👩‍✈️4 Fakta Pramugari Kereta Api, Apa Saja Ya?

pramugari kereta api
access_time 4 minggu yang lalu

Profesi di Indonesia sendiri sangatlah banyak dan beberapa di antaranya masih jarang untuk diketahui. Contohnya saja seperti pramugari kereta api yang juga biasa disebut dengan prami. Di mana pekerjaan ini hampir sama dengan pelayan di pesawat, yang membedakan hanya lokasinya dan beberapa aspek di dalamnya. Nah, berikut ini artikel akan membahas mengenai fakta-fakta menarik terkait pekerjaan satu ini. Yuk kita simak sama-sama. 

  • Perbedaan pramugari kereta api dan pesawat 

pramugari kereta api
Via: Upah Minimum

Kalau kamu masih penasaran apa beda pramugari yang ada di kereta api dan pesawat, yuk dibahas satu persatu. 

Kereta api Pesawat
Tidak mempunyai ruangan khusus di kereta. Hanya memiliki ‘ruang rahasia’ yaitu ruangan minimalis yang digunakan untuk beristirahat. Mempunyai ruangan khusus untuk istirahat dan di dalamnya terdapat tempat tidur.
Mendapatkan persenan dari penjualan Resto yang ada di kereta api
Tidak ada sekolah khusus. Oleh karena itu, para pramugari hanya dibekali dari perusahaan. Ada sekolah khusus pramugari.
Pendidikan minimum SMA/SMK Pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas.
  • Pramugari kereta api digembleng oleh TNI 

pramugari kereta api
Via: Warta kota

Siapa sangka, di balik kelembutan dan keramahan dari prami, mereka ternyata mendapat gemblengan dari TNI sebelumnya. Mereka digodok di wilayah Lembang, Jawa Barat selama seminggu penuh. Bahkan, jika mereka melakukan kesalahan, sudah bisa dipastikan akan mendapatkan hukuman. Jadi, tidak heran apabila para prami dan prama mempunyai mental sekuat baja. 

Selain itu, mereka juga dibekali dengan kemampuan medis, khususnya pertolongan pertama. Menariknya lagi, mereka juga diajari mengenai mengobati luka bakar, patah tulang, sampai dengan melahirkan. 

  • Tugas pramugari kereta api 

pramugari kereta api
Via: Money Kompas

Tugas utama dari seorang prami dan prama adalah melayani para penumpang. Namun, di samping itu masih ada banyak lagi tugas dan tanggung jawabnya. Pertama-tama, prama dan prami harus sudah ada di stasiun satu jam sebelum keberangkatan. Tujuannya adalah untuk menghitung barang yang nantinya dijual ke restorasi. Setelah itu, para prama dan prami juga bergantian untuk memeriksa peralatan di restorasi apakah berfungsi dengan baik atau tidak. 

Kemudian, ketika boarding, akan ada satu prami dan prama yang berjaga di peron keberangkatan. Tugas mereka adalah mengarahkan penumpang ke gerbong dan juga tempat duduk apabila diminta. Setelah boarding, prama dan prami masih harus melakukan apel bersama tim yang lain. Apel ini dipimpin oleh prami senior. 

Apabila kereta api sudah berjalan, maka prama dan prami akan masuk ke ruang announcer. Salah satu dari mereka akan mengumumkan kepada para penumpang tentang menu apa saja yang tersedia di restoran

  • Aksi para prami yang sempat viral 

Ada beberapa aksi baik para prami yang sempat viral dan membuat terharu para netizen. Contohnya adalah seperti di bawah ini. 

– Membantu penumpang tuna netra untuk makan 

pramugari kereta api
Via: Suara

Pertama ada video yang diunggah oleh akun TikTok @nadiaparizzz. Pemilik akun bernama Nadia tersebut yang sekaligus sebagai pramugari kereta api membantu menyiapkan makanan untuk penumpang tuna netra. Ia juga mencoba membantu membuka bungkus makanan, sendok, dan meletakkan sendok pada tangan pria tuna netra tersebut. 

– Membantu mengurus bayi penumpang yang ibunya sedang sakit 

pramugari kereta api
Via: Merdeka

Selanjutnya ada prami yang membantu mengurus bayi penumpang yang ibunya sedang sakit. Hal ini membuat para netizen yang melihatnya merasa terharu dan memberi doa terbaik untuk prami.

Itulah fakta-fakta menarik mengenai pramugari kereta api. Setelah melihat berbagai informasinya, apakah kamu tertarik menjadi prama maupun prami? 

close

👩‍✈️4 Fakta Pramugari Kereta Api, Apa Saja Ya?

Search
close