👄 4 Penyebab Bau Mulut Saat Puasa, Wajib Tahu!

access_time 3 bulan yang lalu

Di Bulan Ramadan ini memang banyak hal berbeda dengan bulan-bulan biasanya. Seperti kebiasaan dan kondisi tubuh yang terkadang bikin tidak nyaman bagi sejumlah orang. Salah satunya adalah aroma mulut yang bikin tidak percaya diri untuk bertemu banyak orang. Lantas, apa sih penyebab bau mulut saat berpuasa ini? Simak ulasan berikut. 

Berkurangnya produksi air liur 

penyebab bau mulut
Via: Hello Sehat

Penyebab bau mulut pertama ketika berpuasa adalah kurangnya produksi air liur pada mulut. Air liur ini selalu ada karena setiap hari manusia mengkonsumsi air. Nah, kalau air liur ini jumlahnya berkurang, akibatnya mulut tidak akan bisa dibersihkan secara maksimal dari bakteri penyebab aroma mulut yang kurang sedap. 

Kebersihan gigi yang kurang terjaga 

penyebab bau mulut
Via: KlikDokter

Selanjutnya adalah kebersihan gigi yang kurang terjaga. Ini bisa terjadi karena menyikat gigi yang kurang bersih, sehingga masih adanya sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi, gusi, dan bahkan permukaan lidah. Hal tersebut dapat membuat bau mulut menjadi tidak sedap dan bisa mengundang bakteri berbahaya yang merusak gigi. 

Adanya masalah pencernaan

penyebab bau mulut
Via: IDN Times

Penyebab lainnya adalah terdapat masalah pencernaan. Dimulai dari cairan pencernaan yang terus keluar meskipun sedang berpuasa. Dari kondisi ini, akan membuat lapisan perut mengeluarkan aroma busuk seperti bau makanan basi. Lalu, proses metabolisme yang menggunakan cadangan lemak untuk melepaskan bahan kimia berupa keton yang muncul bersamaan dengan keluarnya nafas. 

Salah makan ketika sahur atau berbuka 

penyebab bau mulut
Via: detikHealth

Jenis makanan yang dikonsumsi ketika sahur atau berbuka sangat berpengaruh dengan aroma mulut. Terutama makanan yang punya aroma sangat menyengat. Seperti makanan yang mengandung bawang putih. Sebenarnya tidak apa-apa mengkonsumsi makanan yang dengan bawang putih, tapi sebaiknya tak terlalu banyak. 

Itulah sejumlah penyebab bau mulut yang sering terjadi ketika berpuasa. Namun kamu jangan khawatir, karena ada beberapa tips untuk hilangkan bau mulut yang sangat mudah untuk dilakukan. Oke, semoga artikel ini bisa membantu, ya. 

close

👄 4 Penyebab Bau Mulut Saat Puasa, Wajib Tahu!

Search
close