Cahaya Kilatan Misterius di Merapi Tertangkap CCTV, Apakah Sebuah Pertanda Bencana?

Cahaya Kilatan Misterius di Merapi Tertangkap CCTV, Apakah Sebuah Pertanda Bencana?
access_time 11 bulan yang lalu

Sejenis fenomena alam, cahaya kilatan misterius itu dikenal dengan istilah lintang alihan

Cahaya kilatan misterius tertangkap kamera CCTV melintas di sekitaran puncak Gunung Merapi. Menanganggapi hal tersebut, Wisma Nugraha Christianto sekalu Dosen Sastra Jawa Fakultas Ilmu Budaya UGM menyebut bahwa itu adalah fenoma alam. Cahaya kilatan itu disebutnya sebagai lintang alihan.

Saya tidak bisa berandai-andai. Menurut saya itu sejenis lintang alihan yang kebetulan tampak seolah di atas Merapi. Karena kebetulan alat pemantau merapi kebetulan merekamnya,” tutur Wisma seperti dilansri Detik.com, Senin (16 November).

Meski sering terjadi menjelang erupsi, fenomena itu kerap terjadi

Wisma juga menjelaskan meski fenomena terkait sering muncul menjelang erupsi merapi, kemungkinan besar ini hanyalah sebagai sebuah kebetulan. “Dalam budaya Jawa itu peristiwa yang ndilalah (kebetulan) in accident, visualnya terindera di sekitar merapi yang udaranya sedah cerah,” pungkasnya.

Cahaya kilatan misterius tertangkap kamera CCTV melintas di sekitaran puncak Gunung Merapi.
Cahaya kilatan misterius di Merapi terekam CCTV // via Detik – foto Dok. Istimewa

Lintang alihan sendiri merupakan istilah lokal masyarakat Jawa. Secara harafiah, itu berarti bintang yang berpindah posisi. Istilah itu dipakai untuk menamai peristiwa meteor atau benda langit lainnya yang terbakar di atmosfer bumi. Sehingga secara tampak mata telanjang seperti bintang yang bergerak cepat untuk berpindah posisi.

Kilatan tersebut tidak ada hubungan dengan status Merapi saat ini

Sebelumnya, Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM meduga hal ini sebagai meteor. Namun mereka menuturkan kalau kilatan itu tidak berhubungan dengan status Merapi saat ini. “Kalau melihat dengan video tersebut, tidak ada kaitannya dengan Gunung Merapi. Terlihat seperti meteor,” tutur Dr Agung Harijoko, selaku Kepala PSBA UGM, Senin (16 November).

Menyoal seringnya fenomena serupa terjadi jelang erupsi Merapi, Agung menampiknya. Menurutnya hal ini memang sering terjadi. “Itu tidak ada hubungan dengan Merapi. Meteor terkait proses luar angkasa,” tuturnya.

Bukan hanya sekali, cahaya kilatan misterius di merapi itu terekam CCTV. Dalam rekaman CCTV BPD Sleman, cahaya yang melitas diketahui sekitar pukul 7 malam pada tanggal 8 November 2020.

Oh jadi hanya sebuah kebetulan toh!

close

Cahaya Kilatan Misterius di Merapi Tertangkap CCTV, Apakah Sebuah Pertanda Bencana?

Search
close