Diguyur Hujan Setiap Hari, “Cucian” Warga Desa Ini Tidak Pernah Kering!

Diguyur Hujan Setiap Hari, "Cucian" Warga Desa Ini Tidak Pernah Kering!
access_time 2 minggu yang lalu

Saking seringnya hujan, desa ini masuk Guiness World Record

Diguyur hujan setiap hari, warga Desa Mawsynram sepertinya tidak akan pernah menjemur cucian mereka di ruang terbuka. Desa yang terleteak di barat India ini, lokasinya tidak jauh dari perbatasan India – Bangladesh.

Desa Mawsynram termasuk dalam kawasan East Khasi Hills, Meghalaya. Lokasi desa ini juga bisa dibilang terpencil, dan sangat jauh dari kota besar India seperti Delhi atau Mumbai. Untuk bisa ke sana, setiap orang harus naik penerbangan domestik ke Kota Guwahati. Kemudian dari sana perjalanan dilanjutkan via darat sejauh 197 kilometer.

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu saja? Coba gaya hidup INI
Saking seringnya hujan, desa ini masuk Guiness World Record
Mawsynram, desa dengan curah hujan tertinggi di dunia. Hampir setiap hari diguyur hujan // via Indiatimes

Meski demikian, hujan abadi menjadi daya tarik turis untuk datang ke desa tersebut. Mawsynram juga memiliki beberapa tempat spesial untuk bertualang seperti gua, hutan sampai Nohkalikai yang merupakan air terjun tertinggi di India.

Selain memegang Guiness World Record, Mawsynram juga mendapat predikat “Highest Rainfall Anually“. Julukan lain juga menyebutnya sebagai “The Wettest Place on Earth“. Desa ini memiliki curah hujan rata-rata 11.871mm/tahun. Catatan itu merupakan yang paling tinggi dibanding seluruh wilayah di dunia.

RamenGvrl berhenti jadi rapper? Temukan alasannya di SINI

Kenapa bisa diguyur hujan setiap hari?

Intensitas hujan di Desa Mawsynram juga mengalahkan kawasan lain seperti Cherrapunji yang hanya berjarak 20 kilometer dari Mawsynram. Selain itu, desa hujan ini juga mengalahkan Tutendo yang berlokasi Kolombia.
Desa Mawsynram selau gelap meksi siang karena mendung

Sunit Das dari Departemen Meteorologi India menjelaskan semua terjadi karena air yang berkumpul di Teluk Benggala lebih tinggi. Itulah yang mengakibatkan curah hujan di Mawsynram menjadi sangat tinggi, seolah abadi. Selau hujan dan jarang reda.

Meski diguyur hujan hampir setiap hari, Mawsynram juga punya musim hujan. Pada Juni sampai September curahnya meningkat. Selama musim tersebut, seluruh kota akan menjadi gelap sepanjang siang karena mendung dan tidak akan ada matahari. *ya pantes cuciannya enggak pernah kering*

Saking tingginya curah hujan di Mawsynram, jika airnya dipindahkan ke Rio de Janerio makan Patung Yesus akan terendam! Padahal, patung itu terletak di atas bukit loh!

1 2chevron_right
close

Diguyur Hujan Setiap Hari, “Cucian” Warga Desa Ini Tidak Pernah Kering!

Search
close