Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia Selama Pandemi

access_time 8 bulan yang lalu

Saat sejumlah negara harus sengsara menghadapi Covid-19, Finlandia justru menjadi negara yang paling bahagia selama pandemi. Nyatanya, predikat ini sudah diraihnya selama empat tahun berturut-turut.

Meski begitu, per 20 Maret 2021 kemarin negara ini masih mengalami peningkatan kasus baru positif Covid-19. Lantas apa yang membuat warganya bisa tetap bahagia selama ini?

Finlandia Diklaim Negara Paling Bahagia Selama Pandemi

Finlandia
Reuters

Predikat ini didapatkan berdasarkan laporan tahunan Gallup yang disponsori PBB. Mereka melakukan survei kepada penduduk di 149 negara untuk menilai kebahagiaannya selama pandemi.

Melalui survei ini, penilaiannya dilihat berdasarkan dukungan sosial, kebebasan pribadi, produk domestik bruto (PDB), sampai tingkat korupsi di masing-masing negara. Survei tersebut tidak memperlihatkan adanya penurunan kesejahteraan yang dialami penduduk Finlandia selama pandemi.

Baca juga:

Finlandia
Yahoo

Anehnya, secara rata-rata, nggak ada penurunan kesejahteraan ketika diukur dengan evaluasi orang sendiri terhadap kehidupan mereka,” kata John Helliwell, salah satu peneliti survei dikutip dariĀ BBC.

Berdasarkan hasil survei ini, dikatakan bahwa situasi pandemi justru telah membuat mereka semakin solid. Di saat beberapa negara kewalahan menghadapi pandemi, Finlandia justru saling mendukung kehidupan orang lain dan mampu melawan Covid-19 bersama-sama

Situasi Pandemi di Finlandia

Finlandia
Google

Jika dilihat situasi pandemi di negara tersebut, terhitung pada 20 Maret 2021 masih mengalami peningkatan sebanyak 856 kasus baru. Meski begitu, negara dengan total 5,5 juta penduduk ini masih jauh lebih baik dari negara-negara Eropa lainnya.

Selain Finlandia, negara selanjutnya yang cukup bahagia selama pandemi adalah Denmark. Kemudian diikuti oleh Swiss, Islandia, Belkalian, Norwedia, Swedia, Luksembur, Selandia Baru, dan Austria – jangan harap ada nama Indonesia di sini.

Sementara itu, hasil survei membuktikan bahwa negara Afghanistan jadi yang paling tidak bahagia selama pandemi. Kemudian diikuti Lesotho, Botswana, Rwkalian, dan Zimbabwe.

_

Gimana menurut Lo? Apakah Lo merasa bahagia selama pandemi di Indonesia?

close

Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia Selama Pandemi

Search
close