Negara Tajir Tanpa Tentara dan Bandara, Warganya Boleh Party di Istana! Di Manakah Itu?

Negara Tajir Tanpa Tentara dan Bandara, Warganya Boleh Party di Istana! Di Manakah Itu?
access_time 6 bulan yang lalu

Negara tajir tanpa tentara dan bandara ini terletak di tengah kawasan Eropa. Meski tergolong negara kecil dan hanya memiliki luas 160 km persegi, menariknya Liechtenstein adalah negara yang hampir tidak memiliki hutang.

Berlokasi di tepi timur Sungai Rhein di antara Austria dan Swiss, negara ini memilik 370.000 penduduk dan dibagi menjadi sebelas kotamadya. 

Menariknya sektor keuangan di Vaduz, ibukotanya sangatlah baik. Bahkan dalam dekade sebelumnya, ibukota ini dikenal dengan surga pajak miliader.

Terlepas dari luasnya, negara ini memiliki PDB per kapita 165.028 atau sekitar IDR 2,3 miliar, tertinggi kedua di dunia setelah Monaco. Kabarnya sepertiga warga negara ini, diklaim sebagai jutawan.

Berikut fakta menarik Liechtenstein, negara tajir tanpa militer dan bandara ;

Negara penghasil gigi palsu

via Pinterest

Tepat di Schaan, terdapat sebuah perusahaan bernama Ivoclar Vivadent. Perusahan tersebut adalah salah satu produsen gigi palsu dalam jumlah terbanyak.

Sekitar 20% penjualan gigi palsu dunia datang dari perusahaan itu. Laporan baru juga menyebutkan bahwa Ivoclar Vivadent memproduksi sampai 60 juta set pertahun.

Mereka juga dikabarkan memiliki hubungan kuat dengan para dokter gigi dari Bollywood.


Negara tanpa pasukan militer

via Reddit

 

Sejak tahun 1868, Liechtenstein tidak memiliki tentara.


Pernah disewakan secara utuh

via Wired UK

Kabarnya, pada tahun 2011, negara ini dapat disewa secara keseluruhan dengan harga 70.000 US Dollar/malam atau setara dengan IDR 1 miliar.

Penawaran tersebut merupakan kerjasama antara firma pemasaran di Liechtenstein dan AirBNB.

Setiap orang menyewa akan dapat memiliki kunci simbolis ke negara bagian dan rambu-rambu jalan yang disesuaikan. Selain itu mereka juga dapat mencicipi anggur bersama pangeran di negara itu.

Namun pemasaran itu sepertinya tidak berhasil.


Salah satu negara paling aman

Liechtenstein, Negara Tajir Tanpa Bandara dan Militer
via Unsplash – Joel Tinner // @6thjoel

Saking amannya, banyak orang yang tidak mengunci rumah mereka.

Data terbaur juga menyebut bahwa negara ini merupakan salah satu yang teraman di Eropa dan memiliki tingkat kejahata terendah.

Pembunuhan terakhir terjadi dua dekade lalu dan sejak saat itu belum ada lagi kasus pembunuhan. Uniknya beberapa narapidana yang dijatuhi hukuman lebih dari dua tahun biasa akan dipindahkan ke Austria.


Tidak punya bandara

Tidak punya bandara
via Unsplash – Mircea X. // @the_mircea

Salah satu bandara tedekat dengan Liechtenstein berlokasi di Zurich, sekitar satu setengah jam perjalanan jauhnya dari ibukota negara itu.


Warga boleh party di istana

Warga boleh party di istana
via Unsplash – Keira Siobhan//@keirasiobhan

Selama hari libur nasional Liechtenstein, sang Pangeran mengundang semua warga ke kastil untuk dapat berpesta. Umumnya mereka biasa menikmati bir di taman Kastil Vaduz, yang merupakan tanah leluhur Pangeran.

Unik sekali yah negara yang satu ini! Apa Lo tertarik untuk pindah?

close

Negara Tajir Tanpa Tentara dan Bandara, Warganya Boleh Party di Istana! Di Manakah Itu?

Search
close