah ini membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan jerawat pada umumnya. Kalau kamu ingin tahu lebih dalam mengenai kondisi wajah satu ini, bisa simak ulasan berikut. 

  • Pengertian fungal acne

fungal acne
Via: Beauty Journal – Sociolla

Mungkin banyak yang mengira bahwa fungal acne sama dengan jerawat biasa. Padahal keduanya sangat berbeda. Di mana fungal acne adalah salah satu masalah kulit yang disebabkan oleh jamur bernama Malassezia. Bentuknya berupa benjolan kecil dengan jumlah banyak dan berwarna merah. Bahkan, sering kali bisa menimbulkan gatal pada wajah. 

  • Penyebab dari fungal acne 

Ada beberapa penyebab terjadinya masalah kulit satu ini. Contohnya seperti di bawah ini. 

– Kelembapan yang berlebih

fungal acne
Via: Wolipop

Penyebab pertama adalah kelembapan berlebih. Hal ini dapat disebabkan oleh penggunaan jilbab yang terlalu ketat, sehingga jamur bisa tumbuh di beberapa area wajah. Jika seperti ini, biasanya fungal acne akan muncul di bagian pipi dekat telinga. 

– Imun tubuh yang lemah 

fungal acne
Via: HaloDoc

Faktor lain dari kemunculan masalah kulit ini adalah imun tubuh yang lemah. Untuk masalah imun, bisa terjadi saat sejak lahir atau pola hidup di masa sekarang. 

– Mengonsumsi antibiotik 

fungal acne
Via: Kompas Health

Selanjutnya adalah mengonsumsi antibiotik yang fungsinya adalah untuk melawan bakteri. Namun efeknya bisa membuat populasi jamur semakin meningkat. 

  • Ciri-ciri dari fungal acne 

Via: SehatQ

Ada beberapa ciri dari fungal acne yang akan membedakan dengan jerawat biasa. Bisa kamu lihat di bawah ini. 

– Berjumlah banyak 

Hal pertama yang bisa kamu lihat adalah jumlahnya yang cukup banyak. Di mana masalah kulit ini pasti berkelompok, karena jamur selalu mengendap di satu area tertentu. 

– Ukurannya yang kecil 

Untuk masalah ukuran biasanya lebih kecil dibandingkan jerawat pada umumnya. Lalu, terdapat nanah pada bagian dalamnya. 

– Tempat munculnya
Kemudian untuk tempat munculnya biasanya ada di beberapa area wajah. Contohnya hidung, dagu, dan dahi. Ini karena pada area tersebut menghasilkan banyak sekali minyak. 

– Menimbulkan gatal 

Tanda-tanda lainnya adalah menimbulkan gatal. Namun perlu diingat, jika kamu merasakan gatal, sebisa mungkin tidak menggaruknya secara langsung dengan jari. Lebih baik gunakan sapu tangan lembut atau tisu. 

  • Cara menghilangkannya 

Jika kamu mengalami fungal acne pada wajah, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya. 

– Rajin membersihkan wajah 

Via: Goodlife

Kamu perlu rajin untuk membersihkan wajah. Lakukan dua kali dalam sehari, tiap pagi dan juga malam. Fungsinya adalah untuk mencegah pertumbuhan jamur. 

– Menghindari produk dengan bahan Fatty Acid 

Via: Female Daily

Kamu yang menggunakan skincare, coba untuk memeriksa kandungannya. Jika ada yang mengandung bahan Fatty Acid, hentikan untuk sementara. Sebab, kandungan ini bisa membuat jamur berkembang lebih cepat. 

Memakai produk dengan bahan Salicylic Acid 

Via: Female Daily

Sebaiknya, gunakan produk yang di dalamnya terdapat kandungan Salicylic Acid. di mana asam ini bisa membantu untuk mengurangi fungal acne. Kini ada banyak sekali produk skincare yang mengandung asam ini. Contohnya seperti sabun cuci muka, serum, dan lainnya. 

Itulah beberapa informasi mengenai fungal acne. Mulai dari pengertian sampai dengan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu, ya. 

close

🤷‍♀️Fungal Acne, Masalah Kulit yang Hampir Sama dengan Jerawat

Search
close