Nada Dering Ini Terbuat Dari Data Cuaca Mars, Seperti Apa Suaranya?

Nada Dering Ini Terbuat Dari Data Cuaca Mars, Seperti Apa Suaranya?
access_time 6 bulan yang lalu

Sudah dirilis, nada dering ini dibuat melalui interpretasi musik dan pola cuaca di Planet Mars

Nada dering ‘Out-of-this-world’ baru saja dirilis. Menariknya nada dering ini dibuat melalui interpretasi musik dari pola cuaca di Planet Mars. Para peneliti menggunakan superkomputer Pleiades di Ames Research Center milik NASA untuk mengubah prediksi pergerakan awan Mars menjadi suara.

Setelah proses sonifikasi data selesai, ahli suling dan musik Alyssa Schwartz dari Fairmont State di University di West Virginia menghidupkan karya tersebut.

Sudah Kerja Keras tapi Dipandang Sebelah Mata? Tenang Lo Nggak Sendiri

Begini cara kerja superkomputer dalam menghasilkan sebuah musik indah

Kami telah menggunakan data ilmiah nyata untuk membuat musik nyata, sehingga Alyssa sebenarnya memainkan bentuk awan Mars yang bergerak, seperti yang diprediksi oleh superkomputer,” tutur fisikawan Domenico Vicinaza dari Universitas Anglia Ruskin seperti dilansir Daily Mail, Kamis (19 November 2020)

Para peneliti menggunakan sistem pelacakan pencitraan untuk mempelajari pergerakan formasi awan yang diprediksi oleh superkomputer. Pola disaring dan dipetakan ke interval musik, sehingga menghasilkan karya yang bisa di mainkan oleh Dr. Schwartz.

NASA's Pleiades Supercomputer Ranks Among Top Ten US Supercomputers | NASA

Saya sangat bangga dengan proyek ini karena teknik ekstrasi dan pemodelan yang digunakan dengan NASA sama dengan yang digunakan dalam penelitian akademis kami sendiri. Model ini memungkinkan ilmuwan data untuk mempelajari data nonlioner yang rumit dan mengekstrak ‘keteraturan’- atau pola – dalam data itu,” pungkas Dr Vicinaza.

Lebih lanjutnya dia menuturkan bahwa hal itu juga memiliki berbagai kegunaan lain seperti mempelajari data kesehatan dalam jumlah besar, ramalan ekonomi dan tentu saja membuat musik. Di samping nada dering, tim juga merilis suara peringatan teks yang cocok yang disusun berdasarkan kapasitas unit pemrosesan pusat Pleiades.

Seperti di lansir dari iNews, Pleiades sendiri menggunakan 246.048 core dan 900Tb memori. Hal itu membuatnya ratusan ribu kali lebih cepat daripada komputer rumahan biasa. Adapun nada dering tersebut disiapkan sebelum Konferensi Internasional untuk Komputasi Kinerja Tinggi (SC20), yang berlangsung akhir bulan ini.

Adem bener itu musik, serasa lagi main RPG Open World!

close

Nada Dering Ini Terbuat Dari Data Cuaca Mars, Seperti Apa Suaranya?

Search
close