Bau Mulut Timbul Saat Berpuasa? Ikuti Tips Ini Biar Nafas Lo Tetap Fresh!

Bau Mulut Timbul Saat Berpuasa? Ikuti Tips Ini Biar Nafas Lo Tetap Fresh!
access_time 1 tahun yang lalu

Dikenal dengan istilah halitosis,

Bau mulut sering kali muncul saat seeorang sedang berpuasa dan meskipun terlihat sepele, masalah tersebut bisa menjadi sangat menganggu orang lain serta membuat orang yang mengalaminya kehilangan percaya diri.

Salah satu alasan kenapa sering terjadi saat berpuasa adalah karena tidak makan dan minum selama berjam – jam dan bisa membuat asam lambung meningkat dan pada akhirnya menguap keluar lewat rongga mulut sehingga membuat nafas tidak sedap. Selain hal itu bisa saja karena ada bakteri di area gigi dan lidah.

Tapi tenang, ternyata ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk agar nafas lo tetap fresh meskipun sedang berpuasa, so here we go ;

Disiplin menyikat gigi secara teratur

Salah satu tips paling mendasar adalah menyikat gigi secara benar dan teratur. Di saat sedang berpuasa, waktu yang paling tepat untuk menyikat gigi adalah setelah selesai makan sahur dan di malam hari, sesaat sebelum tidur.

Meskipun terlihat sederhana, menyikat gigi secara teratur bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi saat sedang berpuasa, serta menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Sariawan juga bisa dicegah dengan cara ini.

Membersihkan lidah

Selain menyikat gigi, banyak orang sering sekali lupa untuk juga membersihkan lidah. Di saat gigi dan gusi sudah bersih, bisa saja lidah menjadi tujuan baru bagi para bakteri untuk berkumpul.

Jadi jangan lupakan langkah ini untuk membasmi kuman secara sempurna.

Bekumur dengan mouthwash non-alkhohol

Selain untuk menjaga kebersihan mulut dan gusi, obat kumur (mouthwash) juga bisa membantu menyegarkan nafas. Seperti dikutip dari Kompas, drg. Sartari mengingatkan bahwa tidaklah wajib untuk menggunakan obat kumur.

Namun perlu diingat jika memang ingin berkumur, gunakan mouthwash yang tidak mengandung alkohol agar gigi tidak cepat rusak.

Pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat

Meskipun terdengar klise, tapi ini merupakan salah satu cara untuk memastikan semua tips di atas bisa bekerja. Salah satu yang harus dihindari selama berpuasa adalah merokok, karena merokok dapat menimbulkan noda pada gigi dan memicu terjadinya kanker mulut.

via Pinterest

Selama bulan puasa, ada baiknya untuk lebih rutin mengkonsumsi jus buah yang dipercaya bisa mengurangi bau mulut, contohny adalah jus nanas atau perbanyak konsumsi jeruk untuk menambah kebersihan gigi.

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dan tepat juga akan menghindarkan sesorang dari gangguan suasana di rongga mulut yang bisa juga menjadi penyebab bau mulut, ingatlah untuk mengkonsumsi 2 liter air/hari atau 8 gelas.

Minum air hangat dengan campuran cuka apel

via Hellosehat.com

Bagi yang tidak ingin menggunakan obat kumur, bisa memanfaatkan cuka apel sebagai penggantinya. Caranya sangat mudah, hanya dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dengan satu cangkir air hangat dan kemudian kumur selama 30 detik.

Cukap apel memiliki asa asetat yang bisa mengurangi pertumbuhan bakteri.

Nah itu tadi beberapa tips praktis yang bisa langsung dicoba, jika sudah mencoba namun bau mulut masih menggangu, silahkan kunjungi dokter gigi langgangan lo.

Selamat berpuasa, semangat! Sebentar lagi waktunya buka!

close

Bau Mulut Timbul Saat Berpuasa? Ikuti Tips Ini Biar Nafas Lo Tetap Fresh!

Search
close